Hukum & Kriminal

Kebakaran di SP4, Ada Pom Bensin Mini Depan Rumah

Petugas Pemadam Kebakaran dibantu warga berupaya memadamkan api yang terus menjalar

MIMIKA, BM

Dalam beberapa bulan terakhir, 3-4 kali kebakaran telah terjadi di Timika. Terbaru hari ini, Minggu (17/10), kebakaran terjadi di SP4 dekat jalur tiga sekitar pukul 12.30 Wit. Kebakaran yang belum diketahui pasti sumbernya ini, terjadi sekaligus di dua ruko/rumah yang berimpitan.

Satu ruko menjual sembako dan kebutuhan dapur sementara ruko lainnya hanya menjual sembako namu juga menjual bahan bakar kendaraan berupa POM bensin mini. Hanya saja belum diketahui apakah ini menjadi asal muasal kebakaran.

“Pemilik ruko yang satunya sedang ke gereja. Mereka biasa pulang sore jadi kemungkinan mereka belum tahu kejadian ini,” ungkap salah satu warga, tetanga pemilik ruko yang terbakar.

“Kalau yang satunya, dia juga punya usaha pecah belah dan peralatan rumah tangga di depan pasar sana jadi mungkin mereka ada,” ujar tetangga lainnya.

Kebakaran ini jika tidak segera didatangi oleh petugas Damkar Mimika maka dapat dipastikan beberapa rumah di sebelahnya juga akan terbakar.

Walau demikian, beberapa menit setelah kebakaran terjadi, petugas damkar dengan fasilitas tiga kendaraan langsung ke TKP usai menerima informasi warga. Mereka langsung memadamkan api dibantu warga yang sedari awal turut berusaha memadamkan api.

“Kami datangkan tiga kendaraan berupa 2 unit mobil 8 ribu dan 1 mobil 3 ribu. Kalau tidak ada perubahan, kami akan tambahkan,” ujar salah satu petugas pemadam kebakaran kepada wartawan BeritaMimika di TKP.

Hingga berita ini dipublish, petugas pemadam kebakaran dibantu warga masih melakukan pemadaman, sementara warga lainnya ikut membantu mengosongkan beberapa rumah sekitar yang berpotensi ikut terbakar. (Ronald)

 

300 Personil Gabungan Amankan Gebyar PON XX di Timika Indah

Aparat keamanan saat melakukan penjagaan di Lapangan Timika Indah

MIMIKA, BM

Sebanyak 300 personil gabungan TNI-Polri dilibatkan untuk melakukan pengamanan Gebyar PON XX Papua di lapangan Timika Indah, Jumat (15/10).

"Inikan hari terakhir, jadi tentunya harapan kita pelaksanaan gebyar PON ini berjalan tertib, lancar dan aman," kata Kapolres Mimika, AKBP I Gusti Gde Era Adhinata saat ditemui wartawan.

Dirnya juga menyampaikan bahwa selama pelaksanaan PON XX di Timika dari awal hingga akhir berjalan tertib,aman dan lancar.

"Semuanya ini berkat dukungan dan kerjasama kita semua dalam mendukung PON XX,"ungkap Kapolres.

Berdasarkan pantauan wartawan BM, dalam pengamanan Gebyar PON melibatkan personil gabungan TNI-Polri, termasuk Satpol PP. Pengamanan yang dilakukan oleh personil gabungan TNI-Polri dan Satpol PP ini ditempatkan di pintu masuk dan pintu keluar serta untuk pengaturan lalu lintas.

Sementara untuk masyarakat yang hendak menyaksikan Gebyar PON dan ingin masuk ke area yang sudah dikelilingi pagar, wajib melakukan swab terlebih dahulu.

Untuk diketahui, Gebyar PON XX yang merupakan pegelaran penutupan PON XX akan menampilkan musisi lokal dan musisi nasional, dua diantaranya adalah D'Masiv dan Mitha Talahatu. (Ignas)

Tidak Ada Kasus Menonjol Selama PON, Polisi Mulai Siapkan Pengamanan Pesparawi

Kapolsek Mimika Baru, AKP Oscar Fajar Rahadian

MIMIKA, BM

Kapolsek Mimika Baru, AKP Oscar Fajar Rahadian mengatakan selama perhelatan PON di langsungkan di Mimika, tidak ditemukan adanya kasus yang menonjol, terutama di wilayah hukum Polsek Mimika Baru.

"Situasi diwilayah hukum Polsek Miru sendiri kurang lebih dua minggu pelaksanaan PON berjalan baik dan normal. Kantibmas normal dan tidak ada kasus yang menonjol, sehingga secara garis besar PON di Timika berjalan dengan lancar," katanya saat ditemui Kamis (14/10).

Sementara untuk laporan dan aduan di Polsek Miru, mantan Kapolsek Biak Kota ini mengatakan itu merupakan hal relatif namun cenderung merupakan masalah antar pribadi.

"Misalnya seperti penganiayaan dan keributan antar keluarga. Ada juga kasus percobaan pencurian yang pelakunya kita sempat amankan dan sempat terbitkan laporan polisi, namun dari pihak pelapor sendiri sepakat untuk berdamai," kata Oscar.

Ia mengatakan, setelah pengamanan rangkaian giat PON di Mimika yang diakhiri dengan Gebyar PON, konsentrasi polisi selanjutnya adalah kesiapan pengamanan Pesparawi XIII di Mimika.

"Untuk persiapan Pesparawi sendiri kami dari Polsek mendukung penuh dan berdasarkan petunjuk dari Polres Mimika kita masih akan adakan rapat terkait pemantapan Pesparawi setelah PON. Yang jelas kami sampai hari ini (Kamis) masih fokus untuk pengamanan gebyar PON XX,"ungkap Oscar. (Ignas)

Top