Disperindag Launching Sistem Pembayaran e-Retribusi “AMBISI”, Mama-mama Papua Bebas Biaya Retribusi

Plt Bupati Mimika, Johannes Rettob saat melaunching sistem pembayaran e-retribusi AMBISI di Pasar Sentral, Selasa (22/11/2022)

MIMIKA, BM

Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Mimika melaunching sistem pembayaran e-retribusi “AMBISI” yakni Aman, Bertransaksi dan Transparansi.

Kegiatan launching dilaksanakan di pasar sentral Selasa (22/11/2022) ditandai pemukulan tifa oleh Plt. Bupati Mimika Johannes Rettob didampingi Kadisperindag Mimika Petrus Pali Amba.

Plt. Bupati Mimika Johannes Rettob merasa senang dikarenakan pemerintah daerah (pemda) Mimika terus melahirkan inovasi-inovasi di setiap opd, salah satunya Disperindag.

Kadisperindag Petrus Pali Amba mengatakan ada lima jenis retribusi di pasar sentral yakni retribusi pembayaran sampah, pelayanan pasar, pasir, uji alat tera ulang dan ijin tempat.

“Kita upayakan yang belum punya android kita akan kembangkan. Sistem pembayaran retribusi yang ada di pasar sentral selama ini kan secara tunai, kami mau mengedukasi dan mengajak kepada seluruh pedagang di pasar sentral untuk menggunakan aplikasi digitalisasi yakni QRIS,” katanya.

Dengan QRIS diharapkan dapat mengurangi tingkat kebocoran retribusi, lebih efisien dan efektif karena para pedagang tidak perlu membawa uang tunai dan menghindari pengedaran uang palsu.

“Khusus untuk mama-mama Papua bebas biaya retribusi namun paling tidak mereka harus tahu karena dengan perkembangan teknologi industri 4.0 dan sebentar lagi kita dihadapkan akan industri 5.0 agar tidak ketinggalan. Kalau ketinggalan kita bisa kalah bersaing karena orang sudah bertransaksi dengan digitalisasi,” terangnya.

Senada dengan itu, Plt. Bupati Johannes Rettob menyambut baik inovasi terobosan sistem pembayaran e-retribusi “AMBISI” tersebut.

“Saya harap dengan sudah tersedianya sarana pembayaran non tunai untuk kedepan diupayakan semua pembayaran retribusi yang ada di pasar sentral kita sudah membayar dengan non tunai,” katanya.

“Jadi semua bapak ibu gunakan aplikasi ini caranya mudah nanti dibimbing oleh para petugas retribusi yang ada di pasar sentral didampingi Bank Papua,” seru Plt Bupati John. (Elfrida Sijabat)

Top