DPRD Mimika Nonton Bareng Pidato Kenegaraan HUT Oleh Presiden Joko Widodo

Suasana nonton bareng pidato kenegaraan Presiden Republik Indonesia dalam rangka hari ulang tahun (HUT) ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia tahun 2022 di Gedung DPRD Mimika, Selasa (16/8/2022)

MIMIKA, BM

Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Mimika menyaksikan dan mendengarkan secara bersamaan pidato kenegaraan yang disampaikan Presiden Joko Widodo rangka hari ulang tahun (HUT) ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia tahun 2022.

Acara ini digelar dalam rapat paripurna di gedung DPRD pada Selasa (16/8/2022) yang dpimpin ketua Ketua DPRD Mimika Anton Bukaleng beserta anggota, perwakilan OPD, Forkopimda, TNI, Polri, dan instansi terkait lainnya.

Usai menonton pidato Presiden Joko Widodo, Ketua DPRD Mimika, Anton Bukaleng saat mengatakan, pidato dari MPR RI, DPR RI, dan Presiden RI merupakan pegangan setiap daerah.

"Pidato MPR RI, DPR RI, dan Presiden RI itu tujuannya agar kita mengetahui, apa yang disampaikan ini menjadi pegangan kita. Kita harus mengikuti pidato presiden ini," ujarnya.

Anton mengungkapkan, rapat paripurna yang sama bukan hanya digelar di Timika, melainkan di setiap daerah lain di Indonesia pun melaksanakan rapat paripurna mendengarkan pidato Presiden RI.

"Tidak hanya di Timika saja, tapi di seluruh kabupaten melaksanakan paripurna mendengarkan pidato presiden. Pidato presiden ini akan jadi undang-undang dan harus diikuti sampai di tingkat daerah," jelasnya.

Sementara itu, berkaitan dengan tema HUT Kemerdekaan tahun ini, yakni 'Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat', Anti memaknainya dengan harapan Mimika dapat lebih semangat dan kuat.

"Sesuai tema nasional tahun ini, saya berharap masyarakat Mimika bisa semakin semangat dan lebih kuat ke depannya.

Di samping itu, Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo (Jokowi) di awal sambutannya menyampaikan bahwa saat ini setiap negara sedang mengalami krisis global. Hal ini, kata dia, harus dihadapi dengan kehati-hatian dan kewaspadaan.

Kendati demikian, Jokowi sangat bersyukur karena di tengah tantangan yang berat, termasuk negara yang mampu menghadapi krisis global ini. Dia menyebutkan, Indonesia termasuk negara yang berhasil mengendalikan pandemi Covid-19.

"Indonesia termasuk lima besar negara dengan vaksinasi terbanyak di dunia, dengan 432 juta dosis vaksin telah disuntikkan," ucap Presiden Jokowi lewat pidatonya di Sidang Tahunan MPR RI dan Sidang Bersama DPR RI & DPD RI Tahun 2022, Selasa (16/8/2022).

Selain itu, Jokowi juga mengungkapkan bahwa Indonesia berhasil mengendalikan inflasi. Katanya, pada Juli 2022 inflasi Indonesia mencapai 4,9% (year on year).

"Inflasi juga berhasil dikendalikan di kisaran 4,9%. Angka ini jauh di bawah rata-rata inflasi ASEAN yang berada di sekitar 7%. Jauh di bawah inflasi negara-negara maju yang berada di sekitar 9%," paparnya.

Lebih lanjut dijelaskan bahwa inflasi yang terjadi saat ini dipicu oleh kelangkaan pasokan energi yang mana akibat konflik antara Rusia dan Ukraina.

Jokowi pun menyoroti sumber daya alam yang melimpah. Menurutnya sumber daya alam akan dapat menjadi kekuatan yang besar jika dikelola secara bijak dan berkelanjutan.

"Syaratnya satu, harus dihilirkan dan diindustrikan di dalam negeri, agar nilai tambahnya bisa maksimal untuk kepentingan nasional. Hal ini akan membuka lapangan kerja, meningkatkan ekspor, menghasilkan devisa, meningkatkan pendapatan negara, serta mendongkrak pertumbuhan ekonomi," katanya (Ade)

Top