Berlangsung Meriah Dan Penuh Warna, DPMK Mimika Tampilkan Honai Papua Di Karnaval Mobil Hias

Pj Sekda Mimika Jenni Usmani didampingi Ketua DPRD dan Asisten I serta pimpinan OPD mengibarkan bendera start tanda dimulainya karnaval mobil hias

MIMIKA, BM

Karnaval mobil hias yang digelar pada Senin (15/8/2022) sore oleh Pemerintah Kabupaten Mimika untuk menyambut HUT Kemerdekaan Republik Indonesia berlangsung meriah dan penuh warna.

Pawai mobil hias tersebut dibuka dan dilepas secara resmi oleh Pj Sekretaris Daerah Kabupaten Mimika, Jenni Usmany di pelataran Kantor Pusat Pemerintahan SP3.

Melalui sambutannya, Jenni menyampaikan bahwa kegiatan karnaval ini merupakan satu rangkaian dari kegiatan karnaval budaya yang dilaksanakan di pagi hari.

"Kegiatan ini satu rangkaian dengan kegiatan karnaval tadi pagi sehingga pada kesempatan ini, kami menyampaikan terima kasih kepada bapak ibu yang sempat hadir menyaksikan dan juga kepada peserta karnaval yang sudah berpartisipasi untuk memeriahkan acara ulang tahun Republik Indonesia yang ke-77," ujarnya.

"Pulih lebih cepat, bangkit lebih kuat. Merdeka! Selamat berkarnaval," seru Jeni menutup sambutan.

Usai sambutan, Jeni didampingi Ketua DPRD Mimika Anton Bukaleng, Asisten III Hendritte Tandiyono, pimpinan OPD dan instansi terkait mengibarkan bendera start sebagai tanda dimulainya arak-arakan mobil hias dari Kantor Pusat Pemerintahan menuju Graha Eme Neme Yauware.

Berdasarkan pantauan beritamimika.com di lokasi, jumlah peserta yang mengikuti kegiatan karnaval mobil hias ini sebanyak 37 peserta dari berbagai instansi dan organisasi di Mimika.

Setiap peserta pun terlihat begitu antusias mengikuti karnaval mobil hias ini. Dengan ketrampilan dan kreativitas yang tinggi, mereka berhasil memodifikasi wujud mobil dan truk ke dalam pelbagai bentuk.

Ada mobil hias yang bahkan menyerupai gedung Kantor Pusat Pemerintahan Mimika, bentuk kapal, hingga rumah adat dari beberapa daerah.

Salah satu yang cukup unik dan begitu dekat dengan masyarakat Papua adalah mobil hias bentuk honai milik Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kampung Kabupaten Mimika.

Kepada wartawan beritamimika.com, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kampung Mimika, Wamang Petronela menjelaskan mobil hias rumah honai ini dibuat hanya dalam waktu satu malam.

Menurut Petronela, rumah adat honai merupakan salah satu ikon kekhasan dari masyarakat Papua, yang mana perlu untuk diangkat dalam pawai karnaval menyongsong HUT RI ini.

"Karena kita Papua jadi rumah adat honai harus kita tonjolkan di karnaval ini. Kekhasan rumah honai ini menandakan bahwa kita adalah Papua dan Papua adalah Indonesia. Harapan kami Papua semakin maju dan sejajar dengan daerah lainnya di Indonesia," tutur Petronela. (Ade)

Top