DPMK Mimika Lakukan Acara Pelepasan 13 CPNS Pemda Puncak Yang Lakukan Prajabatan Di Timika

Foto bersama kepala dan pegawai DPMK Mimika bersama 13 CPNS Pemda Puncak, Jumat (12/8/2022)

MIMIKA, BM

Pimpinan dan pegawai DPMK Mimika melakukan acara pelepasan 13 CPNS Pemda Puncak yang selama dua minggu lebih melakukan prajabatan dan magang di kantor DPMK, Jalan SP2.

Acara pelepasan ini dipimpin langsung Kepala Dinas DPMK, Petronela Uanmang didampingi Sekretaris Mike Pabali dan kepala bidang serta kepala seksi di ruang rapat DPMK, Jumat (12/8/2022) siang.

Kepada 13 ASN Pemda Puncak, Kepala Dinas DPMK, Petronela Uanmang meminta mereka untuk menjadi agen perubahan ketika kembali bekerja di Kabupaten Puncak.

"Kalian balik harus bawah pembaharuan ke distrik dan Kabupaten Puncak. Hal baik yang kalian dapat disini, bawah ke Pucak tapi hal yang tidak baik, tinggalkan saja di sini," ujarnya kepada mereka.

Secara personal sekaligus mewakili ASN DPMK Mimika, Petronela Uanmang meminta maaf kepada 13 CPNS Pemda Puncak jika selama melakukan magang di kantornya, ada hal yang kurang berkenan.

"Banyak ASN dari atas yang tinggal di sini dan tidak pernah ke tempat tugas. Kalian jangan ikuti hal seperti itu. Ketika kembali mengabdilah dengan sepenuh hati untuk membangun Puncak," ujarnya.

Sementara itu, Sekretaris DPMK Mike Pabali meminta 13 CPNS ini untuk mempersiapkan diri menghadapi ujian kompotensi laporan aktulisasi yang akan dilakukan pada Sabtu (13/8/2022) besok.

"Muda-mudahan apa yang kalian dapatkan selama ini dari kami di DPMK bermanfaat dalam melaksanakan tugas kalian ke depan. Siapkan diri kalian dengan baik, buka dan pelajari lagi dengan seksama untuk persiapan ujian kompotensi besok," ujarnya.

Sementara itu mewakili 13 CPNS Pemda Puncak,
Manius Murib mengucapkan syukur kepada Tuhan atas apa yang mereka dapatkan selama berada di kantor DPMK.

Ia mengatakan bahwa selama dua minggu lebih berada di DPMK, ia merasa seakan berada di Puncak karena sambutan hangat dan rasa kekeluargaan yang diberikan.

"Kami berterimakasih karena walau kami tidak dikenal namun diterima dan dibimbing dengan sangat baik di sini. Pada akhirnya tujuan kami datang ke sini bisa berjalan dengan baik. Selama kami di sini kami tidak takut dan tidak merasa beban," ujarnya.

"Kami bangga dengan kepala dinas karena dia juga adalah orangtua kami yang juga dari Puncak. Namun kami juga minta maaf apabila selama ini ada kekurangan dalam diri yang tidak kami sadari dan menyakiti atau mengecewakan semua di DPMK Mimika. Terimakasih untuk semua hal baik yang kami dapat di sini," ungkapnya.

Perlu diketahui bahwa selama sebulan lebih terhitung sejak 27 Juli 2022, sebanyak 293 CPNS Pemerintah Kabupaten Puncak mengikuti Pelatihan Dasar (Latsar) Tahun 2018 di Mimika.

Dari jumlah tersebut, sebanyak 13 CPNS melakukan magang sekaligus pendampingan di DPMK Mimika. 11 orang merupakan pegawai distrik sementara 2 lainnya merupakan pegawai kantor DPMK Puncak.

Terhitung hari ini, Jumat (12/8/2022) seluruh peserta Latsar yang ditempatkan di tiap OPD Pemda Mimika dikembalikan sesuai dengan surat penarikan nomor 890/345/BKPSDM Kabupaten Puncak yang ditandatangi Bupati Puncak Wilem Wandik.

Pada Sabtu besok, 293 CPNS ini akan mengikuti seminar aktualisasi di SMK Tunas Bangsa dan pada Senin nanti dilakukan penutupan pelatihan dasar Pegawai Negeri Sipil Formasi 2018 Tahun 2022 Kabupaten Puncak. (Ronald Renwarin)

Top