Perayaan HUT KNPI ke-48 Dilaksanakan Secara Sederhana Namun Sarat Makna

Perayaan ditandai dengan pelepasan balon udara ke angkasa

MIMIKA, BM

Walau dalam masa pandemi Covid-19, namun tidak menyurutkan semangat pemuda yang tergabung dalam KNPI Mimika untuk merayakan HUT KNPI ke-48 tahun.

Peringatan HUT KNPI tahun 2021 ini ditandai dengan menerbangkan balon ke udara dan dirayakan dengan sederhana di honai KNPI, Jumat (23/7).

Kegiatan dibuka secara resmi oleh Asisten 1 Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Yulianus Sasarari dan dihadiri oleh Kepala Badan Kesbangpol Mimika Yan Selamat Purba dan tamu undangan lainnya.

"Sebagaimana dalam lagu mars pemuda dan deklarasi pemuda hendaknya memberikan semangat dan motivasi untuk mendukung kita melakukan tugas dan tanggung jawab kita sebagai pemuda,” Asisten I Yulianus Sasarari dalam sambutanya.

Ia pun mengajak semuanya untuk melakukan apa yang menjadi visi dan misi dari Ketua DPD KNPI Kabupaten Mimika dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawab organisasi.

Menurutnya, penekanan itu telah dinyatakan dalam mars dan deklarasi pemuda untuk selalu memberikan semangat yang lebih bagi semuanya.

"Dalam rangka pencegahan Covid-19 di Mimika, saya mengajak peran pemuda dan pemudi untuk terus membantu pemerintah dan TNI-Polri dalam memberikan informasi tentang 5M kepada warga termasuk pentingnya vaksinasi,”ujarnya.

Sementara itu, Sekretaris DPD KNPI Mimika Soraya Madubun, mengatakan perayaan ini merupakan HUT ke 48 tahun secara nasional dan untuk kepengurusan KNPI di Kabupaten Mimika telah memasuki tahun kedua.

Namun kali ini, KNPI tidak banyak membuat kegiatan seperti tahun sebelumnya dikarenakan situasi pandemi.

Katanya, bukan hanya masalah penganggaran yang terbatas tetapi juga aktivitas yang tidak terlalu urgent harus dibatasi dulu.

"Sehingga kami hanya membuat kegiatan yang benar-benar sangat dibutuhkan seperti menanam pohon sebagai wujud dukungan kamk dalam pelaksanaan PON XX dan Pesparawi di Mimika," ungkapnya.

Soraya menambahkan, untuk penanaman pohon total keseluruhan pohon yang sudah ditanam oleh KNPI sejak tahun lalu hingga sekarang sudah mencapai 1000 pohon yang ditanam di seputaran Kota Timika.

"Awalnya kami ingin menanam banyak pohon namun namun karena dibatasi maka hanya 100 pohon untuk saat ini. Sementara kegiatan lain yang dilakukan adalah melaksanakan kegiatan vaksinasi secara gratis," ungkpanya.

Ia menjelaskan, alasan dilakukan vaksinasi adalah untuk mendukung upaya pemerintah dalam memberikan vaksin kepada 50-70 persen masyarakat Mimika.

"Kemarin gebyar vaksinasi yang kita siapkan ada sekitar 1000 dosis namun karena banyak gerai vaksin yang melaksanakannya sehingga kita hanya melayani vaksinasi kurang dari 200 dosis dengan melibatkan tiga puskesmas,”ujarnya.

Lanjut Soraya, pada peringatan HUT ini, Ketua DPD KNPI Mimika Michael R Gomar berpesan bahwa tahun ini adalah tahun untuk menginstropeksi diri dengan mencoba menjadi solusi bagi keadaan saat ini.

"Mudah-mudahan pandemi ini bisa cepat berlalu sehingga program kerja kita bisa berjalan dengan baik,”katanya.

Menurutnya KNPI Kabupaten Mimika dibawah kepemimpinan Michael R Gomar sejauh ini telah berusaha keras untuk menghimpun potensi pemuda dari berbagai suku dan berbagai latar belakang.

"Kita berusaha agar potensi-potensi ini dapat diberdayakan dengan program-program kerja. Misalnya, kita membuat kegiatan KNPI Mimika, kita prioritaskan mulai dari kepanitiaan sampai dengan sasarannya adalah pemuda Asli Papua," kata Soraya

Dikatakan, sasaran kegiatan lebih prioritaskan ke pemuda asli Papua agar mereka dapat diberikan ruang untuk mengeksplor kemampuan mereka.

"Ini sesuai dengan instruksi dari Ketua DPD KNPI Kabupaten Mimika yaitu lebih fokus pada internal pengurusan kita yang mana saat ini ada sekitar lebih dari 100 orang tetapi keaktifannya sudah tidak terlalu banyak,”ungkapnya. (Shanty)

Top