Agar Situasi Selalu Kondusif, Distrik Kuala Kencana Lakukan Ini

Foto bersama peserta kegiatan

MIMIKA, BM

Guna menciptakan keamanan dan ketertiban masyarakat yang aman dan damai, Distrik Kuala Kencana menggelar rapat koordinasi (Rakor) mengenai bagaimana menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) di wilayah tersebut.

Kegiatan yang dilakukan pada Rabu (14/7) pekan lalu dilangsungkan di aula distrik dan dibuka secara resmi oleh Asisten I Bidang Pemerintahan, Yulianus Sasarari.

Sasarari mengatakan, tujuan dari kegiatan ini untuk mendorong peran dan partisipasi masyarakat dalam menjaga keamanan dan ketertiban lingkungan serta membahas situasi keamanan dan ketertiban kampung dan kelurahan di wilayah Distrik Kuala Kencana.

"Kalau lingkungan aman, maka semua program pembangunan yang direncanakan oleh pemerintah daerah dapat berjalan maksimal untuk mencapai kesejahteraan masyarakat, serta perekonomian masyarakat dapat tumbuh dan berkembang dengan baik," tutur Yulianus.

Keamanan di lingkungan kampung dan kelurahan merupakan hal paling penting untuk mencegah berbagai macam kasus seperti pencurian dan gangguan keamanan lainnya, baik dari dalam maupun dari luar yang melibatkan generasi muda.

Pasalnya, terlibatnya generasi muda pada tindak kekerasan lainnya sering terjadi di Distrik Kuala Kencana sehingga aparat keamanan harus bekerja keras untuk menjaga dan mencegah hal-hal yang tidak diinginkan.

Menjaga lingkungan dari gangguan Kamtibmas juga bukan semata-mata menjadi tugas kepolisian maupun TNI saja melainkan seluruh masyarakat terutama kepala-kepala kampung dan lurah di tempat masing-masing.

"Untuk itu, masing-masing mengambil tanggung jawab guna menjaga lingkungan kelurahan dan kampung di wilayah kita. Tidak mungkin orang lain yang datang menjaga keamanan, ketertiban dan keindahan lingkungan selain dari kita sendiri,” ungkapnya.

Sementara Kepala Distrik Kuala Kencana Septinus Timang mengatakan sesuai instruksi bupati dalam menjaga masyarakat yang aman, mandiri dan sejahtera, maka perlu membangun koordinasi di tingkat stakeholder Distrik Kuala Kencana yang terdiri dari Polsek, Koramil, tokoh masyarakat, kepala kampung dan kelurahan sampai tingkat RT untuk menjaga keamanan tetap kondusif.

"Jadi keterlibatan setiap warga masing-masing kampung dan kelurahan sangat kita harapkan untuk menjaga keamanan. Sampai saat ini walaupun ada masalah, tapi saya berpikir tidak terlalu meluas dan rata-rata masyarakat sudah mulai sadar hukum termasuk untuk menjaga lingkungan keamanan di wilayahnya masing-masing,”ungkapnya. (Shanty)

Top