DLH Mimika Usulkan Sosialisasi dan Beli Mesin Pengelola Sampah dari Banyumas Senilai Rp1 Miliaran

Plt Kepala DLH Mimika, Jefry Deda

MIMIKA,BM

Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Mimika, mengusulkan pembelian mesin dan melakukan sosialisasi pengelolaan sampah oleh DLH Banyumas pada anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) Perubahan Mimika tahun 2023 senilai lebih dari Rp1 miliar.

Plt Kepala DLH Mimika, Jefry Deda mengatakan bahwa sebelumnya pihaknya telah melakukan kunjungan ke Banyumas untuk melihat pengelolaan sampah.

Dan dari hasil kunjungan ke Banyumas ini tindaklanjutnya adalah DLH memasukkan pengajuan anggaran untuk melakukan sosialisasi dalam perubahan.

“Nanti kami undang Bupati Banyumas dan DLH Banyumas untuk datang sosialisasi bagaimana mereka punya cara kerja dari awal sampai sekarang mereka berhasil,” kata Plt DLH Mimika, Jefry saat diwawancara, Senin (11/9/2023).

Jefry mengatakan, ini akan dijadikan rol model bagi Pemda Mimika khususnya DLH yang nantinya disesuaikan dengan kondisi di Mimika.

“Kita sesuaikan dengan keadaan kita, budaya, fan masyarakat kita. Kalau kita lihat di Banyumas itu 95,9 persen itu orang Jawa. Dan orang Jawa punya budaya itu kalau pemerintah itu tunduk semua, kalau di Mimika ini berbagai suku dan kalau Kepala Dinas lingkungan hidup perintah itu mereka tidak pandang,” ujarnya.

Katanya, nilai yang didapatkan dari hasil sosialisasi itu nantinya akan dipraktekan di Timika. Ia berharap hal ini bisa berhasil. 

Selain sosialisasi, ada juga usulan penambahan mesin conveyor pemilah sampah untuk diletakan di gedung Pusat Daur Ulang (PDU) dan mesin gibrik yang juga untuk memilah sampah berdasarkan jenisnya.

“Kelanjutan dari Banyumas itu dimasukkan dalam perubahan baru masuk ke sosialisasi dan pembelian mesin. Anggaran yang diusulkan itu tidak sampai 2 miliar, mudah-mudahan bisa diterima,” ungkapnya. (Shanty Sang)

Top