Dukung UMKM Lokal, Pemda Mimika Siapkan Program E-Katalog

Suasana Rapat Koordinasi Tim Pengawasan P3DN Kabupaten Mimika yang berlangsung di ruang rapat lantai III Kantor Pusat Pemerintahan SP3, Rabu (28/9/2022)

MIMIKA, BM

Guna mendukung para pedagang lokal yang termasuk ke dalam UMKM, Pemerintah Kabupaten Mimika mulai mempersiapkan program E-Katalog atau etalase daring untuk memasarkan sekaligus membeli produk-produk dari para UMKM di Mimika.

Hal tersebut ditandai dengan dilaksanakannya Rapat Koordinasi Tim Pengawasan P3DN Kabupaten Mimika yang dpimpin Pj Bupati Mimika Johannes Rettob di ruang rapat lantai III Kantor Pusat Pemerintahan SP3, Rabu (28/9/2022).

Kepala Bagian Pengadaan Barang dan Jasa Mimika, Bambang Wiji Wicaksono menjelaskan, rapat tersebut bertujuan untuk mensosialisasikan program E-Katalog kepada Tim Pengawasan P3DN yang terdiri dari sejumlah organisasi perangkat daerah (OPD).

"Jadi tadi kita sudah lakukan sosialisasi bersama tim P3DN. Tim ini tugasnya seperti kayak koperasi. Dia kan punya UMKM-nya. Dia akan kumpulkan UMKM-nya, nanti dia sosialisasi terlebih dahulu tentang E-Katalog," ujarnya saat diwawancarai seusai rapat.

"Sementara tentang bagaimana cara masuknya, itu PBJ yang akan memberikan panduan untuk masuk. Jadi ibaratnya E-Katalog ini adalah toko daring, BPJ yang menyediakan etalasenya. Yang nanti isi etalasenya adalah UMKM yang berada di naungan masing-masing dinas seperti Dinas Koperasi, perindustrian, ketahanan pangan, pertanian, dan lain sebagainya," imbuhnya.

Lebih lanjut Bambang menegaskan, bilamana nantinya semua UMKM sudah masuk ke dalam UMKM, maka pemerintah wajib untuk membeli produk-produk yang sudah ada di E-Katalog.

"Nanti kalau semua UMKM sudah masuk E-Katalog, maka akan dibuatkan Surat Instruksi Bupati untuk para OPD agar wajib hukumnya membeli di E-Katalog," tegasnya.

"Jadi kalau misalnya saya ada kegiatan, butuh sewa mobil, saya pakai aplikasi itu untuk pesan mobil. Nanti pembayarannya pun sudah tidak lagi saya yang bayar. Itu akan dibayar menggunakan kartu kredit pemda. Masing-masing pimpinan OPD akan pegang kartu kredit itu," jelasnya melanjutkan.

Bambang berharap program E-Katalog ini bisa secepatnya direalisasikan karena ini merupakan program nasional untuk mendukung para UMKM lokal.

"Kalau bisa secepatnya ini mulai dijalankan. Sebenarnya ini kita sudah sangat terlambat karena daerah-daerah di luar Papua, di Jawa semua sudah menjalankan ini. Ini kan program nasional. Tapi untuk di Papua belum ada, kemungkinan kita yang bakal duluan terapkan E-Katalog ini," pungkasnya. (Ade)

Top