Bawaslu Mimika Gandeng Toga dan Tomas Sukseskan Pemilu Serentak 2024

Komisioner Bawaslu Mimika saat menyampaikan sosialisasi pengawasan pemilu parsitipatif di Hotel Horison Ultima, Selasa (20/9)

MIMIKA, BM

Demi menyukseskan Pemilu serentak tahun 2024 mendatang, Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) menggandeng para tokoh-tokoh agama dan tokoh-tokoh masyarakat.

Hal ini dilakukan Bawaslu Mimika melalui kegiatan sosialisasi pengawasan pemilu parsitipatif kontribusi tokoh agama dan tokoh masyarakat, yang diselenggarakan di Hotel Horison Ultima Selasa (20/9).

Disampaikan Budiono selaku Koordinator Divisi (koordiv) Pengawasan dan Hubungan antar Lembaga (PHL), bahwa kegiatan yang diselenggarakan ini merupakan pertama kalinya sebagai program pengawasan parsitipatif.

"Seperti kita sampaikan bahwa poin pentingnya itu bukan terkait politik, tapi intinya itu terlibat aktif dalam pengawasan demokrasi. Terlibat aktif disini yaitu mengawasi, memantau, mendata dan melaporkan kepada kami atau kepada pengawas terdekat,"ungkapnya.

Alasan melaksanakan kegiatan ini, kata Budiono karena Bawaslu Mimika melihat bahwa selama ini tokoh agama, tokoh masyarakat hanya sebagai pemadam kebakaran ketika terjadi konflik, entah konflik apapun itu.

"Makanya kami berharap besok ini tokoh agama dan tokoh masyarakat tidak bekerja sebagai pemadam kebakaran, maka dari awal ini kita gandeng mereka. Dengan harapan tokoh-tokoh ini ketika menyampaikan informasi kepada jemaat atau umatnya itu otomatis pasti didengar,"katanya.

Selain itu dirinya berharap ada kerjasama antara Bawaslu dengan tokoh masyarakat dan tokoh-tokoh agama.

"Kita maunya tokoh masyarakat dan tokoh agama harus ikut andil menghimbau, menyampaikan hal-hal baik tentang kepemiluan ini, karena ini merupakan tanggungjawab kita bersama. Dan kami yakin tokoh-tokoh ini merespon baik dengan hal ini,"harap Budiono. (Ignas)

Top