Instruksi Mendagri Terbaru: ASN Dilarang Cuti Saat Natal dan Tahun Baru

ASN Pemda Mimika saat mendengarkan arahan dari Sekretaris Daerah, Michael R Gomar

MIMIKA, BM

Pemerintah melalui Menteri Dalam Negeri (Mendagri) menerbitkan Instruksi Nomor 62 Tahun 2021 tentang Pencegahan dan Penanggulangan Corona Virus Disease 2019 pada Saat Natal Tahun 2021 dan Tahun Baru Tahun 2022.

Dalam instruksi terbaru Mendagri ini, pemerintah melarang masyarakat untuk mudik dan cuti saat libur Natal dan Tahun Baru.

Instruksi Mendagri yang terbaru ini juga berlaku bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) dan honorer lingkup Pemerintah Daerah (Pemda) Mimika.

Sekretaris Daerah (Sekda) Mimika, Michael R Gomar saat ditemui di Kantor Pusat Pemerintahan, Jumat (26/11) mengatakan, instruksi Mendagri ini mewajibkan kepada seluruh kabupaten/kota tidak hanya di Mimika tetapi semua kabupaten/kota untuk menerapkan PPKM level 3.

"Hal ini juga untuk menjaga penyebaran virus covid di pelaksanaan hari raya natal dan tahun baru," kata Gomar.

Dengan demikian, kata Gomar, semua PNS di lingkungan Pemerintah Kabupaten Mimika dilarang untuk melaksanakan cuti selama perayaan natal dan tahun baru.

Berdasarkan instruksi ini, nantinya pemerintah akan membuat edaran berdasarkan untuk seluruh PNS, pimpinan OPD dan honorer di lingkup Pemda Mimika agar dilarang melaksanakan cuti selama natal dan tahun baru.

"Libur boleh tapi cuti tidak boleh. Cuti kan berarti keluar daerah. Sudah pasti kita akan mengikuti instruksi Mendagri dan surat edaran Gubernur Papua terkait libur dan cuti hari raya natal dan tahun baru. Tapi yang pasti, untuk ke luar kota dilarang," ungkapnya. (Shanty)

Top