Enam Kali Berturut-turut, Mimika Raih Predikat WTP

Kepala Inspektorat Mimika, Sihol Parlingotan

MIMIKA, BM

Pemda Mimika di bawah kepemimpinan Bupati Mimika Eltinus Omaleng dan Wakil Bupati Johanes Rettob berhasil mempertahankan opini Wajar Tanpa pengecualian (WTP) atas Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) terhadap Laporan Keuangan Pemerintah daerah (LKPD) tahun 2019 oleh Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK RI).

Perolehan WTP atas LKPD Pemda Mimika tahun anggaran 2020 ini ternyata merupakan kali ke 6 yang bisa dipertahankan oleh Pemda Mimika.

Penghargaan WTP merupakan bentuk pengakuan atas keberhasilan dalam pengelolaan keuangan daerah yang diberikan BPK RI.

Penghargaan diberikan atas kewajaran laporan keuangan dengan standar akuntansi pemerintah efektifitas, pengendalian intern dan kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan.

WTP diterima langsung Bupati Mimika, Eltinus OmalengOmaleng bersama Wakil Ketua I DPRD Mimika Aleks Tsenawatme di Jayapura pada Selasa (1/6).

"Kita Mimika raih WTP yang keenam kalinya. Apa yang kita raih ini tentu ke depannya kita harus semangat bekerja lagi," tutur Kepala Inspektorat Mimika, Sihol Parningotan saat diwawancarai di ruang kerjanya, Kamis (3/6).

Ia menjelaskan, pemeriksaan dilakukan terhadap laporan keuangan pemerintah daerah per 31 Desember 2020 yang terdiri atas laporan realisasi anggaran, perubahan saldo anggaran lebih, operasional, arus khas, laporan perubahan ekuitas untuk tahun yang berakhir pada tanggal tersebut dan catatan atas laporan keuangan.

"Itulah yang masuk dalan laporan keuangan pemerintah daerah. Dalam WTP juga ada empat kriteria yang dinilai," kata Sihol.

Empat kriteria tersebut adalah kesesuaian dengan standar akuntansi pemerintahan (SAP), kecukupan pengungkapan, kepatuhan terhadap perundang-undangan dan efektifitas sistem pengendalian intern.

Sedangkan, dasar pemeriksaan mengacu pada Undang-Undang Nomor 15 tentang Pemeriksaan, Pengelolaan dan Tanggungjawab Keuangan Negara dan Undang-Undang Nomor 15 tahun 2006 tentang BPK.

"Dengan hasil WTP ini Bupati Mimika Eltinus mengucapkan terima kasih kepada Pimpinan OPD yang sudah proaktif selama ini termasuk penyiapan data-daa pendukung kepada BPK sehingga semua proses berjalan baik dan hasilnya sesuai dengan harapan kita bersama," ungkapnya.

Ia mengatakan, bupati juga berharap agar ke depan efektifitas kerja semakin baik dan semakin ditingkatkan, terutama dalam membangun kerjasama dan penyerapan anggaran daerah.

"Biar kita tetap bertahan dengan opini Wajar Tanpa Pengecualian. Itulah harapan kita terlebih harapan bupati dan wakil bupati selaku pimpinan daerah,"ungkapnya.

Dengan raihan ini mencerminkan dan telah membuktikan bahwa Pemda Mimika dan semua perangkat yang ada telah menjalankan proses administrasi secara akuntabilitas dengan baik. Adapun yang menjadi kekurangan, diharapkan agar terus diperbaiki seiring jalannya waktu. (Shanty)

Top