Budaya

PJ Bupati Buka Kegiatan Mapenta Ke IV Pemuda Katolik Kabupaten Mappi

Pemukulan tifa sebagai tanda dimulainya kegiatan  Mapenta ke-IV Pemuda Katolik Kabupaten Mappi

MAPPI, BM

Penjabat Bupati Mappi, Michael R. Gomar membuka kegiatan Masa penerimaan anggota (Mapenta) ke IV Pemuda Katolik Kabupaten Mappi.

Kegiatan yang berlangsung di aula pastoran Paroki Kristus Raja Kepi dihadiri Kepala Kevikepan Kepi Pastor Pius J. Heljanan MSC, PJ Bupati Michael R. Gomar, Kapolres Damianus Deddy Susanto, Wakapolres Kompol Suwarno, Ketua LMA dan Para senior Pemuda Katolik Kabupaten Mappi.

Kegiatan Mapenta ke-IV Pemuda Katolik Mappi mengusung tema “lebih dekat dengan gereja organisasi masyarakat dan pemerintah”.

Penjabat Bupati Mappi Michael R. Gomar, dalam sambutan menyampaikan, pemuda mempunyai tanggung jawab yang besar terhadap organisasi, terutama pada pengurus atau para senior yang sudah berpengalaman di suatu organisasi.

"Kadang kita masuk dan menemukan ada organisasi yang tidak mempunyai dasar hukum. Organisasi seperti ini tentu memiliki kepentingan tertentu yang dimanfaatkan oleh pengurus ataupun anggotanya,” ungkapnya.

PJ Bupati menjelaskan, keberadaan organisasi di lingkungan gereja merupakan wadah laboratorium, kaderisasi yang melatih kadernya untuk menjadi pemimpin.

Ia menerangkan, Pemuda Katolik mempunyai peran yang sangat besar baik di dalam lingkungan gereja katolik secara khusus, lingkungan masyarakat maupun di lingkungan pemerintahan secara umum.

“Kepengurusan Pemuda Katolik Komisariat Kabupaten Mappi telah mendapatkan bekal yang kuat dari para senior sehingga apa yang menjadi tanggung jawab dalam organisasi harus dapat dilaksanakan dan diwujudkan dalam lingkungan gereja, masyarakat dan pemerintah,” ungkapnya.

"Harapan saya, seluruh rangkaian kegiatan Mapenta ke-IV yang telah dipersiapkan oleh panitia ini dapat berjalan dengan baik dan lancar. Ingatlah bahwa salah satu tugas kita adalah melakukan pelayanan baik di lingkungan gereja maupun masyarakat," tambahnya.

Ketua panitia kegiatan, Alber mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah hadir mengikuti pembukaan kegiatan tersebut.

Ia menjelaskan, Mapenta ke IV Pemuda Katolik Kabupaten Mappi diikuti oleh 68 peserta. Para pemuda tersebut berasal dari berbagai paroki di wilayah Kevikepan Kepi.

Dikatakan, kegiatan ini berlangsung selama 3 hari mulai tanggal 25 sampai tanggal 27 Agustus di aula Pastoran Gereja Kristus Raja Kepi.

“Kami Panitia berterimakasih kepada semua pihak yang telah berpartisipasi dalam menyukseskan kegiatan ini,”ungkapnya

Sementara itu Ketua Pemuda Katolik Komisariat Mappi, Yohanis M. Mote mengaku bangga karena pada senior Pemuda Katolik Mappi bisa hadir dalam kesempatan ini.

“Hari ini kita berbangga dan merasa ada kekuatan yang luar biasa karena hadir para senior kita untuk memberikan dukungan dalam kegiatan Mapenta kali ini,” ungkapnya.

Ia menuturkan, selama dua tahun ini pihaknya tidak dapat melaksanakan kegiatan dikarenakan pandemi Covid 19.

“Tetapi kami tidak tinggal diam, kami masih lakukan pembinaan di sanggar belajar yang berada di dua asrama,” katanya.

“Sejauh ini Pemuda Katolik terus berperan dalam kehidupan bermasyarakat. Mari kita membangun jaringan ini dan kita mendekatkan diri dengan organisasi lainnya serta terus berperan aktif ditengah masyarakat. Kami percaya bahwa kader pemuda Katolik itu ada dimana-mana dan terlibat aktif dalam membangun negara dan daerah,” tandasnya. (Red)

TP-PKK Mappi Gelar Sosialisasi Kelembagaan Dan Administrasi PKK Di Distrik Nambioman Bapai

Foto bersama ketua dan anggota TP-PKK Kabupaten Mappi bersama anggota TP-PKK distrik dan kampung, usai kegiatan

MAPPI, BM

Tim Penggerak PKK Kabupaten Mappi menggelar Sosialisasi Kelembagaan dan Administrasi PKK kepada PKK Distrik dan Kampung di Distrik Nambioman Bapai.

Kegiatan yang dilaksanakan di Aula Gereja Katolik St. Kristoforus Mur, Sabtu (17/09/2022), dihadiri TP-PKK Distrik Nambioman, Kampung Mur, Kampung Linggua, Kampung Katan dan TP-PKK Kampung Yatan.

Sosialisasi tersebut dihadiri Penjabat Ketua TP-PKK Kabupaten Mappi, Ny. Stefanie Gomar serta sejumlah pengurus PKK Kabupaten Mappi yang membawahi bidang kelembagaan dan administrasi.

“Seperti informasi yang saya dapatkan, selama ini banyak kendala yang dialami oleh PKK Distrik dan PKK Kampung di lapangan. Yang paling dasar adalah kurangnya pengetahuan tentang organisasi PKK itu sendiri” ujar Penjabat Ketua TP - PKK Kabupaten Mappi, Ny. Stefanie Gomar dalam sambutannya.

Menurutnya, hal ini menjadi salah satu perhatian penting bagi TP PKK Kabupaten Mappi. Selain itu adanya informasi yang diberikan oleh TP PKK Distrik bahwa selain kurangnya pemahaman tentang kelembagaan dan administrasi, keuangan juga menjadi salah satu faktor tidak terlaksananya program PKK di tingkat distrik dan kampung.

"Oleh sebab itu persoalan ini akan bahas dalam materi sosialisasi," ujarnya.

Ia menuturkan PKK merupakan organisasi nasional yang bertujuan untuk mensejahterahkan seluruh keluarga Indonesia. Demi tercapainya tujuan ini, dalam pelaksanaanya dibentuklah kelompok kerja (Pokja) masing- masing.

Ny. Stefanie menerangkan, pokja ini terbagi dalam empat kelompok. Pokja satu sebagai pengelola program pengamalan dan penghayatan Pancasila dan gotong royong.

Pokja dua, sebagai pengelolah program pendidikan dan keterampilan pengembangan kehidupan berkoperasi.

Pokja tiga sebagai pengelolah program pangan, sandang, perumahan dan tata laksanakan rumah tangga dan Pokja empat sebagai pengelolah program kesehatan kelestarian lingkungan hidup dan perencanaan sehat.

“Dengan adanya pokja maka kita bisa menjalankan tugas dan tanggungjawab sesuai dengan tupoksi kita masing -masing dengan baik,” tuturnya.

Ia menyebutkan apabila sudah memahami dengan baik tugas dan fungsi serta apa yang harus dikerjakan oleh masing -masing Pokja, maka segala program kerja bisa dijalankan secara maksimal.

Sementara itu Ketua PKK Distrik Nambioman Bapai, Ny. Yohana Swarsih Danari menyampaikan ucapan terimakasih kepada Penjabat Ketua PKK dan Pengurus PKK kabupaten Mappi yang telah melaksanakan kegiatan tersebut.

“Saya selaku ketua PKK Distrik dan mewakili PKK kampung merasa bangga dan apresiasi sekali kepada Penjabat Ketua PPK kabupaten yang telah melaksanakan kegiatan ini,”ucapnya.

Ia menerangkan, ini merupakan kali pertama di Distrik Nambioman Bapai dilakukan kegiatan kolaborasi antara tim PKK kabupaten yang juga bersama Bhayangkari Polres Mappi dalam mensosialisasi Keluarga Sadar Hukum (Kadarkum).

“Terus terang selama ini kami secara garis besar saja mengetahui tentang struktur kepengurusan PKK dan kedalamnya kami belum terlalu tahu. Syukur hari ini kami bisa mendengar langsung materi sehingga ada pencerahan dan pemahaman. Ke depan kami berharap supaya kunjungan seperti ini bisa dilaksanakan beberapa bulan sekali,” harapnya.

Ia menerangkan, sebagai ketua PKK Distrik Nambioman Bapai, ia memiliki kerinduan karena pihaknya jarang berorganisasi dan selama ini PKK Distrik selalu terbentur dengan masalah dana.

“Kami PKK di distrik dari tahun ke tahun memang tidak ada dana, semoga ibu penjabat ketua bisa melihat situasi ini. Memang tadi sudah sempat dibahas dan direspons dengan sangat baik oleh ibu ketua,”ungkapnya.

Dirinya berharap apabila ada program atau ide -ide baru dari PKK kabupaten diharapkan juga dapat diinformasikan kepada mereka di Distrik sehingga program yang dilaksanakan di Distrik bisa berkesinambungan dengan program di PKK kabupaten.

“Kami dari PKK Distrik minta kalau memang ada kegiatan di PKK kabupaten tolong perdayakan dan libatkan kami. Dan terakhir permintaan kami, tolong PKK Kabupaten, Distrik dan kampung selalu ada koordinasi yang baik,” harapnya.

Adapun pemateri pertama dalam sosialisasi ini adalah Sekretaris PKK Kabupaten Mappi yakni, Ny. Paskalina Ditubun Suryadi.

Ia membawakan materi tentang kelembagaan dan admistrasi PKK mulai tugas fungsi, tanggungjawab dan peran serta dari anggota PKK itu sendiri.

Sementara pemateri kedua yakni Ny. Carla F. Irwantiyastuti Karubun, membawahkan materi tentang administrasi keuangan.

Materi administrasi keuangan ini membahas tentang prosedur serta aturan dalam penggunaan pengalokasian dana dalam keorganisasian PKK itu sendiri. (Red)

Pulihkan Negeri, Pemda Mappi Gelar Seminar Rohani Dan KKR Untuk Masyarakat

Pastor John Bunay Pr saat memimpin seminar rohani doa dan pemulihan

MAPPI, BM

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mappi menyelenggarakan Seminar Rohani Doa Pemulihan dan Kebangkitan Mappi serta Kebangkitan Kebangunan Rohani (KKR).

Seminar rohani ini menghadirkan Pastor John Bunay, Pr beserta sejumlah pastor dan pendeta di Kabupaten Mappi.

Kegiatan kerohanian ini mengusung tema  "Hidup adalah kesempatan untuk mengasihi dan Melayani sebagai saudara".

Seminar rohani dan KKR ini diadakan selama tiga hari mulai Jumat (23/9/2022) hingga Minggu (25/9/2022) dan dibuka oleh Penjabat Bupati Mappi, Michael R. Gomar di GOR Qaindauri.

Penjabat Bupati Mappi, Michael R. Gomar, menyampaikan, kurang lebih tiga hari semua masyarakat Mappi berkumpul dalam rangka berdoa bersama kerukunan umat beragama dalam pemulihan dan pencerahan untuk kehidupan seluruh warga masyarakat di Kabupaten Mappi.

"Kegiatan ini tidak hanya muncul secara tiba-tiba, tetapi kami yakin dan percaya bahwa ada pergumulan dari seluruh lapisan masyarakat di daerah ini," ujarnya.

Pergumulan ini menurut Gomar disampaikan kepada Pemerintah Daerah dalam forum-forum diskusi baik secara terbuka maupun secara tertutup.

"Tujuan dari pelaksanaan doa pemulihan ini, tentu untuk mempererat tali persaudaraan antara umat beragama, sehingga momentum doa bersama ini akan memulikan kita semua di daerah ini untuk saling mengasihi dan saling melayani satu dengan yang lain,” tuturnya.

PJ Bupati juga menerangkan bahwa, momentum ini akan memberikan dampak positif kepada semua masyarakat untuk membangun kembali semangat persaudaraan dan tali kasih antara umat beragama.

”Berkat Tuhan dalam kehidupan kita tentunya berbeda-beda, namun berkat yang kita dapat ini boleh menjadi berkat juga kepada sesama kita. Harapannya melalui momentum kegiatan ini, dapat memberikan pertumbuhan dan perkembangan rohani dalam diri kita, supaya bisa saling melayani, mengasihi dan menghargai,” ucapnya.

Sementara itu, Penjabat Sekretaris Daerah Kabupaten Mappi, Mauridsius Kabagaimu, selaku ketua panitia menjelaskan, kegiatan doa pemulihan ini bertujuan untuk mempererat tali persaudaraan antara umat beragama di Kabupaten Mappi.

Selain itu juga membangun sinergi antara pemerintah dan masyarakat untuk bersama-sama menciptakan Kabupaten Mappi yang aman, damai dan sejahtera.

Sesuai jadwal, sejak pukul 09.00 Wit hingga pukul 12.00 Wit, dilaksanakan seminar rohani oleh Pastor RD. Jhon Bonay Pr kepada PNS, PKD, tokoh agama, pemuda, tokoh perempuan, tokoh masyarakat, TNI/Polri dan para tamu undangan lainnya.

Tanggal 23 dan 24 dimulai pukul 17.00 Wit hingga pukul 19.00 Wit dilaksanakan kegiatan KKR yang diikuti oleh semua masyarakat di Kota Kepi serta perwakilan dari distrik dan kampung.

Sementara pada tanggal 25 September pukul 15:00 Wit hingga 17.00 Wit akan dilaksanakan upacara adat suku nusantara di Mappi dan dilanjutkan penanaman salib sebagai simbol pemulihan.

Rangkaian kegiatan kerohanian ini kemudian ditutup dengan ibadah pemulihan di Gereja Katolik Kristus Raja Kepi pada pukul 17:00 Wit.
(Red)

Top