Marianus : Kami Orang Papua Tidak Mau Jadi Bunga Atau Hanya Jadi Tameng

Marianus Maknaipeku

MIMIKA, BM

Saat ini sedang berlangsung tahapan asesment seleksi terbuka calon Sekretaris Daerah (Sekda) definitif yang diikuti oleh empat ASN, yang mana kedepannya salah satu tanggung jawab Sekda yaitu melaksanakan program kegiatan dan visi misi bupati dan wakil bupati.

Terkait seleksi sekda ini, tokoh masyarakat sangat berharap harus ada keberpihakan pada putra daerah khususnya Amungme maupun Kamoro.

Hal ini diingatkan Marianus Maknaipeku, tokoh masyarakat kepada media, Selasa (16/04/2024).

"Mereka yang ikut tes ini adalah figur-figur terbaik. Namun harus ada keberpihakan pada orang asli Papua, kami tidak mau orang Papua khususnya dari dua suku hanya jadi bunga atau tameng saja, karena setingannya sudah ada orang sehingga timbul kekecewaan," ungkap Marianus.

Jika dilihat dari para kandidat, menurut Marianus ia sudah tahu siapa yang bakal terpilih, namun hal tersebut harus didasari pada hati nurani.

"Kalau dari peta kandidatnya itu kita sudah tahu siapa yang akan terpilih duduk jadi Sekda. Kami juga tidak mau provokasi masyarakat untuk demo agar orang kami bisa masuk atau dapat, sekarang tinggal bagaimana hati nurani saja," ungkapnya.

Di kesempatan ini, dirinya menegskan terkait pernyataan Mendagri bahwa dalam waktu dekat menuju Pilkada 2024, tidak boleh ada transit pemerintahan atau rolling pegawai.

"Karena hal ini jika dilakukan maka akan ada sanksi. Kami minta Mendagri mohon menyurati secara resmi kepada Pemda Mimika bahwa dalam rentang Pilkada tidak boleh rolling, sehingga jika kondisi dipaksakan berarti itu ada kepentingan pribadi," kata Marianus. (Ignasius Istanto)

Top