PT Asian One Air Kembalikan Helikopter Airbus AS 350 B3 (H-125) PK-LTA ke Pemda Mimika

Penyerahan kunci dan dokumen helikopter oleh Direktur PT Asian One Air, Silvy Herawaty kepadaPlh Kepala Dinas Perhubungan Mimika, Nella Manggara

MIMIKA, BM

PT Asian One Air secara resmi menyerahkan dokumen dan juga Helikopter Air Bus AS 350 B3 (H-125) PKhLTA kepada Pemerintah Daerah (Pemda) Mimika melalui Dinas Perhubungan.

Penyerahan dokumen tersebut disertai dengan penyerahan kunci helikopter dari Direktur PT Asian One Air, Silvy Herawaty kepada Plh Kepala Dinas Perhubungan Mimika, Nella Manggara di Hanggar Bandar Udara Mozes Kilangin, Kamis (24/11/2022).

“Penyerahan dokumen ini langsung dikembalikan, karena memang mintanya seperti itu,” kata Silvy saat diwawancara di Hanggar Pesawat usai penyerahan.

Dokumen-dokumen yang diserahkan ini adalah dokumen tentang keberadaan pesawat sejak pertama kali didatangkan hingga saat ini.

Untuk kelanjutan kerjasama, Silvy mengaku hingga saat ini belum ada pembahasan lebih lanjut dengan Pemerintah daerah Mimika.

“Jadi sekarang sudah tidak ada kerja sama,” katanya.

Sementara, Plh Kepala Dinas Perhubungan, Nella Manggara mengatakan, setelah penyerahan hari ini, pihaknya akan menyelesaikan semua dokumen karena ada yang perlu diperbaiki.

Pasalnya, kontrak kerjasama dengan PT Asian One Air ini sudah berakhir sekitar pertengahan tahun 2022.

Untuk kerjasama lanjutan masih akan dilaporkan kepada pimpinan dalam hal ini Plt Bupati Mimika, Johanes Rettob untuk kemudian mencari pihak ketiga sebagai operator.

“Kami akan cek lagi dokumen satu-satu, setelah itu kami lapor kepada Plt Bupati, nanti tindak lanjut semua keputusan ada di pimpinan dalam hal ini bupati,” kata Nella.

Perlu diketahui, penyerahan dokumen ini menindaklanjuti surat Bupati Mimika nomor 553/745 tanggal 29 Oktober 2021, perihal tindak lanjut kerjasama sewa menyewa helikopter milik Pemkab Mimika yang berkaitan dengan berakhirnya masa kontrak sewa menyewa helikopter dengan registrasi PK LTA pada 8 November 2022.

Selain helikopter, Pesawat milik Pemda Mimika juga sudah dikembalikan pada Desember 2021 lalu. (Shanty Sang)

Top