34 Bangunan di Mimika Hari Ini Disemprot Desinfektan

Tim menyebarkan informasi ke warga dengan mobil penerangan

MIMIKA, BM

Memasuki hari ketiga, Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Corona Kabupaten Mimika telah melakukan penyemprotan desinfektan terhadap 34 bangunan.

Bangunan yang disemprot terdiri atas 18 gereja, 5 mesjid, 5 kantor, 2 layanan kesehatan, 1 asrama, 1 aula, 1 sekolah dan 1 pos penjagaan.

Adapun 19 gereja yang disemprot adalah Gereja Tiberias, Ebenhezer, Syalom Amungsa, GKP Samratulangi, Tikulembang, Via Dolorosa, GBI Yope dan Gereja Imanuel Irigasi.

Selain itu Gereja Torsina, Katolik Sempan, Katolik SP 1, Laharoi SP 1, El-Roi SP IV, Sola Gracia, Samaria, Provendensial, Sisilia SP II dan Gereja Diaspora.

Sementara 5 mesjid yang dimaksud adalah Mesjid Babusalam, Alfurqan, Ar-Rahman, Baiturahman dan Mesjid Mile 32.

Bangunan selain tempat ibadah yang disemprot adalah Kantor Cabang PLN Timika, PLN Timika Kota (Hasanuddin), Pustu Nawaripi, PKM Wania, Kantor Brimob, Asrama, Taman Kanak-kanak, Aula, Pos Jaga dan Kantor Koperasi di Mile 32 serta Kantor Brimob di Kwamki Narama.

Bukan hanya penyemprotan desinfektan, Tim Gugus Tugas juga melakukan pembagian dan penyebaran brosur tentang cara pembuatan desinfektan, brosur menjaga diri dan keluarga dari Covid-19 serta brosur tentang etika batuk.

Selain itu, tim ini juga melakukan kegiatan lainnya yakni pengawasan rutin pada penumpang di bandara, melakukan supervisi penemuan kasus di beberap puskesmas seputar kota dan pemeriksaan pasokan sembako guna menjamin keberadaan sembako di Mimika.

Tim Gugus Tugas juga melakukan sosial promosi COVID 19 melalui mobil penerangan dan malam ini dilakukan penertiban tempat-tempat hiburan malam yang masih beroperasi serta menertibkan kegiatan yang mengumpulkan masa dalam jumlah banyak

Sementara itu pada sore tadi, tim penanganan corona di Mimika juga melakukan pertemuan dengan para kepala distrik. Hasilnya, para kepala distrik akan melakukan upaya pencegahan melalui pembentukan Tim Gugus Tugas tingkat distrik.

Juru Bicara Reynold Ubra kepada BeritaMimika, Sabtu (21/3) malam mengatakan, Tim Gugus Tugas juga akan melakukan sosialisasi advokasi dengan pemerintah distrik mulai 25 Maret yang akan dimulai dari Distrik Mimika Barat Jauh.

“Hingga hari ini, Sabtu (21/3), sesuai hasil Sistem Kewaspadaan Dini dan Respon (SKDR), belum ditemukan penduduk dengan status Orang Dalam Pemantauan (ODP) dan Pasien Dalam Pengawasan (PDP),” ujarnya.

Terkait penyemprotan desinfektan, Reynold mengatakan Tim Gugus Tugas akan melanjutkan di seluruh tempat ibadah di Mimika secara kontinue.

“Kalau penyemprotan hari ini dibeberapa tempat ibadah kita sesuaikan dengan sebaran tenaga penyemprot yang berada di wilayah kerja puskesmas. Lainnya akan dilanjutkan secara rutin,” ujarnya.

Ia juga menegaskan, hingga hari ini (Sabtu-red) sebanyak 17 orang telah menelpon layanan call centre. Hari ketiga jumlahnya meningkat hingga 9 penelpon, dibandingkan hari kedua 6 dan hari pertama hanya 2 penelpon.

“Dari 9 penelpon di hari ketiga, 2 orang menanyakan infomasi dasar tentang Covid-19 dan alur pemeriksaanya. Sementara 7 lainnya menanyakan tentang rumah sakit yang mempunyai fasilitas pemeriksaan Covid-19,” ungkapnya kepada BeritaMimika. (Ronald)

Top