Tinggal 25 Hari Namun PB PON Papua Belum Kirim Obat dan Alat Kesehatan untuk Mimika

Kadis Kesehatan Mimika bersama melakukan tinjauan venue untuk kesiapan penempatan tenaga medis di tiap venue

MIMIKA, BM

Pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX menyisahkan 25 hari lagi namun hingga kini belum ada obat-obatan dan perlaatan kesehatan penunjang PON yang diterima dari PB PON Papua.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Mimika, Reynold R Ubra saat ditemui Sekretariat Bidang Kesehatan Sub PB PON, Senin (6/9) kembali menegaskan hal ini setelah sebelumnya menyampaikan hal serupa kepada BM.

"Sekarang ini kami hanya menunggu dari bidang kesehatan PB PON karena dalam master plan pengadaan obat-obatan dan alat kesehatan jadi tanggungjawab mereka," tuturnya.

Ia mengatakan, sambil menunggu obat dan alat kesehatan dari PB PON dirinya meminta tim untuk menyiapkan peralatan dan juga obat-obatan yang ada di Dinas Kesehatan.

"Saya sudah minta untuk setiap tim menyiapkan dulu obat dan alat yang ada di Dinkes l untuk memenuhi logistik," ujarnya.

Menurutnya, Mimika memiliki 24 emergency kit namun begitu ia tetap berharap agar obat dan alkes dari PB PON Papua segera dikirim karena sebenarnya kebutuhan obat-obatan yang ada saat ini untuk pelayanan esensial kepada masyarakat.

"Nah jika gunakan semua milik Dinkes maka mengganggu pelayanan kepada masyarakat, itu yang tidak boleh jadi kami harap PB PON segera berikan alkes dan obat-obatan," tuturnya.

Selain pelayanan kesehatan yang esensial Dinkes juga melakukan pelayanan covid, vaksinasi, testing, tracing dan treatment yang hingga kini masih terus berjalan.

"Jadi alat yang ada di Dinkes kita coba setup untuk standby sambil menunggu alkes dari PB PON. Muda-mudahan secepatnya datang," ungkapnya. (Shanty)

Top