2.063 Tenaga Kesehatan di Mimika Sudah Diberi Vaksin Covid-19

Kepala Dinas Kesehatan Mimika, Reynold Ubra

MIMIKA, BM

Secara keseluruhan, 2.079 warga di Mimika telah menerima suntikan Vaksin Sinovac. Dari jumlah ini, 2.063 merupakan tenaga kesehatan sementara 16 lainnya merupakan pejabat publik.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Mimika Reynold Ubra mengatakan untuk gelombang pertama imuniasi covid antara Januari hingga April 2021, pihaknya menargetkan pemberian vaksin kepada 2.573 tenaga kesehatan.

"Saat ini kami sedang mempersiapkan pemberian vaksin kepada para ASN dan honorer, TNI-Polri, karyawan BUMN, pelayan publik seperti di Bandara Mozes Kilangin Pelabuhan Pomako juga kepada awak media serta beberapa unsur lainnya," jelasnya.

Menurut Reynold, Dinas Kesehatan juga akan memberikan kesempatan kepada semua pelayanan publik lainnya yang ingin diberikan vaksin tersebut.

Saat ini Dinas Kesehatan juga tengah melakukan koordinasi dengan fasilitas kesehatan di Mimika, diantaranya klinik kesehatan milik TNI-Polri guna mendata berapa banyak jumlah personel yang akan diberikan vaksin.

"Semua data ini harus dilaporkan ke Kemenkes karena ini berhubungan dengan penyediaan vaksin. Sampai sekarang kami baru dua kali terima kiriman vaksin sinovac dengan jumlah 4000-an dosis. Estimasi kami, kebutuhan vaksin untuk semua pelayan publik di Mimika sekitar 18.000 dosis," jelas Reynold.

Ia juga menjelaskan bahwa pemberian Vaksin Sinovac kepada warga sejauh ini tidak mengakibatkan atau menimbulkan efek samping yang berlebihan, sehingga menjadi ketakutan.

"Sampai sekarang tidak ada laporan adanya keluhan berat oleh mereka yang sudah diberi vaksin. Keluhan hanya sebatas rasa ngantuk, pegal-pegal hingga rasa lapar. Dan ini semua masih dalam taraf normal atau boleh dibilang hanya keluhan ringan," ungkapnya. (Ronald)

Top