Sering Petir dan Angin Kencang, Masyarakat Diminta Waspada

Forecaster BMKG Mimika, Sony Hartono

MIMIKA, BM

Indonesia disebut-sebut sedang mengalami fenomena La Nina atau pertambahan hujan. Selain La Nina, angin barat juga berhembus menyebabkan wilayah Indonesia secara umum mengalami musim penghujan.

Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Timika, Okto Firdaus Fajri Rianto saat dihubungi BeritaMimika mengatakan Mimika kini telah berada di musim penghujan.

"Pada umumnya Mimika sudah masuk musim hujan sampai bulan Februari, tidak ada pengaruh badai hanya ada sedikit pengaruh Lanina yang berdampak hujan sedikit meningkat. Warga Mimika harus tetap waspada. Kalau ada perubahan lainnya akan kami infokan lagi," ungkapnya.

Sementara itu Forecaster BMKG Mimika, Sony Hartono menambahkan, Kabupaten Mimika unik karena tidak terlalu berdampak banyak pada kedua kejadian cuaca tersebut. Malah di Mimika, hujan dinilai tidak terlalu intens seperti di daerah lain.

"Tapi anginnya lumayan kencang, makanya salah satu efeknya itu terjadi beberapa rumah yang di Amar. Itu karena anginnya memang kencang. Selain angin, petir juga harus diwaspadai," kata Sony, Kamis (13/1).

Meskipun hujan sering terjadi, namun ia meyakini tidak akan terjadi banjir di Mimika. Hal itu, kata Sony, berdasarkan data yang dipunyai pihaknya bahwa hujan lebat dengan durasi yang lebih lama biasanya terjadi di pertengahan tahun.

"Kalau sekarang bisa dibilang tidak akan terjadi banjir karena hujannya juga tidak banyak. Tapi memang beberapa hari belakangan ini hujan lumayan sering terjadi," katanya lagi.

Sementara itu, ia menilai wilayah perairan di Kabupaten Mimika dinilai normal dengan tinggi ombak yang masuk kategori normal atau biasa. (Roberto)

Top