Nasional

PJ Bupati Gomar Hadiri Pencanangan Pembagian 10 Juta Bendera Yang Dibuka Mendagri Tito Di Merauke


Mendagri Tito Karnavian melakukan pencanangan gerakan pembagian 10 juta bendera secara nasional dimulai dari Merauke, Jumat (12/8/2022)

MERAUKE, BM

Penjabat Bupati Kabupaten Mappi, Michael R. Gomar menghadiri gerakan pencanangan pembagian 10 juta bendera yang diinisiasi oleh Kementeriaan Dalam Negeri (Kemendagri).

Gerakan pencanangan 10 juta bendera dalam rangka peringatan HUT ke-77 RI Tahun 2022 ini dibuka langsung oleh Menteri Dalam Negeri Muhammad Tito Karnavian di Halaman Kantor Bupati Kabupaten Merauke, Jumat (12/08/2022).

Kegiatan ini juga dihadiri Sekda Provinsi Papua Ridwan Rumasukun, serta sejumlah kepala Daerah diantaranya Bupati Merauke, Bupati Asmat, Bupati Boven Digoeldan PJ Bupati Lani Jaya.

Mendagri Tito Karnavian dalam sambutannya menyampaikan, pembagian 10 juta bendera merah putih dilakukan untuk menyemarakkan perayaan HUT ke-77 RI tahun ini.

Selain itu untuk dan menggelorakan semangat nasionalisme sebagai negara yang plural dimana walau berbeda suku ras dan agama namun tetap mengikat dalam Bhineka Tunggal Ika.

Kata Tito, gerakan pembagian 10 Juta bendera Merah Putih dilakukan di 3 titik yakni Kabupaten Merauke, Kota Banda Aceh dan Surabaya Jawa Timur.

“Keberagaman adalah kekayaaan kita, kegiatan ini dimaknai sebagai momentum untuk memupuk rasa cinta terhadap bangsa dan negara,” ujarnya.

Ia menuturkan, Provinsi Papua menjadi propinsi pertama yang dikunjungi dalam kegiatan tersebut. Kegiatan yang diinisiasi oleh Kementerian dalam Negeri ini bertujuan untuk menggugah rasa kecintaan terhadap tanah air.

“Saya berterimakasih kepada para bupati yang hadir pada kegiatan hari ini. Pencanangan pembagian 10 juta bendera ini saya memilih sendiri untuk menghadiri acara seremonialnya di Papua,” tukasnya.

Dukung Gerakan Ini, Pemda Mappi Sudah Bagikan 2000 Bendera Merah Putih Kepada Masyarakatnya

Namun perlu diketahui, bahwa sebelum pencanganan 10 juta bendera ini diresmikan oleh Mendagri Tito Karnavian di Merauke, Pemda Mappi terlebih dahulu melakukan pencanangan serupa bagi masyarakatnya.

 

Penjabat Bupati Mappi, Michael R Gomar bersama rombongan saat melakukan konvoi ke empat kampung untuk membagikan 2000 bendera kepada masyarakat, Minggu (7/8/2022)

Pada Minggu (7/8/2022), dengan menempuh jarak 20 kilometer, PJ Bupati Asmat bersama jajarannya, forkompinda, IMI dan organisasi lainnya menyusuri beberapa kampung untuk membagi 2000 bendera merah putih kepada masyarakat.

Hal ini dilakukan guna membangkitkan semangat dan rasa nasionalisme masyarakat Mappi agar semakin mencintai merah putih dan NKRI.

Dengan jarak tempuh yang cukup jauh bahkan kondisi jalan yang licin dan becek akibat hujan, tidak menyurutkan semangat orang nomor satu di Mappi bersama rombongan mendatangi 4 kampung menggunakan sepeda motor untuk membagikan 2000 bendera merah putih.

Empat kampung yang didatangi PJ Bupati Mappi bersama rombongan adalah Kampung Ima dan Kampung Agam Distrik Nambioman Bapai serta Kampung Soba dan Kampung Dagimon Distrik Obaa.

Kepada masyarakat PJ Bupati, Michael R. Gonar S.STP,M.Si menyampaikan bahwa touring konvoi merah putih dilakukan dalam rangka mendukung gerakan pembagian 10 juta bendera merah putih. Gerakan ini merupakan agenda nasional yang dikomandani oleh kementerian dalam negeri.

“Jadi dalam rangka menyongsong HUT RI ke-77 tahun ini, pemerintah pusat memerintahkan untuk membagikan 10 juta bendera merah putih. Dan untuk kita Kabupaten Mappi kita bagikan 2000 bendera,” ucapnya.

PJ Bupati Mappi meminta agar bendera yang telah dibagikan dipasang atau di tanam di depan rumah masing-masing warga.

“Kami ucapan terimakasih atas penyambutan luar biasa dari semua masyarakat. Penyerahan bendera merah putih ini dilakukan untuk semakin meningkatkan rasa cinta tanah air serta memupuk rasa solidaritas dan persaudaraan terutama kepada generasi penerus kita," ungkapnya saat itu. (Red)

Pasca Covid 19, Perekonomian Sulawesi Tenggara Mulai Membaik

Ilustrasi pertumbuhan ekonomi (Foto Google)

KENDARI, BM

Mulai terkendalinya pandemi Covid-19 di Indonesia membuat pertumbuhan ekonomi negara semakin membaik begitu juga dengan kondisi keuangan negara.

Hal ini juga secara langsung berdampak pada aktifitas masyarakat yang juga secara perlahan bangkit dari keterpurukan ekonomi setelah dua tahun lebih terkekang dalam badai covid-19.

Pemerintah sejauh ini terus berupaya menjaga daya tahan ekonomi Indonesia melalui instrumen fiskal serta mengoptimalkan peran APBN untuk pengendalian inflasi dan melindungi daya beli masyarakat serta menjaga momentum pemulihan ekonomi dengan tetap menjaga keberlanjutan fiskal jangka panjang.

Pemulihan ekonomi yang terjadi di awal tahun 2022 menjadi faktor kunci meningkatkan pendapatan negara.

Meningkatnya jumlah transaksi ekonomi ikut mengakselerasi penerimaan perpajakan dan non perpajakan di Indonesia.

Hal ini juga diperkuat dengan implementasi Undang-Undang tentang harmonisasi perpajakan, kenaikan beberapa harga komoditas, meningkatnya dividen Badan Usaha Milik Negara (BUMN), dan juga meningkatnya pendapatan pada berbagai jenis layanan oleh Badan Layanan Umum (BLU).

Menurut data keuangan Kanwil DJPb Provinsi Sulawesi Tenggara realisasi pendapatan negara semester I cukup baik yakni Pendapatan APBN 2022 memiliki pagu Rp3,53 triliun.

Sepanjang paruh pertama 2022, telah terealisasi pendapatan senilai Rp1,45 triliun atau 41,12 persen, meningkat sebesar 8,36 persen (YoY).

Pagu belanja pemerintah pusat (BPP) adalah senilai Rp6,7 triliun, yang sampai Juni 2022 ini telah terealisasi Rp2,8 triliun atau 41,86 persen, atau turun 18,35 persen dibanding semester pertama tahun 2021 (YoY).

Transfer ke daerah dan dana desa (TKDD) juga turun sebesar 0,82 persen dibanding periode yang sama tahun 2021, pagu sebesar Rp15,8 triliun baru terealisasi Rp7,7 triliun atau 48,89 perseb.

Diharapkan, kinerja APBN dan APBD pada semester II akan membaik untuk menjaga momentum pertumbuhan ekonomi Sulawesi Tenggara.

Pada bulan Juni 2022, Provinsi Sulawesi Tenggara mengalami deflasi sebesar 0,24 persen. Sementara itu, Neraca perdagangan bulan Juni 2022 mencatatkan surplus US$200,47 juta, meskipun di periode yang sama terjadi peningkatan nilai impor sebesar 39,39 persen.

Dalam rangka mengurangi dampak pandemi, pemerintah juga masih melanjutkan berbagai program penebalan perlindungan sosial.

Penyaluran PC-PEN sektor perlindungan masyarakat (PKH, BLT sembako, BLT dana desa, BLT minyak goreng, insentif tenaga kesehatan, dan klaim pasien COVID-19) sampai Juni 2022 terealisasi Rp809,4 miliar.

Dengan demikian diharapkan masyarakat dapat lebih mengetahui dan mengawal pelaksanaan APBN demi Sulawesi Tenggara dan Indonesia yang makin baik.

Membaiknya kinerja di paruh pertama tentu memberikan stimulus dan harapan terhadap kinerja APBN ke depan.

Dalam mengarungi ekonomi karena pandemi ini, pemerintah melakukan berbagai strategi dan adaptasi yaitu meningkatkan pengeluaran pemerintah (government expenditure) dan memberikan keringanan terhadap perpajakan.

Kondisi ini dimaksudkan untuk tetap menjaga perputaran ekonomi dan memulihkan perekonomian domestik dari hantaman pandemi.

Meskipun gelombang rintangan yang dihadapi oleh APBN begitu besar pada separuh awal tahun, pelaksanaan APBN 2022 tetap mampu berjalan dengan baik dan sesuai dengan arah kebijakan yang diharapkan.

Perjalanan APBN adalah faktor kunci dari kredibilitas pengelolaan keuangan negara di mata masyarakat.

Kinerja baik pada setengah perjalanan tahun ini tentu memberikan stimulus dan harapan terhadap kinerja positif APBN di periode berikutnya.

Kinerja yang baik pada paruh pertama ini tentu dapat memberikan suntikan energi positif untuk kembali melangkahkan kaki bersama menempuh separuh perjalanan lagi, serta mengantarkan APBN 2022 menuju garis akhir untuk kemenangan dan pemulihan ekonomi negeri ini.

Penulis : Paska Pakpahan, Kepala Seksi Supervisi Proses Bisnis Kanwil DJPb Provinsi Sulawesi Tenggara

500 Bendera Merah Putih Dikibarkan Di Kampung Banti Hingga Opitawak Sambut HUT Ke-77 RI

Terlihat personil gabungan TNI-Polri tengah memasang bendera Merah Putih dibantu beberapa warga

MIMIKA, BM

Menyogsong peringatan HUT Ke-77 Kemerdekaan RI Tahun 2022, ada hal berbeda dan meriah yang dilakukan oleh personil gabungan TNI Polri dan masyarakat Kampung Banti hingga Opitawak di Distrik Tembagapura.

Pada momen ini, mereka melakukan pemasangan 500 bendera merah putih yang dikibarkan di Kampung Banti hingga Opitawak.

Aksi cinta NKRI ini dipimpin langsung oleh Kapolsek dan Danramil Tembagapura.

"Kegiatan yang dilakukan ini guna menanamkan rasa nasionalisme dan rasa cinta kami kepada tanah air Indonesia," kata Kapolsek Tembagapura, Kapolsek Tembagapura AKP. Ahmad Dahlan.

Ia juga mengungkapkan bahwa situasional di wilayah kerjanya ini dalam keadaan aman dan damai. Aktifitas masyarakat juga berjalan sebagaimana biasanya.

Sementara itu, terkait dengan kemeriahan menyambut HUT Ke-77 tahun ini, Bupati Mimika, Eltinus Omaleng pada hari Jumat (29/7/2022) telah mengeluarkan surat edaran (SE) nomor yang Nomor: 003.1/486/2022 tentang Partisipasi Menyemarakkan Peringatan Hari Ulang Tahun ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia Tahun 2022.

Melalui SE tersebut, Bupati Omaleng mengajak masyarakat untuk ikut berpartisipasi menyambut semarak HUT Kemerdekaan RI sebagai wujud ekspresikan rasa cinta pada tanah air.

Hal utama yang disampaikan dalam surat edaran tersebut adalah masyarakat maupun seluruh instansi diwajibkan untuk mengibarkan bendera merah putih secara serentak di lingkungan masing-masing mulai tanggal 1 sampai dengan 31 Agustus 2022. (Ignas)

Top