Dukcapil Lakukan Pelayanan Jempol Adminduk di Atuka

Tim Dukcapil foto bersama anak-anak usai mencetak KIA di Atuka

MIMIKA, BM

Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Mimika, sejak Kamis (17/9) hingga Minggu (20/9) melakukan Pelayanan Jempol Adminduk di Atuka, Distrik Mimika Tengah.

Pelayanan adminduk sudah dapat dilakukan di Atuka karena daerah ini kini telah memiliki koneksi jaringan internet karena telah dibangun BTS yang merupakan bagian dari pengembangan Mimika sebagai smart city.

"Dulu jaringan putus-putus kami lakukan pelayanan secara offline. Sekarang di Atuka jaringan kencang, pelayanan adminduk bisa langsung online di tempat dan warga langsung bawah pulang dokumen mereka,"  ujar Kadis Dukcapil Mimika, Slamet Sutejo kepada BeritaMimika.

Slamet menjelaskan, dokumen adminduk warga yang langsung terlayani di Atuka diantaranya KTP elektronik, Kartu Keluarga, Akte Kelahiran, Akte Kematian dan Kartu ldentitas Anak (KIA) serta Surat Pindah penduduk antar kampung/distrik dalam wilayah Kabupaten Mimika.

"Masyarakat sangat berterimakasih kepada bupati dan wakil bupati karena mereka sangat puas dan bisa memiliki dokumen adminduk tanpa jauh-jauh ke Puspem," ungkapnya.

Slamet Sutejo menjelaskan, sudah dua hari di Atuka, antusiasme masyarakat sangat tinggi, hal ini terbukti tadi malam (kamis malam-red), pelayanan dilakukan hingga pukul 23.00 Wit.

"Kami sampai jam 11 malam. Itupun berhenti karena listrik PLN akan dimatikan pukul 00.00 Wit sebagaimana jadwal biasanya. Untuk pagi sampai dengan sore pukul 18.00 wit kami gunakan genset sendiri. Setelah pukul 18.00 Wit listrik PLN menyala dan kami bisa gunakan," ungkapnya.

Mantan Kabag Humas dan Protokoler Pemda Mimika ini menjelaskan, pada hari pertama Kamis kemarin, dokumen warga yang terlayani adalah 106 Akte Kelahiran, 38 Kartu Keluarga, 20 perekaman eKTP, pencetakan eKTP 81 dan 42 Kartu ldentitas Anak (KIA).

"Selanjutnya hari kedua Jumat ini, masyarakat dari kampung lebih banyak lagi yang datang dari kampung lainya seperti Timika Pantai, Kekwa dan Aikawapuka. Semua dapat kami layani," ujarnya.

Slamet menambahkan, pada tahun 2021 nanti Dukcapil Mimika beserta beberapa distrik di pedalaman dan pesisir yang sudah terkoneksi jaringan internet akan berkolaborasi dalam program PATEN (Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan/Distrik) khususnya di bidang kependudukan dan catatan sipil seperti yang sudah berjalan di Distrik Mimika Timur dan Mimika Baru.

"Ini semua merupakan perwujudan dari visi mewujudkan Mimika Cerdas, Aman, Damai dan Sejahtera. Kita melihat bahwa pelayanan seperti ini semakin mudah dirasakan masyarakat karena adanya program Mimika Smart City," terangnya kepada BM. (Ronald)

Top