Sekda Gomar Tiga Tahun Jadi Sepri Almarhum Wagub Klemen Tinal! Ini Kisahnya Mengenang Sang Motivator


Sekda Mimika, Michael R Gomar

MIMIKA, BM

Banyak yang mungkin tidak mengetahui bahwa Sekretaris Daerah Kabupaten Mimika, Michael R Gomar pernah diangkat menjadi Sekretaris Pribadinya (Sepri) Almarhum Wagub Klemen Tinal saat ia masih menjabat sebagai bupati Mimika.

Saat itu, Sekda Mimika Michael R Gomar menjabat sebagai Kepala Sub Bidang Pemerintahan di Bappeda Mimika. Ia kemudian diminta almarhum menjadi seprinya.

"Satu yang menjadi kebanggan saya secara pribadi kepada pak wagub adalah saya pernah dipanggil oleh beliau dan diminta bekerja sebagai sekretaris pribadinya. Selama kurang lebih tiga tahun saya bekerja langsung dengan beliau," ungkapnya kepada BM di Hangar Moses Kilangin.

Sebagai sekretaris pribadi, Gomar diminta menyiapkan segala hal yang berurusan dengan aturan protokol kedinasan, tugas kerja, administrasi hingga surat menyurat serta berbagai urusan lainnya.

"Secara pribadi saya begitu dekat dengan bapak dan ibu. Saya cukup mengenal beliau dan bapak begitu mempercayai saya dalam tugas itu, ujarnya.

Sekda Gomar mengisahkan, almarhum Wakil Gubernur Papua Klemen Tinal merupakan pribadi yang memiliki kecerdasan dan kemampuan merangkul semua kalangan.

Beliau dikenal sangat fleksibel dalam menjalankan tugasnya sebagai bupati Mimika. Ia juga sosok yang humanis, tidak membedah-bedakan orang, sangat komunikatif dan selalu berpikir positif.

Sekda Gomar mengatakan dirinya banyak mendapatkan wejangan dan motivasi dari almarhum selama mendampinginya. Wagub memintanya agar menjadi seorang ASN yang berkomitmen, disiplin, kerja keras dan bertanggungjawab.

"Semua pesan dari beliau membentuk saya hingga hari ini. Itu semua selalu menjadi motivasi bagi saya dalam bekerja," ungkapnya.

Terakhir kali Gomar bertemu Wagub Klemen Tinal terjadi pada April lalu. Sebagai Sekda Mimika, saat itu ia mendampingi Bupati Mimika Eltinus Omaleng ke Jayapura untuk urusan kedinasan.

"Beliau datang jemput dan ajak kami ke kediaman pribadi beliau di Koya. Di sana kami cerita banyak hal tentang Timika dan beliau mengajak kami bermain biliar bersama hampir 5 jam," kisahnya.

Pada pertemuan ini, Wakil Gubernur Klemen Tinal juga memberikan ucapan selamat kepada Gomar karena telah diangkat sebagai Sekda Mimika. Wagub memintanya untuk mendisiplinkan para ASN dan melakukan tertib administrasi.

"Bapak ucapkan selamat dan beliau katakan bangga karena saya pernah jadi seprinya. Bapak juga sampaikan pesan agar setia dalam tugas dan tanggungjawab ini terutama dalam membantu bupati dan wakil bupati Mimika," ungkapnya.

Ketika ditanyakan BM, apakah selama bekerja ia pernah dimarahi atau ditegur karena sebuah kesalahan? Gomar mengatakan hal tersebut tidak pernah dialaminya.

"Bapak tidak pernah tegur secara keras dan marah. Beliau lebih banyak candaan dan sangat fleksibel dalam melaksanakan tugas. Bapak baik kepada siapa saja entah ASN maupun masyarakat. Beliau kerja tidak mengenal waktu sehingga sering kami dampingi sampai jam 3-4 pagi," terangnya. (Ronald)

Top