Bupati Diminta Segera Lakukan Pelantikan

Wakil Ketua Komisi C DPRD Mimika Martinus Walilo (Foto: Rafael/BM)

MIMIKA, BM

Pengadilan Tata Usaha Negara Jayapura (PTUN Jayapura) telah membatalkan Keputusan Bupati Mimika Nomor 148 Tahun 2020 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Kepala Kampung pada distrik di Kabupaten Mimika Periode 2019-2025.

Berdasarkan putusan PTUN Nomor 19/G/2020 ini maka Wakil Ketua Komisi C DPRD Mimika, Martinus Walilo meminta Bupati Mimika Eltinus Omaleng agar segera menindaklanjuti putusan tersebut.

"Kami harap bupati tindaklanjuti putusan PTUN Jayapura dengan segera melantik 9 kepala kampung karena merekalah yang memenuhi syarat," ujarnya Martinus di kantor DPRD Mimika, Senin (23/11).

Menurutnya, hasil putusan PTUN Jayapura mengabulkan gugatan tersebut karena mendasari proses pemilihan yang dipilih oleh rakyat sesuai mekanisme yang ada.

Ia meminta bupati agar tidak melihat persoalan politik masa lalu sebagai alasan tidak melantik 9 kepala kampung yang menang dalam gugatan ini.

"9 kepala kampung ini memenuhi syarat dari sisi aturan karena dipilih secara langsung oleh masyarakat dan sudah diuji sesuai mekanisme pemilihan yang ada. Tapi mereka diganti karena pilkada lalu tidak dukung bupati. Agar proses pembangunan di kampung dapat berjalan baik maka 9 kepala kampung ini harus segera dilantik sesuai putusan PTUN Jayapura," ungkapnya.

Adapun 9 kepala kampung tersebut yakni Kepala Kampung Tunas Matoa Eduard Yikwa, Kepala Kampung Walani Kanditer Wakerkwa, Kepala Kampung Olaroa Thomas Kum dan Kepala Kampung Damai Perius Murib.

Selain itu, Kepala Kampung Bintang 5 Kiwe Wenda, Kepala Kampung Noselanop John Magal, Kepala Kampung Jongkogoma John Beanal, Kampung Utikini 2 Yokinus Murib dan Kepala Kampung Wangirja Alkius Kiwak. (Rafael)

Top