Diskominfo Mimika Gelar Seminar Data Statistik Sektoral

Foto bersama perwakilan OPD dengan pemateri

MIMIKA, BM

Guna mensinkronkan data di Kabupaten Mimika, Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Mimika menggelar seminar data statistik sektoral.

Kegiatan ini dibuka oleh Staf Ahli Setda Mimika, Paskalis Kirwelakubun di Hotel Grand Tembaga, Senin (23/11).

"Masyarakat kita dapat belajar dan mengetahui dari apa yang terjadi di daerah lain. Hal-hal yang positif tentang penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan sehingga tidak mustahil masyarakat menuntut agar kemajuan itu dapat segera diterapkan dan diwujudkan di Kabupaten Mimika yang kita cintai ini,"tutur Paskalis.

Ia mengatakan, statistik merupakan bagian dari sektor yang harus menjadi prioritas dalam upaya pengentasan kemiskinan.

"Kebutuhan data statistik mutlak diperlukan dalam penyusunan suatu rencana kegiatan termasuk program pembangunan. Tanpa sajian data yang akurat pelaksanaan pembangunan tidak akan mencapai sasaran yang diharapkan dan bahkan menghadapi berbagai hambatan yang serius,"tutur Paskalis.

Paskalis berharap agar penerbitan publikasi data statistik sektoral Kabupaten Mimika tahun 2020 menyajikan informasi lintas sektor sehingga diharapkan dapat memenuhi kebutuhan tersebut.

Menurutnya ini merupakan upaya positif yang berguna sebagai dasar untuk membuat kebijakan dan menyusun perencanaan di berbagai bidang pembangunan.

Data statistik yang disajikan secara lengkap akan diperoleh gambaran representative mengenai sejauh mana kemajuan pembangunan di Mimika.

Dijelaskan, bahwa seminar data statistik sektoral Kabupaten Mimika tahun 2020 merupakan komplikasi data sektoral yang berasal dAri OPD, instansi vertikal dan BUMN dan BUMD.

Diharapkan agar data beserta informasi yang disajikan dapat memberikan gambaran bagi peserta mengenai berbagai perubahan yang terjadi di setiap sektor kehidupan sehingga dapat digunakan sebagai acuan untuk pembuatan kebijakan dan perencanaan pembangunan.

"Semoga kehadiran buku ini dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh semua pihak sehingga pelaksanaan pembangunan di Kabupaten Mimika tepat sasaran dan pada akhirnya membawa kesejahteraan bagi masyarakat luas,"harapnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Samuel Mote dalam laporannya menyampaikan, narasumber berasal dari tenaga akademis yakni Universitas Sain dan Teknologi Jayapura (USTJ) sebagai ketua pusat pengembangan teknologi informasi komunikasi serta dari BPS Mimika sebagai pembina data.

"Sosialisasi ini sangat penting karena berkaitan dengan Peraturan Presiden nomor 39 tahun 2019 tentang satu data Indonesia (SDI) yang berkaitan dengan penyelenggaraan tata kelola data informasi statistik sektoral,"ujarnya.

Sebelumnya, penyelenggaraan statistik sektoral dilaksanakan oleh tiap OPD namun tidak terakomodir dengan baik, namun dengan adanya Perpres tersebut, maka peran Diskominfo menjadi sangat penting.

"Data statistik sektoral adalah kegiatan yang meliputi upaya penyediaan dan penyebarluasan data, pengembangan ilmu statistik serta upaya pengembangan sistem statistik nasional dalam satu data Indonesia. Mari kita bersama-sama bergandengan tangan untuk membangun negeri inihususnya di tanah Amungme dan Kamoro ini melalui data yang akurat," harapnya. (Shanty)

Top