Stok Blangko E-KTP Aman Hingga 2021

Kadisdukcapil Mimika, Slamet Sutejo 

MIMIKA, BM

Jumlah blangko e-KTP di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispencapil) Mimika
masih dapat memenuhi kebutuhan pencetakan bagi masyarakat hingga tahun 2021.

Ketersediaan blangko e-KTP ini masih sebanyak 13.000 keping, sehingga dalam pelayanan perekaman e-KTP dapat langsung dicetak walau disesuaikan dengan koneksi jarigan.

Kepala Dinas Disdukcapil Mimika, Slamet Sutejo saat diwawancarai mengaku bahwa stok blangko e-KTP aman sampai tahun 2021.

Jumlah blangko e-KTP yang dimiliki sebelumnya adalah sebanyak 7.000 keping, pihaknya kemudian meminta lagi ke Kemendagri sebanyak 6.000 keping dan sudah diterima.

"Jumlah blangko e-KTP saat ini sebanyak 13.000 keping. Ini sangat terpenuhi jadi masyarakat tidak perlu khawatir," tuturnya.

Slamet berpesan agar masyarakat Mimika yang ingin mencetak ulang e-KTP karena hilang, rusak atau ingin mengganti alamat dan status serta hal lainnya langsung dapat mengurusnya.

Selain mendatangi kantor secara langsung, proses ini juga terlayani melalui layanan online Orlando.

"Di kantor kami rutin lakukan pelayanan tatap muka karena perekaman KTP tidak bisa melalui daring, karena megang jari orang dan merekam mata orang," ujarnya.

Slamet juga menjelaskan kepada BeritaMimika terkait penggunaan mesin Anjungan Dukcapil Mimika (ADM) yang diluncurkan pada Oktober lalu.

"Sejak diluncurkan mesin ADM selama ini kita fungsikan. Saat ini baru ada satu mesin saja jadi kita gunakan di Kantor Pusat Pemerintahan. Karena untuk diletakkan di tempat umum dibutuhkan tempat yang aman dan representatif agar masyarakat tidak bingung nanti antara mesin ADM dan ATM," ucap Slamet.

Slamet juga menjelaskan, sebelumnya pelayanan pembuatan dokumen kependudukan melalui Orlando selalu dicetak di loket. Namun dengan adanya mesin ADM ini maka sebagian besar sudah alihkan pencetakannya melalui mesin ADM.

"Ini sebagai pembelajaran kepada masyarakat sebelum nantinya mesin ADM diletakkan di tempat umum,"ungkapnya. (Shanty)

Top