Jelang UNBK, PLN Jamin Keamanan Listrik

Manager PLN UP3 Timika

MIMIKA,BM

PLN UP3 Timika berkomitmen terus menjaga keandalan dan keamanan listrik jelang pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) baik tingkat SMA/SMK maupun SMP yang akan dilaksanakan tanggal 16 Maret 2020 mendatang.

"Kesiapan PLN dalam rangka persiapan UNBK itu kami sudah diinstruksikan dari Kanwil Papua untuk mendukung pelaksanaan UNBK di Mimika. Kami sudah koordinasikan dengan bagian jaringan agar sekolah-sekolah yang melaksanakan UNBK jadi prioritas, berarti harus di jaga," tutur Manager PLN UP3 Timika, Hotman Ambarita saat diwawancarai di ruang kerjanya.

Hotman mengatakan, walau pemeliharaan atau penguatan jaringan terus dilakukan oleh PLN, namun ketika ada pekerjaan di areal yang selenggarakan UNBK maka proses pemeliharaan di wilayah itu akan ditunda.

Katanya, dalam menjaga kestabilan jaringan, sejauh ini pelaksanaan simulasi maupun ujian sekolah berjalan baik dan tidak ada complain.

"Pemeliharaan dan penguatan jaringan tetap kami lakukan dan apabila lokasi UNBK terkena jadwal pemeliharaan jaringan maka kami akan pindahkan ke wilayah yang tidak ada pelaksanaan UNBK. Sebelum hari H kami akan melakukan rapat intern dan membuat SOP. Karena jika ada kegiatan seperti ini kami harus buat SOP supaya pelaksanaannya lancar,"ujarnya.

Diakuinya, bahwa ada sebagian sekolah yang secara resmi telah menyurat ke PLN termasuk dari Dinas Pendidikan. Mereka meminta agar PLN mensuport pelaksanaan UNBK dengan memperhatikan kestabilan jaringan listrik.

"Jadi kami optimis bahwa sistem kelistrikan aman semua, tidak ada gangguan apapun dan saat pelaksaan UNBK pun kami pastikan akan aman dan berjalan lancar hingga selesai," ungkapnya. (Shanty)

Top