Pemilihan Putra Putri Pariwisata Mimika Kembali Digelar

MIMIKABM

Dinas Pariwisata Kebudayaan Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kabupaten Mimika kembali menggelar pemilihan putra dan putri Pariwisata guna menjadi duta pariwisata Mimika 2019. 20 peserta (10 pasangan) mengikuti pembekalan di Hotel Timika Raya Selasa (28/5) sebelum dilaksanakan kompetensi pemilihan besok Rabu (29/5).

Peserta tersebut berasal dari lima sekolah dan lima umum. Lima sekolah tersebut yakni SMAN 1 Mimika, SMK Petra, SMA Santa Maria, SMK Tunas Bangsa dan SMA Tiga Raja. Sementara untuk umum yakni dari luar sekolah yang memiliki potensi dan usia berkisar 17-25 tahun.

Nara sumber Siprianus madur S.Pd mengatakan sebelum ajang pemilihan putra putri pariwisata digelar, para peserta dibekali terlebih dahulu dikarenakan kebanyakan para peserta dari sekolah umum dan bukan sekolah pariwisata sehingga kurang pengetahuan tentang pariwisata.

"Hari ini peserta mendapat pembekalan pengetahuan tentang pariwisata, definisi pariwisata dan bagaimana mengembangkan potensi pariwisata yang ada di Kabupaten Mimika. Selain itu mereka juga dapat pembekalan tentang unsur-unsur sapta pesona dan memperdalam kemampuan bahasa Inggris sehingga diharapakan peserta dapat membuat suatu perubahan dan mempromosikan pariwisata yang ada di Mimika," katanya.

Sementara itu, Kepala Bidang Pariwisata Mimika Ir. Wesley Simanungkalit mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk memilih dan mencari putra putri Mimika yang berpotensi untuk dapat melestarikan dan mempromosikan seni budaya pariwisata yang dimiliki Kabupaten Mimika secara aktif baik dalam lingkup kabupaten, provinsi maupun nasional.

"Pemenangnya nanti akan mewakili Kabupaten Mimika untuk mengikuti pemilihan putra putri pariwisata di tingkat provinsi bulan Juni nanti di Boven Digoel. Selain itu juga kami memberi ruang kepada pemuda dan remaja yang memiliki potensi dan bakat untuk membangun dunia kepariwisataan di Mimika," katanya.

Peserta yang keluar sebagai pemenang putra putri pariwisata Mimika, Wesley berharap agar dapat memberikan kecintaannya akan dunia pariwisata dan mampu menepis image Mimika kota tidak aman. Selain itu, mereka diharapkan mampu melestarikan adat istiadat, seni dan budaya Kabupaten Mimika khususnya Amungme dan Kamoro.

Dikatakan, untuk putra putri pariwisata terpilih di 2018 lalu tidak jadi diikutsertakan ke ajang tingkat provinsi dikarenakan keterbatasan anggaran. Namun untuk tahun ini Wesley menjamin putra putri yang terpilih di 2019 akan mengikuti ke ajang pemilihan putra putri Pariwisata tingkat provinsi.

"Tahun lalu anggaran terbatas jadi cukup di Kabupaten saja tapi tahun ini ada perbaikan anggarannya jadi cukup untuk ke tingkat provinsi. Kalau menang di provinsi menjadi tanggungjawab provinsi untuk dibawa ke tingkat nasional. Sudah didaftarkan pesertanya," tegasnya. (Elf)

Top