60 Aparatur Kampung Ikuti Sosialisasi Riset Kesehatan Dasar


 Manajer External Corporate Communication PT Freeport Indonesia Kerry Yarangga saat menyampaikan arahan pada giat Riskesdas

MIMIKA, BM

Sebanyak 60 peserta yang terdiri dari kepala kampung, ketua RT, aparat kelurahan, aparat kampung dan aparat puskesmas mengikuti sosialisasi Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas).

Pelaksanakan Ridkesdas Kabupaten Mimika tahun 2021 oleh Pemerintah Kabupaten Mimika melalui Dinas Kesehatan bersama PT Freeport Indonesia (PTFI) berlangsung di Hotel Horison Diana pada Jumat (29/10) lalu.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Mimika Reynold Rizal Ubra dalam sambutan yang dibacakan oleh Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Mimika, Marselino Mameyau mengatakan, sosialisasi ini secara khusus ditujukan kepada kepala desa dari 19 kampung.

Menurutnya, sosialisasi ini penting untuk memberikan penjelasan tentang tujuan Riset Kesehatan Dasar dan peran serta para aparat kampung untuk mendukung terselenggaranya survey di lapangan.

Riset Kesehatan Dasar yang akan dilaksanakan di Kabupaten Mimika, 31 kampung dari 18 distrik terpilih yang menjadi sampel dalam pengambilan data riset yang memiliki orang asli Papua (OAP).

"Untuk itu saya meminta kepada seluruh pihak terkait agar dapat dan saling mendukung dalam pelaksanaan kegiatan ini,” tuturnya.

Ia menjelaskan, dengan adanya data dan informasi dari hasil Riskesdas, nantinya perencanaan dan perumusan kebijakan kesehatan serta intervensi yang dilaksanakan akan semakin terarah, efektif dan efisien.

"Saya minta agar segenap pengelola dan pelaksana pembangunan kesehatan memanfaatkan data dan informasi yang dihasilkan Riskedas dalam merumuskan kebijakan dan mengembangkan program kesehatan, demi terwujudnya derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya serta terwujudnya masyarakat Mimika cerdas, aman, damai, dan sejahtera,”jelasnya.

Menurutnya, peran dan dukungan para Kepala Kampung dan Tokoh Agama sangat penting dalam mendukung upaya menyempurnakan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi kinerja Pembangunan kesehatan 5 tahun kedepan di Kabupaten Mimika.

Semoga dalam pelaksanaan Riset merupakan Langkah positif serta dapat memberikan terobosan terbaru di Provinsi Papua khususnya Kabupaten Mimika.

"Ucapan terima kasih dan apresiasi saya sampaikan kepada pihak Freeport, Dinas Kesehatan Kabupaten Mimika serta semua pihak yang terlibat dalam Riskesdas tahun 2021 ini,”ungkapnya. (Shanty)

Top