Satu Bayi Meninggal Dunia karena Covid-19

Tim Satgas Covid-19 Mimika saat meminta warga Mimika mematuhi protokol kesehatan, tahun lalu

MIMIKA, BM

Salah satu bayi yang baru berusia 19 hari meninggal dunia di RSUD Mimika pada tanggal 20 Juli karena mengalami Covid-19.

Menurut penjelasan dr Anton Pasulu, Direktur RSUD Mimika kepada BeritaMimika tadi malam, Kamis (22/7), bayi tersebut meninggal setelah 6 hari di rawat di RSUD.

"Ia info itu benar. Bayi itu baru berusia 19 hari dan meninggal karena covid. Saat masuk ke RSUD sudah dalam keadaan kritis," ungkapnya.

Dokter Anton juga mengatakan sejak tanggal 1 Juli 2021 hingga 20 Juli, sudah ada 57 anak di Mimika yang terpapar covid-19.

Dari jumlah tersebut, yang dirawat ada 6 anak, 3 sudah kembali dan 1 meninggal sementara 2 anak usia 2 bulan dan 15 tahun saat ini tengah dalam perawatan di RSUD.

"Sementara yang lainnya sedang isolasi mandiri di rumah masing-masing," ungkapnya.

Kepada warga Mimika, dr Anton berharap agar semua masyarakat tetap menyadari bahwa covid itu ada dan sangat berbahaya.

Keberadaan covid sangat mengancam setiap orang yang ada disekitar kita baik anak, orangtua, saudara, kerabat maupun siapa saja.

"Virus Covid-19 ini begitu cepat bermutasi, penyebarannya begitu cepat, daya tular dan infeksinya begitu kuat sehingga anak-anak saja yang selama ini kita ketahui punya daya tahan tubuh yang kuat sudah dapat terinfeksi berat," paparnya.

Di bulan Juli ini telah terjadi lonjakan kasus kritis hingga 6x lipat dari bulan sebelumnya. Dalam 1 minggu terakhir, terdapat rata-rata 3 kasus kematian.

"Kami sangat sedih tidak bisa berbuat banyak dan menolong nyawa-nyawa tersebut. Muda-mudahan kondisi ini bisa segera pulih agar kita dapat beraktifitas dengan normal kembali," ujarnya.

Dalam menghadapi pandemi ini, ia meminta semua masyarakat untuk bersatu melawan covid dengan mengikuti anjuran pemerintah yakni menerapkan 5 M.

Anjuran pemerintah 5 M adalah memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan, menghindari kerumunan dan mengurangi mobilitas.

"Yang ingin bepergian ke luar kota sebaiknya ditunda dulu dan yang belum vaksin segera lakukan vaksinasi. Ini semua demi kebaikan kita bersama. Semua harus bersatu dan memahami masalah covid ini. Jangan sampai kondisi saat ini terus-menerus terjadi, kita tidak bisa terus berada dalam situasi seperti ini," harapnya kepada warga Mimika. (Ronald)

Top