Polisi Dapati Tempat Penyimpanan Petasan Tidak Safety, Sangat Berbahaya Jika Terbakar

Polisi saat melakukan pemeriksaan di salah satu agen di Jalan  Hasanuddin 

MIMIKA, BM

Kepolisian Sektor (Polsek) Mimika Baru mendapati tempat penyimpanan petasan dan kembang api tidaklah safety di salah satu agen yang beralamat di Jalan Hasanudin.

Dinilai kurang safety karena petasan maupun kembang api yang adalah bahan peledak itu tidak pantas disimpan dalam toko yang juga menjual stiker dan wallpaper dinding.

Selain itu diketahui juga bahwa tempat penyimpanan tersebut sangat berdekatan atau berdampingan dengan toko-toko lainnya.

Kedatangan anggota Polsek Mimika Baru ke salah satu agen tersebut untuk dimintai klarifikasi terkait pendistribusian petasan dan kembang api kepada pengecer.

Hal ini berkaitan dengan belum adanya surat ijin yang dikeluarkan baik dari Polres maupun dari Polda.

Hary, yang adalah agen tersebut mengakuinya dan siap memberikan klarifikasi di Kantor Polsek Mimika Baru terkait petasan dan kembang api yang disita dari tangan empat orang yang diamankan di Jalan Bhayangkara.

"Saya akan datang untuk berikan klarifikasi, dan untuk surat izinnya itu memang lagi diurus," ungkapnya dihadapan anggota Polsek Mimika Baru yakni Kanit Intelkam, Ipda I Putu Dhyana dan Kanit Reskrim, Ipda Yusran.

Terkait dengan belum adanya ijin resmi, Kanit Intelkam Polsek, Ipda I Putu Dhyana menegaskan agat tidak boleh menjual lagi kepada pengecer lainnya.

"Jadi kita minta agennya ini untuk datang ke Polsek berikan klarifikasi apakah benar atau tidak petasan dan kembang api yang kita sita itu merupakan barang yang dibeli dari sini. Jadi kami tegaskan untuk saat ini tidak boleh jual ke pengecer lainnya lagi," tegasnya.

Ditambahkan Kanit Reskrim Polsek, Ipda Yusran bahwa jika dilihat dari sisi hukum maka sudah jelas melanggar karena tidak memiliki surat izin.

"Karena kita di reskrim itu bicara terkait pidananya. Dan untuk tempat penyimpanan barang-barang ini kita nilai kurang safety. Harus disimpan disalah satu gudang yang jauh dari pemukiman warga, karena ini mudah terbakar. Selain itu juga harus ada alat untuk memadamkan api," ungkapnya.

Kedatangan anggota Polsek Mimika Baru ke tempat agen tersebut dilakukan setelah sebelumnya mereka berhasil melakukan sitaan berbagai jenis petasan dan kembang api dari tangan empat pengecer di Jalan Bhayangkara, Selasa (7/12) siang. (Ignas)

Top