Belum Punya Surat Izin, Polisi Sita Berbagai Jenis Petasan dan Kembang Api

Inilah sejumlah petasan dan kembang api yang diamankan di Polsek Mimika Baru

MIMIKA, BM

Dinilai melanggar karena belum memiliki surat izin untuk menjual petasan dan kembang api, Kepolisian Sektor (Polsek) Mimika Baru menyita berbagai jenis petasan dan kembang api dari empat orang yang sedang berjual di Jalan Bhayangkara, Selasa (7/12) siang.

"Jadi kita melakukan razia atau sweping terhadap penjual petasan ini, karena sampai saat ini belum ada surat izinnya atau masih dikatakan ilegal," ungkap Kapolsek Mimika Baru melalui Kanit Intelkam, Ipda I Putu Dhyana.

Menurutnya, razia dilakukan atas perintah Kapolres. Razia dilakukan guna mengantisipasi terjadinya gangguan kamtibmas yang diakibatkan oleh bebunyian atau ledakan dari petasan maupun kembang api.

"Tadi kami sudah sisir diseputaran kota dan hanya dapatkan mereka empat orang saja yang berjualan di Jalan Bhayangkara," ujar I Putu.

Terkait dengan surat izinnya, kata I Putu proses izin pengawasan itu dari Polda dan Polres karena mengandung bahan ledak.

"Untuk ke empat orang ini kita hanya berikan pemahaman dan arahan terkait ini, sehingga tidak terkesan dikatakan ilegal. Jadi bukan hanya ini saja, tadi yang bermain mercun pakai spritus juga kita amankan dan berikan pemahaman dan arahan, karena yang paling banyak main itu anak-anak,"katanya. (Ignas)

Top