Jika Tidak Sering Kabur Dari Penjara, Tahanan Ini Seharusnya Sudah Bebas

 

Tampak belakang, ME ketika digiring oleh anggota Polsuspas dari Polsek Mimika Baru

MIMIKA, BM

ME, salah seorang tahanan Lapas Kelas II B Timika yang terjerat kasus UU ITE akhirnya dijemput Polisi Khusus Pemasyarakatan (Polsuspas) di Polsek Mimika Baru, Jumat (26/11).

ME merupakan salah satu tahanan Lapas dari tahun 2017 yang divonis menjalani masa tahanan selama 5 tahun.

Ia dijemput Polsuspas untuk dibawa kembali ke Lapas Kelas II B setelah berhasil ditangkap pihak Kepolisian Mimika yang kemudian dititipkan sementara dalam tahanan Polsek Mimika Baru.

"Saya belum pastikan dia (ME) ditangkap kapan dan dimana, yang tangkap dia (ME) itu dari Polres Mimika sehingga hari ini kami jemput untuk bawa ke Lapas," ungkap Kepala Kesatuan Pengamanan Lembaga Pemasyarakatan (KPLP) Munir Kossah saat ditemui di Kantor Polsek Mimika Baru.

ME diketahui kabur ketika dipercaya sebagai petugas kebersihan bagian luar alias menjadi tahanan pendamping (tamping). Pasalnya waktu itu ME adalah warga binaan yang berkelakuan baik.

"Waktu itu dia divonis 5 tahun, dan saat kabur itu baru menjalani masa tahanan beberapa bulan saja atau belum sampai satu tahun. Sejak kabur dari tahun 2017, dia sempat ditangkap dua atau tiga tahun lalu tapi berhasil kabur lagi," kata Munir.

Menurut Munir, seharusnya saat ini ME sudah bebas jika waktu itu tidak kabur. Namun sekarang kembali tertangkap maka harus jalani sisa pidanya.

"Tuntutannya tetap sama dan nanti dihitung kembali berapa lama dia di luar, sisanya itu dia jalani kembali," ujarnya. (Ignas)

Top