Hadir di Mimika, Ramayana Jadi Pionir Fashion dengan Harga yang Layak, Murah dan Berkualitas

Direktur Operasional Ramayana, Halomoan Hutabarat (tengah) didampingi Kepala Divisi Promosi Ramayana Eko Suprihadi (kanan) dan PIC Grand Opening Ramayana Yudhy Setiawan (kiri) saat diwawancarai BeritaMimika, Selasa (29/11/2022)

MIMIKA, BM

Ramayana Dept. Store kini telah hadir di Mimika dan diagendakan pada Sabtu (3/11/2022) nanti akan dilakukan Grand Opening dengan penawaran diskon beragam bahkan hingga 70 persen.

Keberadaan Ramayana di Mimika diharapkan dapat berdampak pada alternative harga karena selama ini warga Mimika sulit menemukan keberagaman harga barang karena secara sentral pasar ini dimonopoli secara tunggal oleh 1-2 mall/swalayan saja.

Kepada BeritaMimika, Direktur Operasional Ramayana, Halomoan Hutabarat mengatakan ada beberapa hal yang Ramayana tawarkan kepada warga Mimika sehinga dapat menjadi tempat alternative baru untuk berbelanja.

"Ramayana akan menawarkan lebih komplit kategori pakaian baik pakaian pria, wanita maupun anak-anak, sepatu dan supermarket serta permainan anak (Zone 2000). Masyarakat nanti bisa lihat bahwa semua brand nasional ada di sini," ungkapnya di Resto 66.

"Harga yang kami tawarkan juga cukup layak, murah dan berkualitas. Ini yang kami tawarkan untuk masyarakat Mimika," sambungnya didampingi Kepala Divisi Promosi Ramayana, Eko Suprihadi dan PIC Grand Opening Ramayana Yudhy Setiawan.

Hutabarat menjelaskan, kesiapan saat ini untuk Grand Opening nanti sudah mencapai 90 persen karena menyisahkan finishing dan perapihan. Sejauh ini equipment, interior serta barang sudah ready di Timika.

"Karena barang-barang yang kita kirim dari Jakarta semuanya sesuai schedule sehingga tinggal finishing saja," ujarnya.

Keberaraan Ramayana di Mimika berdampak pada tersedianya lapangan pekerjaan karena sebanyak 150-160 karyawan merupakan warga Mimika.

Bahkan guna mempercepat proses transfer knowlodge kepada karyawan Ramayana di Mimika, manajemen Ramaya mendatangkan 40 karyawan mereka dari berbagai daerah.

"Target kami 3 bulan, paling lambat setengah tahun transfer konwledge ini selesai. Kami datangkan 40 karyawan dari luar baik Jayapura, Sorong, Ambon maupun Makassar untuk datang membantu mempercepat pembelajaran bagi karyawan baru," ungkapnya.

Ia menyebutkan bahwa untuk wilayah Jawa dan Sumatra proses training atau transfer knowledge biasanya dilakukan secara terpusat sehingga biasanya sebelum 3 bulan karyawan baru sudah mandiri.

"Di pulau lain pebih cepat karena rekrut, kita training, mereka sudah langsung belajar dengan toko yang sudah beroperasi jadi lebih cepat. Kalau di Timika kami yang kirim trainer ke sini," ujarnya.

Secara keseluruhan di Papua, Timika merupakan kota ketiga karena sebelumya Ramayan juga telah hadir di Abepura Jayapura dan Kota Sorong.

"Dalam pandangan kami, animo masyarakat di Papua cukup bagus. Mereka menerima kehadiran kami. Kami hadir di Mimika karena Ramayana merupakan brand nasional sehingga harapan kita bisa hadir di semua daerah. Apalagi di Timika belum ada sehingga kita punya kesempatan itu," ungkapnya.

Hutabarat juga menyampaikan bahwa kehadiran Ramayan di Mimika tidak serta melupakan keberadaan UMKM. Mereka bahkan mengandeng dan menyiapkan 8 outlet khusus untuk UMKM di Timika.

"Setelah komunikasi dengan pejabat pemda dan owner Pt Cenderwasih 66, Pak Bram Raweyai, maka konsep ini kita gunakan di Mimika dengan melibatkan UMKM untuk hadir bersama kami. Kami siapkan 8 stand dan berharap mereka juga bisa berkembang dengan keberadaan kita," harapnya.

Sementara itu, Kepala Divisi Promosi Ramayana, Eko Suprihadi mengatakan agar semakin familiar di Mimika, Ramayana melakukan beberapa promosi agar menarik minat masyarakat.

"Untuk memperkenalkan kita ke warga, ada harga-harga kejutan berupa promosi. Dan garansi yang kita sebarkan ke masyarakat adalah bahwa ada beberapa item di supermaerket pasti lebih murah. Kalau mahal, uang kembali," jelasnya.

Dikatakan, sebagai pengikat sekaligus memberikan kemudahan serta komisi harga kepada masyarakat, Ramayana juga memberlakukan member card bagi warga Mimika yang ingin berbelanja di Ramayana.

"Yang kita andalkan betul-betul adalah member. Member adalah pelanggan tetap kita yang secara terus menerus akan memikmati program kita yang menguntungkan, lebih ekonomis dan lebih murah bagi," ujarnya.

"Ketika kami lakukan promosi di semua daerah termasuk di Papua, animo orang untuk datang pasti bahasanya murah. Kita selalu punya barang dengan garansi lebih murah. Nanti bisa dibandingkan dengan yang lain," ungkapnya.

Selain itu, bentuk promosi yang selama ini melekat dan menjadi konsep dasar Ramayana dimanapun adalah fashion. Dengan demikian Ramayana akan menjadi pioner fashion di Mimika.

"Jadi nantinya tidak usah jauh-jauh ke daerah lain untuk belanja. Di sini Ramayana ada dan terjangkau. Kehadiran Ramayana di Timika juga memiliki arti yakni lebih mendekatkan yang jauh," ungkapnya. (Ronald Renwarin)

BERITA EKONOMI & PEMBANGUNAN

Hotel Horison Ultima Timika Hadirkan Promo di Bulan Februari

Ekonomi dan Pembangunan 2023-02-03 13:48:00

Dishub Mimika Gunakan Rp27 Miliar Tahun Ini Untuk Lanjutkan

Ekonomi dan Pembangunan 2023-02-01 08:13:58

Arus Balik: 1700 Orang Masuk Timika, Lebih Rendah Dari Yang Keluar

Ekonomi dan Pembangunan 2023-02-01 07:21:08

Pelabuhan MAF di Kota Kepi Rampung Dikerjakan

Ekonomi dan Pembangunan 2023-01-31 10:18:18

Tahun 2023 Target Penerimaan KPP Pratama Timika Rp3,978 triliun

Ekonomi dan Pembangunan 2023-01-30 08:12:55

Top