Selangkah Semakin Maju, Diskominfo Bakal Tambah PAD Melalui Sektor Retribusi Videotron

Videotron milik Pemda Mimika di ex Pasar Swadaya

MIMIKA, BM

Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Mimika akan memanfaatkan keberadaan media videotron yang tersebar di beberapa jalan strategis di Kota Timika untuk menambah Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Saat ini, Pemda Mimika melalui Dinas Kominfo telah memiliki empat unit videotron yang berguna sebagai media publikasi kepada masyarakat.

Kepala Diskominfo Mimika, Hilar Limbong Allo saat ditemui di Hotel Grand Tembaga, Selasa (2/8/2022) mengatakan potensi pendapatan daerah dari pemanfaatan videotron dan menara telekomunikasi ini bakal dimaksimalkan guna membantu meningkatkan PAD Kabupaten Mimika.

"Kami sudah buat Peraturan Bupati (Perbup) tentang retribusi videotron. Tinggal tunggu di sahkan saja dan ini tahun juga kita akan laksanakan retribusi periklanan di videotron dan retribusi untuk BTS yang ada di Mimika," kata Hilar.

Dijelaskan, untuk iklan yang akan di pasang di videotron pihaknya sudah menentukan tarifnya. Selain itu, Diskominfo juga tengah menyiapkan struktural organisasinya.

"Kami punya ada 4 videotron. Ada di pasar sentral, eks pasar swadaya, Pusat Pemerintahan dan Eme Neme Yauware. Hanya saja di Eme Neme Yauware perlu diperbaiki karena sudah cukup lama. Sebelum kami menawarkan kepada yang ingin beriklan kami akan perbaiki dahulu video tron yang ada. Sementara, untuk jaringan wifi kami sudah kerja sama dengan Lintas Arta," ujarnya.

Walau ada empat videotron namun untuk sistem pemasangan iklan hanya dapat dilakukan di salah satu videotron saja.

Contohnya, jika ada yang ingin memasang iklan maka pihak Diskominfo akan membuat penawaran dimana lokasi videtron yang akan digunakan.

"Namun, jika ingin memasang di empat videotron sekaligus juga bisa tapi biayapun akan berbeda," jelasnya.

Selain menggenjot PAD dari videotron, Diskominfo juga akan melakukan hal yang sama untuk retribusi menara telekomunikasi atau BTS.

Ia bahkan mengatakan selama ini tidak ada retribusi menara telekomunikasi. Hal ini akan menjadi konsentrasi mereka agar dapat memberikan PAD bagi Mimika.

"BTS apapun itu baik Telkomsel, Indosat dan apapun wajib setiap tahun bayar retribusi. Dari data kami ada 100 lebih menara telekomunikasi di Mimika jadi bisa tambah PAD kita nanti," ungkapnya. (Shanty)

BERITA EKONOMI & PEMBANGUNAN

Hotel Horison Ultima Timika Hadirkan Promo di Bulan Februari

Ekonomi dan Pembangunan 2023-02-03 13:48:00

Dishub Mimika Gunakan Rp27 Miliar Tahun Ini Untuk Lanjutkan

Ekonomi dan Pembangunan 2023-02-01 08:13:58

Arus Balik: 1700 Orang Masuk Timika, Lebih Rendah Dari Yang Keluar

Ekonomi dan Pembangunan 2023-02-01 07:21:08

Pelabuhan MAF di Kota Kepi Rampung Dikerjakan

Ekonomi dan Pembangunan 2023-01-31 10:18:18

Tahun 2023 Target Penerimaan KPP Pratama Timika Rp3,978 triliun

Ekonomi dan Pembangunan 2023-01-30 08:12:55

Top