Sukseskan PON XX, Garuda Tambah 10 Extra Flight

Foto bersama pilot dan crew Garuda dengan Wakil Bupati Mimika, Johannes Rettob 

MIMIKA, BM

Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua tinggal menghitung hari, Garuda Indonesia sebagai salah satu maskapai yang akan melayani transportasi bagi para kontingen yang akan bertanding di Klaster Mimika mulai mengatur jadwal penerbangan.

General Manager Garuda Indonesia Branch Timika, I Nyoman Teguh saat ditemui di terminal baru bandara Mozes Kilangin, Selasa (14/9) mengatakan terhitung mulai hari ini Garuda Indonesia melayani penerbangan sepekan, Senin hingga Sabtu.

"Sebelumnya kami hanya lakukan pelayanan Selasa, Jumat dan Sabtu saja. Tapi karena PON kami tambah 10 extra flight," tutur Nyoman.

Penambahan 10 extra flight dikarenakan banyaknya permintaan dari kontingen.

"Nanti yang tanggalnya tidak berurut. Sampai Sabtu nanti kecuali hari Minggu tidak ada penerbangan,” tuturnya.

Untuk pelayanan penerbangan dari Jakarta-Timika akan terbang melalui Makassar. Begitupun dengan penerbangan dari berbagai provinsi lainnya seperti Denpasar.

"Untuk pelayanan normalnya dari Makasar, Jayapura lalu balik ke Makasar hingga ke Nabire,” jelasnya.

Sementara untuk harga tiket, kata Nyoman tidak akan mengalami kenaikan atau mengalami perubahan tarif. Baik di kelas ekonomi maupun bisnis.

"Maksimalnya yah sudah seperti harga yang telah beredar selama ini,” ungkapnya.

Garuda Indonesia Resmi Beroperasi di Terminal Sisi Selatan

Sementara itu, terhitung hari ini, Selasa (14/9) Maskapai Garuda Indonesia resmi telah beroperasi di terminal baru Bandara Mozes Kilangin sisi selatan.

Penumpang yang berangkat dengan penerbangan Garuda Indonesia menuju Jayapura pada pagi hari menjadi pembuka penerbangan domestik Maskapai Garuda Indonesia.

Begitupun, dengan penumpang yang Jakarta dan Makasar yang tiba di Timika sudah gunakan terminal baru.

Kedatangan penumpang dan kru Garuda Indonesia disambut oleh Wakil Bupati Mimika, Johannes Rettob, Kepala UPBU Bandara Mozes Kilangin, Soekarjo, GM Garuda Indonesia Branch Office Timika, I Nyoman Teguh.

"Ini kemajuan besar yang menjadi harapan masyarakat Indonesia dan Papua khususnya,” ujat anggota DPR RI Dapil Papua, Yan Mandenas yang juga menjadi salah satu penumpang yang tiba dengan penerbangan Garuda pagi.

Yan berharap, semoga pengembangan bandara ke depan selain menjadi kebanggaan juga membuat Mimika menjadi salah satu tempat destinasi wisata di Papua.

"Semoga pembangunan di kota ini semakin berkembang dengan diresmikannya terminal baru dan bisa digunakan oleh Maskapai Garuda Indonesia. Selamat dan sukses untuk Pemda Mimika, Garuda dan Kemenhub," tutur Yan.

Sementara, Wakil Bupati Mimika, Johanes Rettob mengatakan, ini perjuangan yang luar biasa yang dikerjakan sejak tahun 2006 dan akhirnya bisa terwujud.

Perjuangan mulai dari pembuatan master plan, pelepasan tanah dan kemudian pembuatan MoU dengan PTFI dan bahkan saat perencanaan awal mendapat tantangan dari Kementrian Perhubungan.

"Tapi dengan luar biasa saya paksakan akhirnya terminal ini jadi. Dengan adanya terminal ini kita berharap bahwa semua operator bisa masuk di sini agar terminal ini bisa berkembang ramai dan kita juga berikan pelayanan yang baik kepada masyarakat," kata Wabup John.

Wabup John berharap dengan adanya terminal ini maka ke depan semakin banyak operator lain yang menambah rute ke Mimika.

"Kita gunakan terminal ini sebagai base dan hak untuk Papua," ungkapnya.

GM Garuda Indonesia Branch Office Timika, I Nyoman Teguh mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Daerah (Pemda) Mimika yang selama ini telah mendukung keberadaan Garuda Indonesia dan juga airline lainnya.

"Tanpa Pemda Mimika, tanpa customer kita di Papua kita tidak jadi apa-apa. Saya sangat mendukung kepindahan ke terminal baru sesuai target tujuan dari bupati bahwa ini merupakan hak dari pada Papua apa lagi ini menyambut PON yang skalanya nasional," kata Nyoman. (Shanty)

BERITA EKONOMI & PEMBANGUNAN

'Kam Stop Buang Sampah Sembarang-Sembarang Sudah' Mulai 1 Oktober

Ekonomi dan Pembangunan 2021-09-17 12:47:43

Ternyata Mimika Punya Lima Hasil Pertanian yang Bisa Diekspor

Ekonomi dan Pembangunan 2021-09-15 13:02:44

Sukseskan PON XX, Garuda Tambah 10 Extra Flight

Ekonomi dan Pembangunan 2021-09-14 14:52:29

Pengelola Homestay Harus Beri Pelayanan Prima Kepada Tamu

Ekonomi dan Pembangunan 2021-09-13 02:49:35

PARADE FOTO Tim YPMAK Mengunjungi 18 Kampung di 3 Distrik Pesisir

Ekonomi dan Pembangunan 2021-09-10 15:34:39

Top