Pengelola Homestay Harus Beri Pelayanan Prima Kepada Tamu

Penyematan Tanda Peserta oleh Asisten I Yulianus Sasarari

MIMIKA, BM

Guna meningkatkan kapasitas sumber daya manusia (SDM) maka para pengelola homestay di Mimika mendapatkan pelatihan yang diselenggarakan oleh Dinas Pariwisata, Kebudayaan dan Pemuda Olahraga (Disparbudpora).

Peningkatan kapasitas sumber daya manusia pariwisata dan ekonomi kreatif tingkat dasar (pelatihan pengelolaan homestay) ini dilangsungkan di Hotel Grand Tembaga, Senin (13/9).

Bidang pariwisata merupakan jenis usaha yang memiliki potensi dan prospek yang baik dan dapat berkembang dengan sangat cepat.

Hal ini tidak lepas dari fakta bahwa perhotelan, restoran, rumah makan dan kafe menjadi salah satu tulang punggung yang mendukung sektor pariwisata.

"Namun yang menjadi tantangan di bidang pariwisata adalah meningkatkan daya saing dan keunggulan kompetitif di semua sektor jasa adalah SDM," ujar Asisten 1 Bidang Pemerintahan Setda Mimika, Yulianus Sasarari ketika membuka kegiatan.

Menurutnya kemampuan SDM yang mumpuni dapat membantu dan menggerakan roda industri pariwisata ke arah yang lebih baik

Dengan adanya kenyataan tersebut, maka para pengelola homestay dituntut memberikan pelayanan prima yang pada akhirnya membuat wisatawan merasa puas dan nyaman.

Selain itu juga akan memberikan kesan yang baik, yang akhirnya akan berdampak pada jumlah pengunjung homestay yang ada di Kabupaten Mimika.

"Apalagi kita tinggal menghitung hari untuk pelaksanaan PON XX Papua 2021 dan bulan Oktober nanti Kabupaten Mimika juga akan menjadi tuan rumah Pesparawi setanah Papua," tutur Yulianus.

Melalui kegiatan pelatihan pengelolaan homestay, Sasarari merasa giat ini sangat baik untuk diselenggarakan guna meningkatkan kualitas tenaga kerja yang ada di destinasi pariwisata.

"Untuk itu saya mengharapkan agar peserta yang mengikuti pelatihan ini mampu merubah pola pikir dan pola perilaku dalam bekerja," ujarnya.

Maksud dan tujuan dari kegiatan peningkatan kapasitas sumber daya manusia dan ekonomi kreatif tingkat dasar ini adalah agar peserta dapat mengetahui cara pengelolaan homestay yang benar. Demikian disampaikan Ketua Panitia Daniel Orun.

Lanjut Orun, kegiatan dilaksanakan dari tanggal 13 sampai dengan 15 September 2021 dengan 20 peserta yang mana 10 berasal dari homestay somatua yang berlokasi di pantai Kekwa. Sementara 10 peserta lainnya berasal dari pelaku usaha homestay yang ada di Kota Timika dan sekitarnya.

"Narasumber kegiatan pelatihan dari housekeeping departemen Hotel Horison Diana," ungkapnya. (Shanty)

BERITA EKONOMI & PEMBANGUNAN

'Kam Stop Buang Sampah Sembarang-Sembarang Sudah' Mulai 1 Oktober

Ekonomi dan Pembangunan 2021-09-17 12:47:43

Ternyata Mimika Punya Lima Hasil Pertanian yang Bisa Diekspor

Ekonomi dan Pembangunan 2021-09-15 13:02:44

Sukseskan PON XX, Garuda Tambah 10 Extra Flight

Ekonomi dan Pembangunan 2021-09-14 14:52:29

Pengelola Homestay Harus Beri Pelayanan Prima Kepada Tamu

Ekonomi dan Pembangunan 2021-09-13 02:49:35

PARADE FOTO Tim YPMAK Mengunjungi 18 Kampung di 3 Distrik Pesisir

Ekonomi dan Pembangunan 2021-09-10 15:34:39

Top