Jalan Tembusan Banti Aronaop Nilainya 70 Miliar Dari APBN

Kadis PUPR Robert Mayaut

MIMIKA, BM

Kelanjutan pekerjaan Jalan Tembusan Banti-Aroanop di Distrik Tembagapura Mimika untuk tahun ini akan dikerjakan oleh TNI dengan nilai pekerjaan mencapai Rp70 miliar yang dibiayai oleh APBN.

Pekerjaan jalan dengan panjang 10 kilometer ini sebelumnya telah dikerjakan sepanjang hampir 8 kilometer oleh Pemda Mimika sejak 2017-2018 lalu namun dihentikan karena masalah keamanan di wilayah Tembagapura.

"Sisa sekitar 2,7 kilometer akan dilanjutkan oleh TNI. Informasi akhir, tunggu tandatangan antara Pangdam dengan Satker. Nilainya 70 miliar dari dana APBN. Untuk pastinya nanti tanyakan langsung ke Satuan Kerja Penyelenggaraan Jalan Nasional (Satker) Timika," ungkap Kadis PUPR Robert Mayaut kepada BeritaMimika.

Selain pekerjaan sisa sepanjang 2,7 kilo, menurut Robert Mayaut salah satu pekerjaan berat dalam pengerjaan ini adalah menurunkan Gunung Botak di kawasan tersebut.

"Cukup beratnya itu waktu menurunkan gunung botak. Grab masih diatas 70 persen jadi harus diturunkan menjadi 16 persen," ujarnya.

Sebelumnya kepada BeritaMimika Robert Mayaut telah menyampaikan bahwa pekerjaan jalan ini dibiayai APBD, bantuan provinsi dan dana DAK.

Hanya saja ketika dana DAK diluncurkan untuk pengerjaan lanjutan saat itu, situasi instabilitas terjadi di Tembagapura sehingga dana tersebut dialihkan untuk pengerjaan Jalan Hasanuddin.

"Jalan tersebut akan dilanjutkan oleh TNI tapi itu bukan dari Dinas PU kabupaten melainkan dilanjutkan oleh Pemerintah Pusat dengan sipur. Kami juga sedang komunikasi tentang data-data jalannya," ungkapnya saat itu.

Pekerjaan jalan ini tujuannya untuk membuka akses yang terisolir antara Timika-Aronaop. Ini juga sebagai salah satu bentuk persiapan Mimika menjadi Ibu Kota Provinsi Papua Tengah.

"Kenapa kita harus buka begitu supaya warga di sana tidak tersisolir dan jangan semua bertumpuk di kota. Dengan pengembangan kota kan mau jadi provinsi sehingga kita harus siapkan sarana prasarananya," ungkapnya. (Ronald)

BERITA EKONOMI & PEMBANGUNAN

'Kam Stop Buang Sampah Sembarang-Sembarang Sudah' Mulai 1 Oktober

Ekonomi dan Pembangunan 2021-09-17 12:47:43

Ternyata Mimika Punya Lima Hasil Pertanian yang Bisa Diekspor

Ekonomi dan Pembangunan 2021-09-15 13:02:44

Sukseskan PON XX, Garuda Tambah 10 Extra Flight

Ekonomi dan Pembangunan 2021-09-14 14:52:29

Pengelola Homestay Harus Beri Pelayanan Prima Kepada Tamu

Ekonomi dan Pembangunan 2021-09-13 02:49:35

PARADE FOTO Tim YPMAK Mengunjungi 18 Kampung di 3 Distrik Pesisir

Ekonomi dan Pembangunan 2021-09-10 15:34:39

Top