Penjelasan Kadishub dan Kadis PU Terkait Bundaran Mini di Tengah Kota

Foto bersama Kadishub Jania Basir, Kadis PU Robert Mayaut dan anggota DPRD Tanzil Azhari di bundaran baru

MIMIKA, BM

Dinas Perhubungan (Dishub) Mimika akhirnya membangun bundaran di persimpangan Jalan Yos Sudarso yang menghubungkan Jalan Bhayangkara dan Serui Mekar.

Pembangunan bundaran ini guna menjawab keluhan masyarakat yang merasa kesulitan atas pemberlakuan satu arah di jalan Budi Utomo.

Selain itu juga sebagai tindak lanjut RDP bersama Komisi C DPRD yang meminta agar median jalan di persimpangan Yos Sudarso, Serui Mekar dan Bhayangkara harus dibuka.

"Bundaran ini hanya sementara kita buat karena kita di Dishub belum ada anggaran. Kita setuju dengan permintaan DPRD dan masyarakat tapi dengan rekomendasi harus ada bundaran,” tutur Kadishub Mimika, Jania Basir saat diwawancara di persimpangan Jalan Yos Sudarso, Kamis (22/7).

Jania mengatakan, dengan adanya bundaran ini tentu dapat menghambat laju kendaraan agar bisa mengurangi dampak kecelakaan.

Bundaran itu pun tidak bisa dibangun traffic light karena jarak dengan traffic light persimpangan Jalan Bougenville dan Pendidikan terlalu dekat, sehingga bisa memicu penumpukan kendaraan.

"Bundaran ini fungsinya sama dengan bundaran Timika Indah. Kita harap adanya bundaran ini akan sangat membantu dan sudah menjawab keluhan masyarakat,” ungkapnya.

Sementara, Kepala Dinas PUPR Robert Mayaut ditempat yang sama mengatakan, bahwa memang harus ada solusi atas berlakukannya satu arah di Jalan Budi Utomo.

Sebab, menurut dia, hal ini juga bisa mengurai arus lalu lintas yang padat tidak harus dua jalur, kerena jika harus dua jalur maka akan mengeluarkan anggaran yang besar. Dan tentunya semua bangunan yang ada di pinggir kiri dan kanan harus digusur.

"Bundaran ini sebagai solusi dan sebagai upaya menata arus lalu lintas. Pemberlakuan jalur satu arah itu bukan sesuatu yang haram atau langkah, tetapi itu biasa dalam mengelola traffic dalam mengurai arus lalu lintas,” kata Robert.

Upaya ini pun mendapat apresiasi dari Anggota DPRD Mimika, Tansil Azhari yang mana menurutnya, upaya penguraian lalu lintas dengan membangun bundaran sesuatu yang brilian yang dilakukan pemerintah.

"Ini sangat bagus dan brilian. Bagaimanapun Mimika harus ditata dengan baik khususnya pengaturan lalu lintasnya,” ungkapnya. (Shanty)

BERITA EKONOMI & PEMBANGUNAN

Top