Pejabat Sekda Jenny Usmani Harus Selesaikan 3 Hal Ini

Bupati Omaleng dan Pj Sekda Mimika Jenny O Usmani

MIMIKA, BM

Akhirnya polemik Sekretaris Daerah (Sekda) Mimika terjawab setelah Bupati Mimika, Eltinus Omaleng, SE, MH secara resmi melantik Jenny O Usmani sebagai Pejabat Sekda Mimika, Rabu (19/8).

Sebelumnya, Nicolass Kuahaty menjabat sebagai Plt Sekda namun hanya selama 14 hari, sehingga hari ini telah digantikan dengan pejabat sekda yang baru.

Jenny O Usmani dilantik sebagai pejabat sekda berdasarkan Surat Keputusan Bupati nomor 821.2-09.

Pelantikan dilaksanakan di Pendopo Rumah Negara, SP3, Rabu (19/8) disaksikan Ketua DPRD Mimika, Robby Omaleng dan Pimpinan OPD.

Bupati Mimika Eltinus Omaleng dalam sambutannya mengatakan, pelantikan Pj sekda hari ini merupakan upaya penangkalan tata birokrasi yang lebih baik dengan harapan tata pemerintahan terus berputar.

Pelantikan hari ini menjadi penting karena Pj sekda mempunyai tugas strategis dalam membantu kepala daerah menyusun kebijakan dan kekoordinasian administrasi pelaksanaan tugas perangkat daerah serta pelayanan administrasi.

"Saya berharap pejabat sekda yang baru dapat melaksanakan tugas dengan baik dengan penuh rasa tanggungjawab disamping itu juga dapat memastikan program prioritas Pemerintah Kabupaten Mimika berjalan sesuai dengan perencanaan,"tutur Bupati Omaleng.

Diharapkan agar kinerja dan orientas harus tetap di junjung tinggi dan bekerja cepat, cerdas dan tuntas guna mewujudkan berbagai program pembangunan daerah dari berbagai sektor di Kabupaten Mimika.

Bupati mengatakan, sekda merupakan jabatan paling puncak dalam pola karir PNS di daerah yang tertentunya harus bisa mengkoordinasikan kepada kepala OPD, mengevaluasi dan berinovasi untuk meningkatkan pelayanan kepada publik sehingga visi dan misi pimpinan kepala daerah Kabupaten Mimika dapat tercapai.

"Saya ingin instruksikan kepada seluruh Kepala OPD untuk bekerjasama memberi dukungan penuh agar pejabat sekda dapat melaksanakan seluruh tugasnya sesuai dengan target kinerja yang sejalan dengan peraturan perundang-undangan,"tuturnya.

Dikatakan, pejabat sekda yang baru harus mampu menjalankan tugas dengan sebaik-baiknya dengan menunjukan kinerja yang signifikan dalam memberikan pelayanan publik secara efektif dan efisien.

Bupati Omaleng juga mengucapkan terima kasih kepada Bapak Nicolass Kuahaty atas kerja keras dan jasanya dalam menjalankan roda pemerintahan selama menjabat sebagai Plt sekda.

"Setelah di lantik ini tugas pertama yang harus dilakukan oleh Pejabat Sekda baru adalah membentuk panitia ulang lagi untuk membentuk panitia seleksi definitif, mendorong anggaran APBD Perubahan 2020, siapkan APBD 2021. Jangan lagi tunggu-tunggu langsung jalankan karena program ke depan sangat penting sekali,"ungkapnya. (Shanty)

Top