6 Tujuan Pelaksanaan Musrenbangda RKPD 2020

Foto bersama pimpinan OPD dengan Bupati Eltinus Omaleng

MIMIKA, BM

Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Mimika menyelenggarakan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Daerah (Musrenbangda) RKPD Tahun 2020.

Pelaksanaan musrenbangda ini dilakukan selama 4 hari dan dibuka oleh Bupati Mimika Eltinus Omaleng di Graha Eme Neme Yauware, Senin(24/8) sore.

Kegiatan ini selain di diikuti seluruh perwakilan OPD Pemda Mimika, hadir pula pimpinan dan anggota DPRD Mimika.

Ketua Panitia, Yohana Paliling mengatakan dasar pelaksanaan musrenbangda adalah Undang-undang nomor 17 Tahun 2003 tentang Keuangan Negara dan Undang-undang nomor 25 Tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional.

Selain itu Undang-undang nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah dan Peraturan Daerah nomor 2 Tahun 2009 tentang RPJMD 2005-2025.

Dalam laporannya, Yohana Pailing mengatakan Pelaksanaan Musrenbangda RKPD ini memiliki 6 tujuan.

Pertama, menyepakati permasalahan pembangunan daerah. Kedua, menyepakati prioritas pembangunan daerah. Ketiga, menyepakati arah kebijakan pembangunan daerah. Keempat, menyepakati program kegiatan, pagu indikator dan target kerja serta hasil kegiatan.

Kelima, menyepakati penyelarasan program dan kegiatan pembangunan daerah dengan sasaran dan prioritas pembangunan nasional dan Provinsi Papua serta ketujuh, menyepakati usulan program dan kegiatan yang akan diusulkan dalam musrenbang provinsi dan nasional.

"Musrenbangda ini dilakukan selama 4 hari. Hari ini di Eme Neme Yauware merupakan pembukaan dan sidang pleno sementara sidang kelompok tanggal 25-27 dilaksanakan di Kantor Bappeda," ujarnya.

Bupati Mimika Eltinus Omaleng mengatakan, musrenbang diselenggarakan sebagai ajang partisipatif dan forum mendiskusikan berbagai aspirasi pemangku kepentingan melalui program lintas sektor dalam upaya mencapai sasaran prioritas pembangunan, sesuai dengan visi dan misi bupati dan wakil bupati.

Dalam proses ini, digunakan sistem aplikasi e-planning. Diharapkan usulan program kerja pemerintah daerah untuk 2021 terintegrasi dengan perencanaan di tingkat provinsi dan pusat.

"Saya menghimbau agar semua dapat berpartisipasi secara aktif dalam merumuskan dan memantapkan usulan program berdasarkan skala prioritas secara aktif dan bijaksana serta tetap memperhatikan indikator pencapaian target sesuai visi misi kami," harapnya.

Ia mengatakan peningkatan RKPD 2021 merupakan tahun kedua RPJMD Mimika sehingga semua pihak harus memperhatikan pencapaian target kinerja program dan kegiatan yang akan dipakai selama lima tahun ke depan.

"Tingkatkan koordinasi untuk mencapai keterpaduan pelaksanaan evaluasi dan program kegiatan sehingga pembangunan dapat berdampak bagi masyarakat. Saya harap kalian semua ikuti proses musrenbang ini sampai selesai dengan tetap memperhatikan prioritas dan arah kebijakan daerah. Musrenbang ini merupakan ajang percepatan dalam mewujudkan Mimika Cerdas, Aman dan Sejahtera," harap Omaleng. (Ronald)

 

 

 

Top