Marthen Paiding Pensiun, Plt Sekda Nicolass Kuahaty Dilantik


Foto bersama usai prosesi pelantikan

MIMIKA, BM

Terhitung sejak tanggal 22 Juli 2020 Penjabat Sekretaris Daerah (Sekda) Mimika, Drs Marthen Paiding resmi pensiun. Sebagai gantinya, Bupati Mimika Eltinus Omaleng melantik Nicolass Kuahaty menjadi Plt Sekda Mimika.

Pelantikan sekaligus serah terima jabatan di laksanakan di Pendopo Rumah Negara, Rabu (22/7).

Prosesi tersebut juga dirangkaikan dengan penyerahan cendera mata oleh Bupati Mimika Eltinus Omaleng kepada Marthen Paiding yang juga merayakan HUT ke-66 pada hari ini.

Marthen Paiding dalam sambutannya mengatakan, selama 34 tahun ia telah membaktikan dirinya untuk Papua dan Mimika.

"Sebagai ASN, menjadi pelaksana tugas Sekda merupakan jabatan tertinggi di Kabupaten Mimika. Saya dipercayakan bupati selama hampir 2 tahun dari Oktober 2018 sampai pada hari ini sebagai Plt sekda. Lewat kesempatan ini saya mengucapkan terima kasih kepada bapak bupati yang sudah mempercayakan jabatan ini kepada saya," tutur Marthen.

Dalam melaksanakan tugas sebagai pelaksana tugas sekda, kata Marthen, tentunya ia banyak memiliki kekurangan. Sebagai manusia biasa ia pun meyakini bahwa semua tanggungjawab yang diembannya ada yang pastinya belum dilaksanakan.

"Lewat kesempatan ini saya mohon maaf kepada bupati jika ada kewajiban yang diberikan saya lalai, khilaf dan saya tidak melaksanakan tugas dengan baik. Pada kesempatan ini juga saya mengucapkan terima kasih kepada teman-teman semua pimpinan OPD dan seluruh ASN yang telah memberikan dukungan kepada saya dalam menjalankan tugas sebagai Plt sekda ," ujarnya.

Dikatakan, pengalaman yang paling membanggakan untuknya selama menjadi Plt Sekda Mimika adalah menjadi ketua tim dalam melaksanakan disvestasi PTFI.

"Tugas ini saya mau tolak dan terima juga sangat berat tetapi karena kepercayaan sebagai pimpinan daerah jadi kita harus melaksanakan tugas itu dan dalam waktu yang tidak terlalu lama apa yang menjadi dambaan keputusan itu bisa terwujud," ujarnya.

Dalam kehidupan baru (pensiun-red), Marthen merasa lega namun juga sedih karena harus berpisah dengan teman-temannya sebagai ASN. Ia mengakui, banyak kisah suka dan duka ia jalani selama ini dan semuanya sulit dilupakan begitu saja.

"Hari ini saya merasa lega juga karena beban tugas dan tanggungjawab sebagai sekda selesai. Ini cukup berar namun saya bersyukur bisa melaluinya. Saya hanya berpesan kepada sekda berikutnya untuk melaksanakan tugas ini dengan baik dalam mendampingi bupati dan teman-teman OPD supaya Mimika ke depan jauh lebih baik dan lebih maju dengan harapan bahwa Kota Timika akan menjadi kota metropolitan di bawah pimpinan bupati," ungkapnya.

Sementara itu, Bupati Mimika Eltinus Omaleng dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada Marthen Paiding yang selama 2 tahun terakhir mendampinginya. Ia mengatakan Paiding merupakan sosok yang baik, tidak memiliki masalah dan dapat bekerjasama.

"Saya harap sekda yang baru mendampingi saya, harus seperti sekda yang lama. Plt sekda hanya 14 hari sehingga dalam 14 hari harus berjuang untuk definitif sekda atau pejabat sekda serta dapat menyelesaikan masalah dengan Bupati Kaimana," harap Bupati.

Pada momen ini, Bupati Omaleng juga membicarakan rolling kemarin yang telah ia lakukan.

"Saya tidak pernah membedakan suku, saya tidak pernah bersikap dengan kaum ini dan itu juga tidak. Kalau ada masalah pribadi jangan sangkut paut dengan roling yang kemarin,"tutur Bupati.

Bupati mengakui, bahwa memang ada banyak yang mencalonkan diri sebagai sekda namun ia kemudian memilih Nicky Kuahaty.

"Sebanarnya antara pak Nicky dan Bupati Kaimana itu adalah urusan pribadi bukan kaitan dengan di sini. Pak Nicky itu pegawai di Mimika sini," ujarnya.

"Kita semua di sini kan mau cari hidup dan cari makan ngapain mau cari masalah lagi, saya juga tidak mungkin paksakan orang langsung dari pangkat kecil masuk ke eselon 2. Saya harap jangan menghina saya karena saya ini lambang negara," tutup Bupati. (Shanty)

Top