Termasuk Kantor Yang Paling Sibuk, Dispencapil Perketat Protokol Kesehatan

Pelayanan di Kantor Dispencapil Mimika

MIMIKA, BM

Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispencapil) merupakan salah satu kantor yang sangat sibuk dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat di tengah pandemi Covid-19.

Dalam sehari kunjungan warga untuk mengurusi dokumen kependudukan di kantor ini baik pengurusan KTP, KK, Akta Kelahiran dan sebagainya bisa mencapai 100 hingga 150 kunjungan.

Saat masih status Tanggap Darurat PSDD pelayanan di Dispencapil dilakukan secara online melalui Operator Layanan Administrasi Online (Orlando).

Walau pelayanan Orlando masih dilakukan hingga saat ini namun intensitas warga ke kantor ini tetap sama seperti sebelum musim pandemi.

"Dalam sehari kami melayani 100-150 orang sehingga hal utama yang kami lakukan adalah penerapan protokol kesehatan secara ketat. Kita sesuaikan dengan kondisi ruangan sehingga kadang kita batasi," ungkap Kepala Dispencapil, Slamet Sutejo saat diwawancarai, Senin (22/6).

Pengawasan ketat protokol kesehatan dimulai dari antrian, jarak pelayanan hingga pembatasan kursi dalam ruangan. Ini dilakukan agar menghindari masyarakat dari peredaran virus Corona.

"Makanya kita batasi orang. Misalnya kapasitas dalam ruangan kita 100 orang maka kita fleksibelkan. Pelayanan sama dengan hari-hari biasa hanya kami sekarang buka sampai jam satu siang. Ini sesuai instruksi bupati," turut Slamet.

Ia mengatakan pelayanan online yang dilakukan juga sangat membantu tidak terciptanya antrian berkepanjagan di loket karena proses pengurusan dokumen kependudukan terhitung cepat.

"Jumat kemarin saja dalam sehari kami cetak 250 KTP. Ini belum terhitung KTP, kartu keluarga, surat pindah, akta kelahiran dan lain-lain," ujarnya. (Shanty)

Top