Bukan Lockdown, Mimika Kembali Terapkan PPKM Level 4

Pertemuan dipimpin Ketua Tim Satgas Covud Mimika, Bupati Eltinus Omaleng

MIMIKA, BM

Tim Satgas Penanganan Covid-19 Mimika barusan melakukan Rapat Evaluasi Status Covid di Mimika untuk 14 hari ke depan.

Pada pertemuan ini disepakati Mimika tidak melakukan Lockdown namun kembali menggunakan status Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 4.

Pertemuan dipimpin langsung Ketua Satgas Covid Mimika, Bupati Eltinus Omaleng didampingi Wakil Ketua II Kapolres dan Dandim 1710 Mimika.

"Hasil rapat evaluasi disepekati untuk Mimika diberlakukan PPKM level 4 terhitung tanggal 1 Agustus hingga 14 Agustus 2021," ungkap Sekda Mimika Michael R Gomar usai pertemuan.

Sama seperti sebelumnya, Gomar mengatakan pelaksanaan PPKM ini tetap berpedoman pada instruksi Mendagri nomor 25 tahun 2021.

"Untuk mengimplementasikan instruksi mendagri ini, kami tim satgas covid Mimika menindakalnjuti dan melaksanakan instruksi ini sesuai dengan semua keputusan yang diinstruksikan," ungkapnya.

Terkait perubahan keputusan atau layanan lainnya, Gomar menegaskan kegiatan essensial tetap berjalan seperti biasa menyesuaikan keputusan tim satgas sebelumnya.

"Dimana untuk perhotelan, mall dan lainnya karyawan masuk berjumlah 50 persen untuk beri layanan kepada masyarakat. Pasar tradisonal juga demikian. Masyarakat dan pengunjung juga dibatasi 50 persen sementara ASN hanya 25 persen yang dibagi daam shift," terangnya.

Dengan pemberlakuian ini maka Gomar juga mengingatkan pelaku usaha wajib membentuk tim pokja untuk penanganan covid di tempat masing-masing.

Kegitan kritikal seperti pelayanan kesehatan dan kantibmas juga berjalan seperti biasa sebagaimana diatur PPKM Level 4. Selain itu batas aktifitas masyarakat dimulai pukul 06.00 Wit hingga 19.00 Wit.

Ia juga mengatakan untuk peribadatan di tempat-tempat ibadah ditiadakan hingga 14 hari ke depan termasuk kegiatan yang sifatnya nikahan dan hajatan.

"Dengan pembatasan ini kita berharap masyarakat dan pelaku usaha dari jam 6 pagi sampai 7 malam selesai beraktifitas karena mulai jam 8 malam sampai 11 malam dilakukan penyekatan," ungkapnya. (Ronald)

Top