Olah Raga

Buka FJC 2024, Claus Wamafma: Junjung Sportivitas, Semangat dan Respect


Direktur & Executive Vice President Sustainable Development PT Freeport Indonesia, Claus Wamafma, membuka Freeport Junior Cup 2024 dengan melakukan tendangan perdana.

MIMIKA, BM

Turnamen sepak bola usia dini, Freeport Junior Cup (FJC) 2024, resmi dibuka oleh Direktur & Executive Vice President Sustainable Development PT Freeport Indonesia (PTFI), Claus Wamafma, di lapangan sepak bola Mimika Sport Center, Jalan Poros SP 5, Timika, Papua Tengah, Rabu (8/5/2024).

Turnamen yang diikuti oleh 6 tim sekolah sepak bola (SSB) di Kabupaten Mimika itu dibuka secara simbolik dengan tendangan perdana Claus Wamafma dari titik tengah lapangan pertandingan.

Dalam sambutannya, Claus menyebut FJC 2024 merupakan suatu hal yang baru untuk menemukan bibit-bibit muda pesepak bola yang handal di Mimika.

Menurutnya, di dalam dunia olahraga, tujuan daripada semua pembinaan adalah prestasi, atau pada suatu negara, terdapat Tim Nasional yang kuat dan tangguh.

Untuk mencapai hal itu, kata Claus, tentu membutuhkan waktu dan proses yang panjang. Salah satunya dengan menggelar kompetisi-kompetisi seperti yang sedang dilakukan PTFI dan Papua Football Academy (PFA) pada ajang turnamen FJC 2024 ini.

"Hari ini, PT Freeport Indonesia bersama-sama dengan PFA mencoba sesuatu yang baru di Kabupaten Mimika. Kami percaya Asosiasi Kabupaten maupun Pemerintah Daerah juga punya semangat dan spirit yang sama untuk bagaimana menghadirkan kegiatan atau aktivitas yang bernilai positif bagi pertumbuhan anak-anak kita," ujarnya.

Claus mengatakan, dengan adanya FJC, prestasi anak-anak muda di Mimika dalam bidang olahraga khususnya sepak bola dapat dilahirkan.

Dia menyebut, selain prestasi, adapun dua dampak positif lainnya yang bisa dihasilkan dari turnamen sepak bola ini.

"Pertama, anak-anak punya motivasi untuk datang latihan di SSB. Karena nanti kalau tidak (ada turnamen), kita latihan terus dari SD sampai SMA pun, kita tidak akan pernah main," tuturnya.

"Jadi hari ini, ada Freeport Junior Cup, sebelumnya juga saya dengar ada Bupati Cup, mudah-mudahan nanti tidak hanya turnamen-turnamen yang sifatnya pendek, dua tiga hari atau satu minggu atau satu bulan selesai. Mudah-mudahan dengan ASKAB nanti kita bisa punya kompetisi junior di Kabupaten," imbuhnya.

Dengan adanya kompetisi yang dilaksanakan secara rutin, Claus yakin para pelatih pun akan memiliki semangat yang tinggi untuk memberikan latihan kepada anak-anak di SSB.

"Tentu ini harus melibatkan banyak pihak, baik dari Pemerintah Daerah maupun dari kami dari sektor privat. Tentu kami akan sangat senang untuk memberikan dukungan bagi hadirnya kompetisi junior di Kabupaten Mimika," kata Claus.

Kemudian untuk dampak positif yang kedua dari berjalannya kompetisi ini, Claus mengatakan para pemain akan secara natural terseleksi. Sebab, mereka akan bermain dalam aturan main bertaraf internasional.

"Jadi, tidak cuma saat latihan, tapi pada saat bermain itu sebenarnya seluruh profil dari pemain itu akan keluar, baik mentalnya, daya juangnya, sportivitasnya, tekniknya, dan jiwa petarung atau tidak menyerahnya pun akan keluar," tandasnya.

Menurut Claus, bermain bola bukan sekadar persoalan fisik atau pun bakat, melainkan juga kecerdasan, sportivitas, dan rasa hormat untuk saling menghargai terhadap sesama.

Untuk itu, dia berpesan kepada setiap tim yang bertanding agar senantiasa menjunjung tinggi nilai-nilai sportivitas di lapangan.

"Saya mewakili manajemen PT Freeport Indonesia ingin menyampaikan selamat buat turnamen hari ini. Tuhan memberkati anak-anak sekalian. Bermainlah dengan sportivitas, bermain dengan semangat, respect," pungkasnya.

Untuk diketahui, FJC 2024 dipastikan bakal menampilkan lebih dari 200 anak pesepak bola muda yang berasal dari 6 klub dan sekolah sepak bola terbaik yang ada di Timika, antara lain: SSB Mimika United, Timika Putra, SSB Saireri, SATP, Kuala Kencana FC (KKFC), dan SSB Wania Imipi.

Adapun peserta terdiri dari siswa kelahiran 1 Januari 2008 dan setelahnya, atau usia 16 tahun hingga 14 tahun.

Regulasi ini ditetapkan agar memberikan wadah bagi putra Timika untuk menunjukkan bakatnya sesuai dengan kebutuhan Tim Nasional U-17 yang akan menghadapi AFF U-16 dan AFC Asian Cup U-17.

Nantinya, pada laga final juga, akan diselenggarakan Grassroot Festival yang akan diikuti siswa kelahiran 1 Januari 2011 atau kelompok usia 13 tahun.

Festival ini sekaligus sebagai ajang melihat potensi calon siswa 2011 sebelum digulirnya PFA Cari Bakat 2024.

Freeport Junior Cup 2024 menerapkan sistem grup dan babak gugur. Peserta terbagi dalam 2 grup, terdiri dari 4 klub. Nantinya, bagi 2 tim peringkat terbaik dengan poin terbanyak akan masuk babak semifinal. (Endy Langobelen)

Jalani Tes Samapta, 15 Casis Bintara Diberikan MotivasI

Terlihat para Casis saat mengikuti beberapa rangkaian tes Samapta

MIMIKA, BM

Sebelum menjalani tes Samapta, sebanyak 15 Calon Siswa (Casis) bintara gelombang 1 angkatan 53 tahun 2024 diberikan motivasi dari Komandan Lanud Yohanis Kapiyau Timika, pada Jumat (15/03/2024).

Motivasi diberikan Komandan Lanud Yohanis Kapiyau Timika, Letkol Pnb Kamto Adi Saputra agar para casis tetap semangat dan sungguh-sungguh dalam melaksanakan tes samapta. 

"Semua Casis harus berdoa agar diberikan kelancaran dan kemudahan dalam melaksanakan serangkaian tes berikutnya dan mendapatkan hasil terbaik,"tulisnya dalam rilis yang diberikan kepada awak media.

Dalam rilisnya, Danlanud menegaskan bahwa tes yang dilakukan ini tidak ada pungutan biaya.

"Apabila ada yang minta biaya laporkan ke saya agar ditindak lanjuti," pinta Letkol Pnb Kamto.

Danlanud pun berhadap kepada para Casis agar persiapkan diri secara matang, sehingga apa yang dicita-citakan bisa terwujud.

"Yang paling utama itu adalah jangan dipaksakan, dan jika saat pelaksanaan samapta ada yang mulai tidak fit segera laporkan ke panitia atau petugas," ucap Letkol Pnb Kamto.

Tes kesamaptaan jasmani yang diikuti 15 Casis ini meliputi pemeriksaan tensi, pemanasan, lari selama 12 menit.

Kemudian dilanjutkan samapta terdiri dari pull up, sit up, push up, dan shuttle run serta tes renang. (Ignasius Istanto)

Even Timika Night Run Tinggalkan Kesan Positif  'Semoga Jadi Ajang Tahunan yang Terus Promosikan Daerah'


Wakil Bupati Mimika, Johannes Rettob saat melepaskan para peserta lari malam

MIMIKA, BM

Even Timika Night Run 2024 telah selesai diselenggarakan pada Sabtu malam (27/01/2024). Even ini sukses dilaksanakan dengan menghadirkan ratusan peserta.

Tidak hanya sukses, even ini juga meninggalkan kesan positif bagi sebagian masyarakat Mimika. Mereka berharap even ini dijadikan ajang tahunan sekaligus sebagai sarana promosi daerah.

"Saya berharap kalau bisa panitia selenggarakan ini setiap tahun, karena ini sangat keren dan banyak peserta yang ikut," ucap Ratna Dewi, seorang peserta yang ikut berpartisipasi di even ini. 

Ia berharap kedepannya jika even seperti ini berlanjut panitia penyelenggara bisa mengundang para pelari yang sering mengikuti lomba tingkat nasional.

"Supaya lebih rame lagi, kita lihat saja seperti malam ini pesertanya warga Timika saja tapi rame sekali, apalagi ada peserta dari luar Papua," harap Ratna.

Senada dengan itu, Santoso, seorang pekerja swasta mengatakan bahwa even ini jika dilakukan secara berkelanjutan akan menjadi sarana promosi daerah secara nasional.

"Bukan hanya di Papua namun tidak semua daerah di Indonesia melakukan even seperti ini. Ini unik dan sangat menjual. Juga sebagai ajang yang menunjukan kepada dunia bahwa Mimika itu daerah aman dan ramah bagi siapapun. Kita butuh evan berkelanjutan seperti ini sebagai sarana untuk terus mempromosi daerah kita ini," harapnya. 

Sementara itu, sebelum melepaskan para peserta yang ikut dalam even Even Timika Night Run, Wakil Bupati Mimika, Johannes Rettob memberi apresiasi atas terselenggaranya.

Ia mengatakan Even Timika Night Run pertama kalinya dilakukan di Timika dan dilakukan oleh anak-anak muda Timika.

"Kita berharap inovasi yang dilakukan oleh anak-anak muda ini terus berkembang, dan kedepannya ada inovasi lain lagi untuk meramaikan Kabupaten Mimika," ucap John panggilan akrab sehari-harinya.

Sementara itu, Mustofa Abdulah, CEO 1945 ProdCom selaku penyelenggara dalam sambutan menyampaikan kegiatan ini adalah rangkaian menuju Mimika Dance Carnival mendatang di tahun 2024.

"Kegiatan ini merupakan karya anak-anak muda Timika untuk memeriahkan Kabupaten Mimika," katanya.

Ia mengakui, dalam even ini target peserta awal itu 400 namun sampai hari diselenggarakannya total keseluruhan 539 peserta.

Timika Night Run yang diselenggarakan oleh 1945 ProdCom ini mengusung tema Run, Party & Glow ini menempuh jarak 7 km.

Terselenggaranya kegiatan ini mendapat didukung oleh PT Freeport Indonesia (PTFI), PT Intan Angkasa, Bugar Nutri Club, PT Jasti Pravita, POCARI SWEAT, Swiss-belinn Hotel, Marhani Digital, Horison Diana Hotel, Mulo, Diana Mall, Multindo, Lorenz Cafe dan MAC Car Wash sebagai sponsor. (Ignasius Istanto)

Top