Jayapura Bantu Tim Gugus Tugas Alat Rapid Tes

Reynold Ubra

MIMIKA, BM

Dinas Kesehatan Provinsi Papua memberikan bantuan alat reagen pendeteksi Virus Corona kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Mimika untuk membantu Tim Gugus Tugas Pencegahanan Covid-19 dalam memerangi virus ini.

Juru Bicara Reynold Ubra kepada media, Rabu (1/3) mengatakan bantuan ini akan tiba Kamis (2/3) dari Jayapura.

“Kalau sudah dikirim rapid tes ini kita akan melakukan tes terhadap semua pasien PDP supaya bisa memastikan apakah PDP dengan kontak erat resiko tinggi yang tinggal serumah maupun tidak serumah, berapa banyak yang positif dan berapa yang tidak,” ungkapnya.

Ia menjelaskan, mekanisme pemeriksaan melalui rapid tes ini akan dilakukan dua kali untuk waktu lima hari. Artinya setiap lima hari akan dilakukan tes.

Ia juga mengatakan, dari lima pasien yang dirawat di RSUD, baik tiga pasien positif corona maupun dua negatif, pengembangan ikhwal kasus mereka kini sedang ditelusuri.

Untuk memudahkan pemutusan mata rantai ini, Tim Gugus Tugas membaginya dalam empat kelompok. Kelompok pertama merupakan mereka yang berada di rumah (serumah dengan pasien).

Kelompok kedua adalah mereka yang memiliki kontak resiko tinggi dan memiliki hubungan erat dengan pasien 02 dan 03, kelompok berikutnya adalah pasien yang sudah terkontaminasi.

“Dan kelompok keempat ini adalah petugas di RS tempat yang kemarin melakukan pemulasatan jenazah. Karena ini beresiko tinggi. Nanti besok kami akan laporkan berapa jumlah tracing kontaknya, tapi lebih kurang satu kasus kita bisa tracing mencapai 30. Jadi misalnya dari 2 kasus kematian kemarin bisa mencapai 100 orang yang akan kami tracing. Dari jumlah ini kami akan lihat berapat banyak PDD, ODP dan OTG-nya,” terangnya. (Ronald

 

 

Top