Plt Sekda Laksanakan Sertijab Pegawai Bappeda

Foto bersama usai sertijab pegawai Bappeda

MIMIKA, BM

Serah Terima Jabatan (Sertijab) Pegawai Esselon II, III dan IV di Bappeda Mimika dilakukan hari ini, Kamis (23/7) dan dipimpin Plt Sekda Mimika, Nicolass Kuahaty.

Prosesi tersebut juga dihadiri oleh mantan Pejabat Sekda Marthen Paiding dan sejumlah pimpinan OPD Pemda Mimika.

Kepala Bappeda, Yohana Paliling berterima kasih kepada Bupati Mimika Eltinus Omaleng yang telah memberikan kepercayaan kepadanya untuk mengambil bagian dalam pelayanan guna membangun Mimika.

"Saya merasa bahwa tugas ini sangat berat, bukannya saja berat apa lagi kerjanya. Meskipun di sini saya mungkin pangkat tertinggi atau eselon tertinggi tetapi pengalaman saya masih nol," tutur Kepala Bappeda Yohana Paliling saat menyampaikan sambutannya.

Yohana pun memohon dukungan seluruh pegawai Bappeda agar tugas dan tanggungjawab yang diberikan oleh masyarakat melalui bupati Mimika dapat dijalankan secara baik dan dalam semangat kebersamaan.

Katanya, pekerjaan kecil ataupun besar jika dikerjakan secara bahu-membahu dalam suasana kebersamaan maka akan memberikan hasil yang baik.

"Kita ini satu tim dan kita tidak mungkin bisa bekerja sendiri jadi harus bekerjasama. Ada yang baru masuk ada yang keluar namun kita semua harus tetap menjaga silahturahmi," ujarnya.

Plt Sekda Mimika Nicolass Kuahaty dalam sambutannya mengatakan, tanggungjawab Bappeda yakni mengawal renstra di masing-masing OPD sehingga implementasi program dan kegiatan bisa mendukung kebijakan kepala daerah.

"Dan juga akan bahas APBD perubahan yang mana ini merupakan siklus anggaran jadi tetap ada evaluasi terhadap anggaran APBD murni yang sedang berjalan. Hasil evaluasi itulah yang akan kita dorong dalam APBD Perubahan dengan melihat dinamika perkembangan dan isu-isu atau kebutuhan yang mendesak. Saya kira evaluasi merupakan tugas utama kita," ungkapnya.

Sementara itu, mantan Plt Sekda Mimika sekaligus pelaksana tugas Bappeda, Marthen Paiding mengatakan, hampir satu tahun ia dipercayakan menjabat posisi ini.

Walau demikian, ia mengakui karena intensitas dan tanggugjawab lainnya, iapun jarang bersua secara langsung dengan para pegawai di Bappeda.

"Karena mengemban 2 tugas dan kebanyakan juga saya di luar tapi bukan jalan-jalan. Saya berterima kasih kepada teman-teman walaupun saya tidak ada di kantor selama ini tapi hampir semua tugas-tugas yang menjadi tanggungjawab, dapat kita jalankan dengan baik," ungkapnya.

Marthen mengatakan, apa yang menjadi beban dan tanggungjawabnya boleh berjalan baik karena dukungan dan kerja keras dari semua pegawai Bappeda. Ia mengakui, dibalik keberhasilan pasti ada kekurangan.

"Saya yakin bahwa bahwa teman-teman sudah bekerja dengan baik secara maksimal dalam mendukung tugas-tugas pemerintah di Bappeda sehingga semua dapat berjalan dengan baik," tutur Marthen Paiding

Marthen juga mengingatkan agar para pegawai jangan menggangap remeh terhadap sekecil apapun tugas dan tanggungjawab yang diberikan. Keberhasilan dalam menyelesaikan tangggungjawab yang besar, bermula dari menyelesaikan hal-hal yang kecil.

"Tidak mungkin diberikan tugas yang besar kalau yang kecil saja tidak bisa. Itu prinsip saya dalam bekerja. Sekecil apapun tugas dan tanggungjawab yang diberikan saya berusaha untuk menyelesaikannya," ujarnya berpesan. (Shanty)

Top