14 Hari Penerapan New Normal Dengan 14 Catatan Yang Harus Diketahui Bersama

Bupati Mimika Eltinus Omaleng

MIMIKA,BM

Terhitung hari ini, Jumat (3/7), kebijakan New Normal atau gaya hidup baru di musim pandemi Covid-19 mulai dijadikan sebagai pedoman hidup masyarakat Mimika.

Agar warga masyarakat Mimika tidak kebablasan dalam menjalani kebebasan di era New Normal ini, maka BeritaMimika menyertakan 14 poin penting yang menjadi catatan agar diketahui dan dipedomani secara bersama-sama yang telah tertuang dalam Kesepakatan bersama sesuai surat edaran Nomor 443.1/907.

Status new normal Covid-19 adalah kehidupan baru dengan tetap mematuhi protokol kesehatan menggunakan masker, cuci tangan dengan sabun di air mengalir atau menggunakan hand sanitizer dan jaga jarak minimal 1 meter.

Penerapan New normal Covid-19 di Mimika berlangsung selama 14 hari terhitung 3 Juli sampai 16 Juli 2020.

Dalam 14 poin ini yang tercantum, hal pertama adalah aktivitas masyarakat dapat berlangsung selama 24 jam dengan tetap mematuhi protokol kesehatan.

Kedua, tempat-tempat hiburan malam di tutup 24 jam. Ketiga, aktivitas persekolahan atau perkuliahan tetap menerapkan belajar dari rumah sampai ada petunjuk lebih lanjut.

Keempat, fasilitas publik seperti kantor, tempat peribadatan, pasar, mall, toko, kios, restoran dan hotel beroperasi sesuai dengan protokol kesehatan.

Kelima, fasilitas ruang pertemuan atau rapat-rapat, resepsi pernikahan, pesta dan kegiatan lainnya maksimal diisi 50 persen orang dengan tetap mematuhi protokol kesehatan.

Keenam, transportasi roda empat ke atas tidak boleh bermuatan lebih dari 50 persen penumpang.

Ketuju, para pengemudi ojek dapat melakukan aktivitasnya dengan wajib menerapkan protokol kesehatan yaitu wajib menggunakan helm standar yang memiliki penutup plastik bening, menggunakan masker, sarung tangan dan membawa hand sanitizer.

Kedelapan, untuk masyarakat atau penumpang yang menggunakan jasa ojek wajib membawa helm sendiri yang memiliki penutup plastik bening dan menggunakan masker.

Sembilan, penerbangan pesawat komersil atau penumpang dapat beroperasi normal namun disesuaikan dengan kesiapan pelayanan di bandara udara.

Sepuluh, masyarakat yang menggunakan jasa angkutan udara dan angkutan laut yang masuk ke Kabupaten Mimika wajib membawa surat keterangan bebas covid-19 atau rapid test atas biaya sendiri dengan masa berlaku 14 hari.

Sebelas, masyarakat yang melakukan perjalanan ke luar kabupaten wajib membawa persyaratan surat keterangan bebas covid 19 rapid test atas biaya sendiri sesuai dengan kebijakan daerah.

Dua belas, aktifitas perkantoran pemerintahan berjalan sebagaimana biasanya dengan tetap melaksanakan protokol kesehatan. Jam kerja ASN dimulai pukul 08.00 sampai dengan jam 13.00 Wit. Sementara apel pagi bagi ASN dilakukan setiap hari Senin.

Tiga belas, sosialisasi dan edukasi pencegahan pengendalian dan penanggulangan covid 19 new normal kepada masyarakat dilakukan oleh TNI Polri dan tim gugus tugas dengan melibatkan perangkat Kelurahan atau kampung.

Empat belas, kesepakatan bersama ini akan dievaluasi kembali sesuai perkembangan kasus covid 19.

"Semua yang ada di sini sepakat untuk kita buat keputusan 1 langka maju yakni New Normal. Kebijakan ini tidak berbeda dengan adaptasi hidup baru kemarin namun ada beberapa catatan yang harus kita semua pahami bersama-sama," ungkap Bupati Mimika, Eltinus Omaleng kepada wartawan, Kamis (2/7).

Menurut Bupati Omaleng, semua intsruksi isinya tidak banyak perubahan namun ada beberapa poin yang dipertegas, diantaranya sekolah dan tempat hiburan malam sementara ini tidak di buka hingga virus corona ini benar-benar lenyap.

"Dalam putusan ini kita juga tambah poin menyangkut warga atau masyarakat lain yang mau masuk ke Timika yakni kita pertegas di bandara, sehingga mereka yang baru datang wajib lengkap dengan hasil swab atau rapid tes supaya jangan sampai kaya dengan daerah lain yang datang dengan hasil positif. Seperti itu yang kami tidak mau sehingga kami akan pertegas di bandara,"tutur Bupati Eltinus.

Ia berharap dengan pemberlakukan New Normal ini warga Mimika tetap setia mematuhi protokol kesehatan yakni menjaga jarak, rutin cuci tangan dan selalu menggunakan masker saat bepergian.

"Jangan pikir sudah normal, baru lupakan protokol Covid-19. Kita akan mengevaluasi sampai 14 hari, setelah 14 hari kalau sudah baik maka kita kasih bebas tapi kami juga was-was jangan sampai gelombang ke 2 masuk,"ungkapnya. (Shanty)

Top