Penjelasan Wabup John Soal Penggunaan Anggaran Covid-19

MIMIKA,BM

Pemerintah Daerah Kabupaten Mimika telah mengalokasikan anggaran sebesar Rp172 miliar untuk penanganan virus corona di Mimika.

Dengan besaran anggaran tersebut tentu banyak masyarakat yang bertanya anggaran itu digunakan untuk pembiayaan apa saja.

Wakil Bupati Mimika Johannes Rettob menjelaskan dana tersebut digunakan untuk 3 hal yakni pengendalian, pencegahan dan penanganan untuk kesehatan.

Dana ini juga digunakan untuk ketahanan ekonomi (UMKM) yang mana sebagian dana digunakan sebagai stimulan kepada masyarakat dengan membeli barang dagangan dan untuk jaringan pengamanan sosial melalui bantuan kepada masyarakat.

Wabup John menjelasakan penggunaan terbesar dana ini salah satunya untuk menyiapkan fasilitas di RSUD seperti penambahan ruangan isolasi, perubahan ruang bangsal dan ruang istirahat bagi perawat yang menangani pasien covid-19.

"Untuk alat pelindung diri (APD) juga tentu yang dibutuhkan tidaklah sedikit, sehingga harus dianggarkan termasuk untuk pembiayaan pengiriman sampel dan lainnya. Sedangkan, untuk obat-obatan sampai saat ini masih diberikan sumbangan,"kata Wabup John.

Wabup juga berterima kepada PT Freeport Indoensia (PTFI) karena telah membantu pengangkutan APD sebanyak 1,3 ton yang telah dibeli beberapa hari lalu.

"Jadi orang jangan berfikir uang itu untuk apa karena biaya terbesar ada di kesehatan dan jaringan pengamanan sosial serta ketahanan pangan. Semua yang kami lakukan adalah untuk penanganan covid-19 di Mimika dan juga untuk kebutuhan masyarakat Mimika," tegasnya. (Shanty

 

 

Top