Momen PON di Mimika akan Diabadikan

Tiga remaja ini melakukan foto bersama maskot PON XX Papua, Kangpho dan Drawa di Kantor PB PON Mimika

MIMIKA, BM

Kurang lebih 20 hari lagi, kita semua akan menjadi bagian dalam satu catatan sejarah bahwa untuk pertamakalinya Pekan Olahraga Nasional (PON) akan diselenggarakan di Provinsi Papua.

Sebagi tuan rumah penyelanggara bersama Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura dan Merauke, maka warga Mimika harus bangga karena tidak semua daerah dan masyarakat di Papua diberikan kesempatan mengalami peristiwa bersejarah ini.

Momen ini mungkin akan terulang kembali di waktu akan datang namun kapan? Apakah butuh 20 tahun? 50 tahun? ataukah ini akan menjadi PON pertama dan terakhir untuk Papua? Biarlah waktu yang akan menjawabnya namun PON XX Papua adalah cerita sejarah yang akan kita alami dan ceritakan kepada anak cucu kita kelak.

Agar PON XX Papua selamanya menjadi ingatan bagi kita semua, maka panitia penyelenggara akan mengabadikan semua momen PON XX Papua dengan membangun monumen maskot Kangpho dan Drawa di area Bandara Mozes Kilangin.

Bahkan sesuai rencana, pembangunan monumen PON ini akan dilakukan dalam waktu dekat sebelum penyelenggaraan PON di Mimika mulai dilaksanakan.

Caesar Avianto Tunya, Sekretaris Umum PB PON Sub Mimika membenarkan rencana tersebut. Ia menjelaskan tujuan membangun monumen untuk menjadi tanda bahwa Kabupaten Mimika pernah menjadi tuan rumah PON.

"Kita tidak akan tahu kapan PON di Papua bisa dilakukan lagi. Mungkin 50 tahun atau 11 tahun lagi sehingga lewat monumen ini kita akan selalu mengenang peristiwa sejarah ini dan menjadi bukti bagi semua orang bahwa Mimika pernah menjadi tuan rumah penyelenggara," ujarnya.

Vera Parinusa, Bidang Pemasaran PB PON Papua Koordinator Venue Sponsorshio dari Jayapura bahkan telah datang ke Timika untuk rencana ini. Menurutnya, pengerjaan monumen ini rencananya akan dilakukan dalam waktu 60 hari.

"Kita akan kerjakan dalam waktu 60 hari jadi ketika PON selesai, mungkin pengerjaanya masih berlangsung. Ini menjadi sejarah dan pengingat kepada kita semua bahwa Mimika pernah menjadi salah satu tuan rumah penyelenggaraan PON XX 2021,” jelasnya.

Dalam rancanangnnya, monumen ini dibangun dengan ukuran sekitar 2 meter dengan tinggi patung mencapai 3 meter lebih dan akan dihiasi dengan ornamen PON XX.

"Patungnya akan didatangkan langsung dari luar Papua mengingat di Papua belum ada pengrajin yang bisa membuat patung monumen sementara estimasi dana pembangunannya ditaksir sekitar Rp800 juta," ungkapnya. (Shanty)

Top