Olah Raga

Johannes Rettob Jabat Ketua Umum KONI Kabupaten Mimika


Ketua KONI Kabupaten Mimika, Johannes Rettob saat memberikan sambutan

MIMIKA, BM

Plt Bupati Mimika, Johannes Rettob terpilih sebagai Ketua Umum KONI Kabupaten Mimika periode 2022-2026.

Plt Bupati Mimika terpilih melalui Musyawarah Olahraga Kabupaten (Musrkoab) KONI Mimika yang digelar di Hotel Grand Tembaga, Rabu (14/12/2022).

Sesuai AD/ART, pelaksanaan Musorkab ini diikuti oleh anggota KONI Kabupaten Mimika dari semua cabang olahraga yang SK kepengurusannya terdaftar masih aktif.

Selaku Ketua Umum KONI Kabupaten Mimika yang baru, John Rettob menyampaikan akan melakukan beberapa langkah sesuai dengan waktu yang ditentukan, diantaranya membentuk pengurus yang kemudian dilakukan pelantikan.

"Itulah langkah pertama dan kemudian kita akan lakukan rapat dengan semua cabor mengenai apa yang harus kita lakukan. Yang pasti bahwa visi KONI ini harus menjadi organisasi yang profesional, berkolaborasi dan bermitra. Kemudian bagaimana kita bisa menjadikan organisasi profesional KONI di Mimika yang paling terdepan di Papua Tengah," ungkap John.

Ia mengatakan menciptakan atlet berprestasi juga akan memjadi bagian dalam perjalanan KONI Mimika ke depan.

"Hal ini yang paling penting maka dari visi itu kita harus buat tugas-tugas kita dalam misi, antara lain misalnya melakukan pekan olahraga kabupaten. Kita juga harus bermitra dengan pemerintah agar kita bisa menciptakan olahraga yang berjalan dengan baik," jelasnya.

Selain bermitra dengan pemerintah, John juga mengatakan KONI harus membuka diri dan bekerjasama dengan lintas sektor agar olahraga semakin dekat dengan masyarakat.

"Saya berharap bahwa semua cabor-cabor ini punya sponsor tersendiri supaya tidak semuanya beban pada KONI. Tugas KONI itu hanya melaksanakan pembinaaan, pelatihan terhadap juri, wasit maupun hakim garis supaya kita bisa laksanakan even sendiri tanpa mendatangkan dari luar. Ini target kita," ungkapnya.

Plt Bupati Mimika juga mengatakan bahwa dalam rangka menyongsong HUT Mimika pada Oktober 2023, akan dilakukan festival olahraga, yakni olahraga prestasi, olahraga pendidikan dan olahraga rekreasi.

"Nanti langkah berikutnya yaitu kita segera melakukan persiapan untuk Porprov di Jayapura,"ujar John. (Ignasius Istanto)

Bram Suebu Kembali Harumkan Polres Mimika di Cabor Binaraga

Anggota Polres Mimika, Bram Suebu saat bertanding di Even Visera Gym Championship MR dan MS Papua 2022

MIMIKA, BM

Bram Stevano Suebu, Anggota Polres Mimika yang kini bertugas di Polsek Mimika Baru, kembali menorehkan tinta emas pada cabang olahraga Binaraga.

Ia tidak hanya mengharumkan institusinya namun juga mengharumkan Mimika dengan meraih tiga gelar sekaligus pada even Visera Gym Championship MR dan MS Papua 2022, yang diselenggarakan di Jayapura pada Sabtu (9/12/2022).

"Jadi di tiga kategori itu saya juara I untuk kelas khusus TNI-Polri, kemudian juara I dikelas Body Building 75 kg keatas dan juara II dikelas Mean Beach," ungkap Bram saat ditemui BM, Senin (12/12/2022).

Bram kemudian menjelaskan bahwa untuk tiga kelas yang diikutinya pada dua kejuaraan ini, pesertanya berjumlah 16 orang. Sebagian besar merupakan anggota TNI sementara 4 lainnya merupakan polisi.

"Untuk hasil yang baik di tiga kelas ini saya persembahkan buat Polres Mimika dan khususnya Polsek Miru. Tak lupa saya juga ucapkan terimakasih banyak kepada keluarga dan teman-teman yang sudah mendukung saya,"katanya.

Adapun pesertanya yang mengikuti even ini berasal dari Papua dan Papua Barat, sementara kategori kelas yang dipertandingkan diantaranya jeands model, men fitnees, women fitnees, building open, body building senior dan mean beach.

"Senang campur bahagia karena even yang diselenggarakan satu hari saja saya bisa hasilkan dua gelar, apalagi atlit-atlit yang ikut di even ini punya banyak pengalaman dan juga mereka sering bertanding,"ungkap Bram.

Dengan meraih dua gelar sekaligus, pria berpangkat Brigadir ini menyebutkan baywa semua pencapaiannya itu tidak terlepas dari persiapan yang matang selama berlatih di Saf Gym Timika.

Perlu diketahui, Bram Suebu juga pernah beprestasi pada event Binaraga nasional yaitu Festival Olahraga Rekreasi Nasional (Fornas) VI Sumatera Selatan pada Juli 2022.

Pada event tersebut, Suebu juga meraih juara di dua kelas berbeda yakni juara satu Men Beach Model dan juara dua di kelas Men Sport model. (Ignasius Istanto)

Atlet Mimika Harumkan Papua di Kejuaraan Nasional Taekwondo Wilayah 6

Atlet Taekwondo Mimika saat menunjukan medali yang mereka raih

MIMIKA, BM

8 atlet taekwondo asal Mimika yang didampingi 3 official berhasil mengharumkan Papua pada ajang Taekwondo Championship Piala Gubernur Bali tahun 2022 di auditorium Universitas Hindu, Denpasar - Bali.

Ajang Taekwondo Championship Bali merupakan  Kejuaraan Nasional Wilayah 6 yang digelar ada tanggal 3-5 Desember ini, atlet Mimika mewakili Provinsi Papua.

Dalam kejurnas ini, atlet Mimika berhasil menyumbangkann 1 medali emas, 1 medali perak dan 4 medali perunggu.

Medali emas dipersembahkan oleh taekwondo putra atas nama Lasarus Morin, siswa SMAN 1 Mimika. Medali perak diraih taekwondo putri yakni Larisa Javier Tonda.

4 medali perunggu diraih Agustinus Nmumes siswa SMAN 1 Mimika pada kelas Kyorugi putra atau fighter dan Rafael Betay siswa SMAN 2 Mimika, kelas kyorugi putra.

Selain itu Grace Betay siswa SMN 2 Mimika pada kelas Kyorugi putri (fighter) dan Cesar Chrisbal Sijabat siswa SMP YPPK Bernadus Timika pada kelas pomsae atau jurus.

Sementara 2 atlit lainnya yakni Eliana Roya dan Axel Roya, kaka beradik yang sempat mempersembahkan medali emas pada kejuaraan piala gubernur Sulsel tahun 2022 belum berhasil mempersembahkan medali di kejuaraan ini.

Manager Tim Taekwondo Mimika, Agust Roya pada BeritaMimika mengatakan 6 atlet Mimika yang beprestasi pada ajang ini selanjutnya akan mewàkili Papua pada grand final kejuaraan nasional pada tanggal 15- 18 Desember 2022 di GOR POPKI cibubur Banten.

"Kita harus mengakui keunggulan lawan di setiap kejuaraan. Disiplin latihan dan jam terbang daerah lain memang masih unggul dari kita, apalagi mereka juga didukung oleh sponsor dan dibantu pemerintahnya sedangkan kita tidak sama sekali," ungkapnya.

Atas raihan prestasi ini, Manager Agus Roya menyampaikan terimakasih kepada para pelatih dan orangtua yang selama ini berperan menyiapkan para atlet dan membantu menyiapkan kebutuhan masing-masing atlet.

"Terimakasih kami sampaikan kepada head coach Sabam Amandus dan coach Sabam Hakim, pihak sekolah yang sudah memberikan kebijakan mengikutkan anak didik mereka pada kejuaraan ini dan juga kepada Bakor PT Freeport Indonesia yang memfasilitasi kami untuk menggunakan transportasi Airfast baik pergi maupun pulang," ungkapnya. (Red)

Top