Olah Raga

25 Pemain Persemi Diperkenalkan ke Publik oleh Askab Mimika, Hari Ini ke Jayapura

Para pemain Persemi yang diperkenalkan ke publik pada Sabtu (20/11) oleh Askab Mimika

MIMIKA, BM

Asosiasi Kabupaten Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (Askab PSSI) telah memperkenalkan 25 pemain Persatuan Sepakbola Mimika (Persemi) yang akan mengikuti Kompetisi PSSI Liga III Putaran Papua beserta manager dan official secara resmi kepada publik.

Konferensi pers ini disampaikan langsung oleh Ketua Askab Mimika, Michael R Gomar didampingi sejumlah pengurusnya pada Sabtu (20/11) malam di Resto 66 Jalan Cenderawasih.

Berikut Nama-Nama Pemain Persemi Mimika 
- Jonathan Mambrasar (Ps Sostar)
- Saverius Baopo (Ps Wania)
- Jewan Imingkawak (Kwamki Narama)
- Selfinus Doo (SSB Timika Putra)
- Jeremias Pakage (SSB Mimika United)
- Dekinus Omaleng (Distrik Tembagapura)
- Yohanes Tokeyau (Persiko Kokonao)
- Simon Badokapa (Persiko Kokonao)
- Ardian Pratama (Airlane FC)
- Thomirzon Rigapitus Gobay (Airlane FC)
- Roger Milan Waly (Airlane FC)
- Mikel Thomas Kapan (Persiko Kokonao)
- Alberto Siret (Cenderawasih FC)
- Edgar Williaams Ronaldo Magal (Airline FC)
- Marison Kum (Kwamki Narama)
- Heri D Tua Nainggolan (SSB Mimika United)
- Macs Junior Erari (SSB Mimika United)
- Andreas J Tukayo (SSB Mimika United)
- Mario Edoward Ndiken (GK) (Joung Melanesia)
- Mohammad Cahya (GK) (SSB Timika Putra)
- Rocky B Maryen (GK) (SSB Mimika United)
- Calvin Rering (Persemi PON Papua)
- Firman Syahbas  (C) (Persemi PON Papua)
- Jhoni Jangkup (Tembagapura)
- Rando Beanal (Tembagapura)

Berikut Daftar Manager dan Official 
- Manager : Alexander Omaleng
- Sekretaris : Fransiskus Kemong
- Wakil Sekretaris : Yanud Omaleng
- Bendahara : Andreas
- Pelatih Kepala : Marthen Christian Warobai
- Asisten Pelatih : Reinhard Sokhoi
- Pelatih Kiper : Celsius Gepse
- Doktet Tim : dr Frans Rengirit dan dr Susana Namsa

"100 persen pemain Persemi merupakan anak-anak asli Mimika dan 99 persen merupakan putera asli Papua secara khusus Amunge dan Kamoro," ungkap Gomar.

Gomar mengatakan, berdasarkan technical meeting telah disepakati 5 hal. Pertama, komposisi pemain Persemi Mimia berjumlah 25 orang yang didamingi 1 pelatih kepala dan 2 asisten kepala serta manager dan official.

Kedua, pelaksanaan kompetisi liga III akan dilaksanakan di Kabupayen dan Kota Madya Jayapura.

Ketiga, pelaksanaan technical meeting akan dilakukan pada 24 November 2021 untuk pencabutan nomor undian atau nomor pool yang akan dibagi menjadi tiga pool. Keempat, pelaksanaan kick off dilakukan pada 25 November 2021.

"Kita semua berharap pelaksanaan kompetisi ini berjalan dengan baik dan secara khusus kesiapan Perseni Mimika walaupun dalam waktu yang sangat singkat namun kita optimis mereka akan memberikan yang terbaik bagi kabupaten ini," ujarnya.

Gomar juga mengatakan, Senin (22/11), hari ini, tim berangkat ke Jayapura dengan Batik Air, guna persiapan dan ujicoba dengan beberapa tim di Jayapura. Salah satunya melawan club Tunas Muda Hamadi di Jayapura.

Selaku pengurus Askab Mimika, Gomar mengatakan pihaknya memiliki optimisme yang tinggi terhadap tim ini. Ia meminta dukungan dari seluruh masyarakat dan pemerintah daerah agar para pemain Persemi Mimika dapat mengharumkan kabupaten ini di pentas liga III di Jayapura.

"Kami mengucapkan terimakasih kepada semua club di Mimika yang sudah memberikan pemain terbaik mereka untuk bergabung dengan Persemi. Persemi ini merupakan representasi dari club-club sepakbola di Mimika. Kami yakin dan percaya, pembinaan usia muda ini akan terus berkembang untuk sepakbola Mimika. Terimakasih juga untuk dukungan orangtua, masyarakat dan pemerintah," ungkapnya.

Sementara itu, mantan pemain Persipura yang kini diangkat menjadi pelatih kepala Persemi Mimika, Christrian Warobai mengatakan optimis terhadap tim yang dibentukanya walau persiapan menuju liga III waktunya hanya sebentar.

"Saya merasa hanya pelatih gila saja yang mau memegang tim dengan persiapan sesingkat ini. Tapi saya percaya dan optimis karena dalam penilaian saya dan asisten pelatih, mereka mampu. Kami sangat optimis dengan tim ini," ungkapnya.

Kepada pemain, Warobai memberikan spirit dengan mengatakan, seorang pemain bola harus memiliki jiwa seorang petarung. Ia menginginkan anak-anak didiknya memiliki jiwa dan karakter ini.

"Tanamkan dalam diri kalian, di punggunh kalian ada nama Kabupaten Mimika. Ingat bahwa selama pelatih ganti pelatih di Persemi, tidak ada yang bawah 100 persen anak Mimika. Ini kesempatan kalian untuk mulai membentuk diri menjadi pesekbola dimulai dari ajang ini," pesannya.

Kepada media, Warobai juga sedikit mengungkapkan pola dan strategi apa yang akan ia gunakan nanti untuk Persemi Mimika. Ia mengatakan, formasi yang paling cocok untuk anak-anak Papua dan sering digunakan oleh club-club di Papua adalah 4-4-2.

"Saya akan mencoba menerapkan ini dalam tim, walau saya lebih senang menggunakan pola 4-3-3. Anak-anak ini lebih cenderung bermain 4-2-2 karena mungkin di SSB sering digunakan formasi ini. Sehingga ketika kita gunakan formasi ini mereka cepat sekali sesuaikan. Anak-anak juga punya semangat dan daya juang yang tinggi. Ini juga akan menjadi kekuatan bagi kami," ungkapnya.

Pada momen ini, beberapa pemain senior yang tergabung dalam Persemi All Star, yang dulu juga merupakan mantan pemain Persemi Mimika, memberikan wejangan kepada adek-adeknya.

Beberapa hal yang diingatkan oleh para senior kepada 25 pemain ini adalah selalu disiplin, memiliki sikap rendah hati, kerja keras, manfaatkan momen dengan baik, dengar-dengaran, jangan puruta dan terpenting adalah selalu mendekatkan diri dengan Tuhan. (Ronald)

Kesalahan Pengimputan Data, 123 Relawan PON Belum Terima Honor

Para relawan kembali melakukan aksi demo di Sekretariat Bidang SDM PB PON Cluster Mimika

MIMIKA, BM

Dari sekian ribu relawan PON XX yang sudah dibayarkan honornya, masih ada 123 orang relawan yang belum menerima hak mereka. Hal ini dikarenakan ada kesalahan pada pengimputan data nama dan nomor rekening.

Hal ini disampaikan oleh Ketua Koordinator Bidang SDM PB PON Sub Mimika, Agus Hugo Krey dan Bendahara SDM PB PON Sub Mimika,dr Icha Alhamid kepada sejumlah relawan yang kembali melakukan aksi bakar ban di halaman Kantor Sekretariat Bidang SDM PB PON XX Papua Rabu (10/11) ketika mempertanyakan hak mereka yang belum terbayarkan.

"Kami mohon maaf untuk 123 orang ini yang mengalami kesalahan pada pengimputan nama dan nomor rekening. Sekarang kami sedang perbaiki dari kemarin sampai sekarang," ungkap Agus.

Menurut Agus, kesalahan pengimputan data bukan karena kesalahan pihak Bank dan operator di Jayapura, namun ini murni kelalaian pihaknya.

"Kita pada saat temukan kesalahan itu langsung bertemu dengan pihak bank dan ini kita sudah klarifikasikan ke masing-masing Bank, yang mana Bank BRI dan BNI sudah melakukan proses. Sedangkan untuk Bank Papua, saya harus koordinasikan ke Jayapura karena nilainya besar dan kami tidak bisa langsung seperti begitu," jelasnya.

Dirinya juga meminta kepada relawan yang belum terbayarkan honornya untuk bersabar, pasalnya pihaknya akan segera menyelesaikan dalam minggu ini.

"Saya tidak bisa janji hari apa, karena ini perlu ketelitian dan kami tidak mau ada kesalahan lagi," ujarnya.

Disampaikan juga bahwa untuk memperlancar proses pembayaran, dirinya sudah berusaha melakukan komunikasi dengan bendahara umum PB PON namun belum terhubung.

"Saya juga mohon ada kendala-kendala kecil lain, silahkan komunikasi baik dengan hati dingin. Kami tetap bekerja untuk selesaikan persoalan ini," ucap Agus kepada para demonstran.

Hal yang sama juga disampaikan Bendahara SDM PB PON Sub Mimika, dr Icha Alhamid bahwa ini murni kesalahan dalam pengimputan nama dan nomor rekening.

"Ini murni kesalahan dalam imput data dan tidak ada unsur kesengajaan, karena nasabah yang statusnya di Bank BNI tapi terkirim ke bank Papua. Kita juga tidak bisa intervensi pihak bank, tapi kita tetap akan selesaikan ini," ungkapnya. (Ignas)

Berhasil Sukseskan PON, Kinerja Media dan Wartawan di Timika Diapresiasi PB PON Cluster Mimika

Sekretaris Umum PB PON Cluster Mimika, Cesar A Tunya ketika menyampaikan apresiasi kepada awak media di Resto 66, Selasa (2/11)

MIMIKA, BM

Sekretaris Umum PB PON Sub Mimika, Cesar Avianto Tunya memberikan apresiasi kepada tim humas PPM Sub PB PON XX 2021 atas kinerja dalam pemberitaan selama penyelenggaraan pelaksanaan PON XX.

Humas PPM Sub PB PON XX Tahun 2021 berisikan hampir semua wartawan dan seluruh media di Timika, baik cetak, online maupun radio.

Cesar A Tunya menyampaikan hal ini kepada para pimpinan media dan wartawan se-Mimika pada rapat koordinasi dan pembubaran tim Humas PPM PON XX Papua di Resto Cenderawasih 66, Selasa (2/11) malam.

"Terimakasih banyak karena melalui proses yang panjang kita sudah melaksanakan tugas tanggungjawab kita dengan baik. Saya lihat kita di humas sudah maksimal bekerja dan ini merupakan pencapaian terbaik yang telah kita berikan untuk negara, karena penyelenggaraan PON ini tugas negara dan diatur di UU," ucapnya.

Menurut Cesar keberhasilan bersama yang sudah diperoleh khususnya di cluster Mimika selama penyelenggaraan PON XX mendapat penilaian positif dari banyak orang.

"Kita ketahui bahwa banyak orang menilai dan memberikan hasil positif kepada kita yang ada di cluster Mimika, karena saya tidak mendapatkan informasi adanya complain, sebab dari awal persiapan sampai selesai PON juga saya tidak dapat telepon dari humas PPM PB PON Jayapura. Ini saya pikir apa yang kita capai merupakan pencapaian bersama," ungkapnya.

Selain itu secara khusus dirinya juga menyampaikan apresiasi dari ketua umum PB PON Sub Mimika atas suksesnya pemberitaan yang berjalan dengan baik selama penyelenggaraan PON hingga usai.

"Ini juga dibantu media center dari Kementerian Kominfo yang mana sudah siap dengan fasilitas yang baik, sehingga kinerja kita bisa terangkat dan mendapatkan penilaian yang maksimal," ujar Cesar.

Cesar juga menyebutkan bahwa dengan keberhasilan dan pencapaian tim humas PPM Sub PB PON yang sudah tercatat baik maka apa yang menjadi hak mereka dalam bekerja akan segera direalisasikan.

"Ini juga merupakan bagian dari sukses administrasi karena di dalam kinerja kita itu punya SK dan hak-hak yang harus dibayar oleh kepanitiaan PB PON, itu kewenangan sudah diberikan kepada kita cluster Mimika," ungkapnya.

Sementara itu mewakili awak media yang juga adalah pimpinan media online BeritaMimika, Ronald Renwarin menyampaikan terimakasih atas kepercayaan yang sudah diberikan oleh PB PON Cluster Mimika kepada media di Mimika selama penyelenggaraan hingga PON XX berakhir.

"Ini merupakan sebuah pengalaman baru bagi kami semua media di Timika yang terlibat langsung sukseskan PON XX. Kami banyak belajar dari proses ini. Apa yang kami lakukan, bukan hanya untuk diri dan media kami namun lebih untuk Mimika dan Papua," ujarnya.

Tak lupa juga dirinya menyampaikan permintaan maaf jika selama persiapan dari awal sempat tercipta mis komunikasi. Namun hal tersebut bukan semata-mata untuk mematahkan semangat tapi demi kebersamaan dan kesuksesan bersama.

"Saya minta maaf dan saya berharap tidak simpan di hati karena semua perbedaan yang pernah kita lalui, tujuannya hanya satu yakni untuk mensukseskan PON di Mimika dan kita semua sudah melakukannya. Ini juga untuk semakin menguatkan kebersamaan dan kesolidan diantara kita. Kita semua sudah menjadi bagian dari keberhasilan ini," terangnya.

Disisi lain dirinya juga berharap dengan pencapaian bersama ini, semua media memiliki tanggungjawab lebih untuk memperhatikan perkembangan olahraga di Mimika demi kemajuan dan prestasi bagi negeri ini. (Ignas)

Top